5 Makanan Khas Ngawi yang Bisa Kamu Coba Saat Berkunjung

Selain tempat wisatanya yang indah dan menarik untuk dikunjungi, Ngawi juga memiliki makanan khas yang rasanya tidak ada duanya.

Kenikmatan racikan bumbu-bumbu yang ditemukan nenek moyang masyarakat Ngawi bisa dirasakan saat kamu mengunjungi kota ini. Berikut daftar makanan khas yang bisa kamu nikmati saat kamu berkunjung di Ngawi, Jawa Timur.

1

Tepo Tahu

cookpad.com

Jarang orang yang tahu mengenai makanan khas Ngawi yang bernama tepo tahu. Namun, saat menyebut nama tahu lontong, hampir semua masyarakat Indonesia mengetahui makanan ini. Ya, memang tahu lontong sudah sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia.

Untuk mendapatkannya juga sangat mudah. Namun, untuk tepo tahu hanya bisa kamu dapatkan di Ngawi dan sekitarnya. Tepo tahu memang memiliki kemiripan dengan tahu lontong.

Karena tepo sendiri pada dasarnya terbuat dari beras yang memang mirip dengan lontong. Cara memasaknya juga sama dengan lontong. Mungkin, hal ini hanya perbedaan penamaan saja. Namun, kamu akan merasakan sensasi yang berbeda ketika merasakan tepo tahu di Ngawi.

2

Nasi Pecel Khas Ngawi

www.koran-jakarta.com

Selama ini yang sering kita dengar nasi pecel adalah kebanyakan dari Madiun dan Kediri. Ternyata Ngawi juga memiliki makanan khas nasi pecel sendiri. Nasi pecel Ngawi biasanya disajikan dengan cara dipincuk, yaitu menggunakan daun pisang yang dibentuk segitiga.

Sehingga saat makanan mau habis, ada sisa-sisa bumbu pecel diujungnya. Selain itu, ada hal yang berbeda juga antara pecel Madiun dengan pecel Ngawi, yaitu tingkat kehalusannya. Pecel Madiun dikenal dengan kacangnya yang halus.

Sehingga butiran-butiran kacang tidak terasa. Sedangkan pecel Ngawi dikenal dengan kacangnya yang kasar. Karena memang kacang yang digunakan untuk bahan baku utama pecel khas Ngawi ini ditumbuk.

Sehingga butiran-butiran kacang masih bisa dirasakan dan sebagian tidak tercampur dengan bumbu lainnya. Untuk pelengkap nasi pecel Ngawi tidak ada bedanya dengan nasi pecel Madiun dan Kediri.

Nasi pecel Ngawi juga dilengkapi dengan rempeyek dan tumpang, yaitu sambal yang terbuat dari tempe busuk yang dicampur dengan santan, daun jeruk, dan kencur.

3

Ledre

www.ayogitabisa.com

Ketika mendengar jajanan ledre, mungkin selama ini yang kita ketahui adalah makanan khas Bojonegoro. Padahal ledre ini juga ada di Ngawi dan sudah sangat lama ledre ini menjadi jajanan khas Ngawi. Entah Bojonegoro terlebih dahulu atau Ngawi terlebih dahulu.

Yang jelas jajanan ledre lebih terkenal sebagai jajanan khas Bojonegoro. Namun, rasanya bisa disandingkan dengan ledre khas Ngawi. Bentuknya yang mirip dengan opak dengan berbagai varian rasa membuat makanan ini terasa nikmat.

4

Wedang Cemue

devie.wordpress.com

Pernahkah kamu mendengar wedang cemue? Mungkin banyak orang yang belum pernah mendengar minuman yang bernama wedang cemue. Namun, tentu banyak orang pernah merasakan minuman sekoteng dan ronde.

Ya, minuman wedang cemue ini memiliki rasa yang hampir mirip dengan sekoteng atau dengan ronde. Minuman ini patut kamu coba saat kamu berada di Kota Ngawi.

5

Sate Ayam Khas Ngawi

ekaputriamdela.wordpress.com

Sate ayam memang sudah sangat mudah dijumpai. Mulai dari kota besar hingga daerah terpencil bisa menemui penjual sate ayam. Namun, ada perbedaan racikan bumbu di setiap daerah di Indonesia.

Misalnya saja sate ayam yang paling terkenal adalah sate ayam Madura dan Ponorogo. Sate ayam Madura identik dengan kecapnya yang banyak. Sedangkan sate Ponorogo identik tanpa kecap.

Berbeda juga dengan sate khas Ngawi yang identik dengan kecapnya sedikit. Sehingga, sate ayam khas Ngawi ini sangat cocok bagi kamu yang tidak terlalu suka dengan kecap.

Tinggalkan komentar