6 Makanan Khas Lamongan yang Bisa Bikin Kamu Ngiler

Tahukah kamu Lamongan? Mungkin, sebagian dari kamu tidak tahu mengenai Lamongan. Namun, bagi kamu pecinta bola Indonesia tentu tahu tim PERSELA. Ya, kota yang terkenal sebagai julukan Laskar Joko Tingkir ini ternyata memiliki makanan khas yang bisa bikin ngilir setiap orang yang melihat.

Penasaran makanan khas lamongan apa saja yang bisa bikin ngiler? Berikut daftarnya. 

Soto Lamongan

Meskipun banyak orang yang mengenal dan mencicipi Soto Lamongan, sebagian dari mereka mungkin tidak tahu dimana Lamongan tersebut. Namun, hal tersebut tidak jadi masalah.

Karena kali ini pembahasannya mengenai tempat makan soto Lamongan yang bikin ngiler setiap orang yang melihat. Tempat tersebut adalah Depot Asih Jaya. Depot ini terletak di Jalan Panglima Sudirman A.4, Lamongan.

Soto Lamongan yang disajikan memiliki kuah yang berwarna kuning agar berminyak ditambah lagi dengan aroma rempah-rempahnya, serta yang menjadikan semakin nikmat adalah taburan koya yang menjadi ciri Soto lamongan.

Nasi Boranan Lamongan

Makanan khas berikutnya adalah nasi boranan. Namanya terdengar unik bukan. Tidak hanya namanya., filosofi penamaannya juga cukup unik, yaitu diambil dari kebiasaan penjual menyimpan nasinya di “boran”. Nasi boranan ini biasa disajikan dengan wadah yang dilapisi daun pisang.

Nasinya terdiri dari urap atau krawu dari daun pepaya ditambah dengan kacang panjang, tauge, rempeyek dan empuk. Empuk adalah makanan yang dibuat dari campuran tepung beras, tepung terigu, gaplek dan bawang.

Agar menambah selera makan, biasanya disediakan lauk seperti ikan bandeng, tahu, tempe, dan sebagainya. Jika kamu penasaran dengan rasanya, kamu bisa datang di depan RSU Muhamadiyah di jalan KH. Ahmad Dahlan, Lamongan. Disanalah ada penjual nasi boranan yang rasanya sangat enak.

Tahu Campur Lamongan

Nah, makanan selanjutnya adalah makanan yang menjadi ikon Kota Lamongan, yaitu tahu campur. Tahu campur ini terdiri dari lontong, tauge, daging, mie, selada air, dan kerupuk.

Agar lebih segar, terdapat kuahnya yang rasanya bikin enak. Selain itu, yang menjadikan makanan ini gurih adalah petis udangnya dan ada tambahan satu lagi, yaitu lento. Lento merupakan makanan semacam gorengan yang terbuat dari singkong.

Wingko Babat Loe Lan Ing

Jika kamu pernah naik kereta api, tentu kamu pernah ditawari makanan yang diberi nama wingko babat. Ya, makanan khas Lamongan ini sangat terkenal di daerah yang dilewati kereta menuju Jakarta. Bahkan, wingko babat ini juga diproduksi oleh orang Semarang. Karena banyak juga orang Semarang, termasuk turis menyukai wingko babat ini.

Bandeng Colo Lamongan

Makanan khas Lamongan berikutnya adalah bandeng colo. Dari namanya saja sudah diketahui bahwa makanan ini menggunakan ikan bandeng. Bandeng colo ini sangat terkenal dengan rasanya yang enak.

Makanan ini biasanya disajikan dengan sambal dan tambahan jeruk nipis yang menjadikan rasanya asam-asam nikmat. Tempat yang menjual bandeng colo ini terletak di Jalan Sundan Giri, Lamongan. Untuk harganya bida dibilang murah, yaitu hanya Rp13.000 untuk satu porsi.

Es Dawet Siwalan

Setelah membahas mengenai makanan, kali ini membahas mengenai es dawet siwalan. Yang menjadi perhatian disini adalah buah siwalannya. Karena buah siwalan ini tidak semua daerah di Indonesia ada. Bahkan, sebagian orang tidak tahu apa itu buah siwalan.

Es dawet siwalan ini terbuat dari perasan kelapa yang sudah dimasak ditambah dengan sirup yang terbuat dari gula jawa. Untuk isinya yaitu buah siwalan. Es dawet siwalan ini banyak dijual disepanjang tempat Wisata Bahari Lamongan.

Tinggalkan komentar