5 Makanan Ini Mampu Memenuhi Kebutuhan Serat Kamu Setiap Hari

Pilih mana makan makanan mengenyangkan yang mengandung banyak lemak atau pilih makanan yang mengenyangkan yang mengandung banyak serat? Tentu saja lebih memilih makanan mengenyangkan yang mengandung banyak serat.

Selain perut kenyang, makanan yang berserat dapat memenuhi kebutuhan tubuh terhadap serat. Karena tubuh sangat dianjurkan mendapatkan asupan serat setiap hari. Bagi wanita, dianjurkan asupan serat yang baik untuk tubuh 25 gram setiap hari.

Sedangkan bagi pria, asupan serat yang baik sebanyak 38 gram setiap hari. Oleh karena itu, secara tidak langsung, makan makanan yang berserat dapat memenuhi kebutuhan tubuh terhadap serat.

Selain itu, serat juga sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Manfaat serat adalah menjaga kadar gula dalam tubuh, menurunkan resiko terkena penyakit kronis. Bagaimana, banyak sekali kan manfaatnya?

Maka dari itu, usahakan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Makanan apa sajakah yang banyak mengandung serat? Berikut daftarnya.

Biji Chia

catatanbuahdansayur.blogspot.com

Bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Karena makanan ini selain mengenyangkan, juga tidak menambah berat badan kamu.

Salah satu makanan yang banyak serat dan sangat dianjurkan untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan adalah biji chia. Biji chia ini mengandung 3,6 gram setiap satu sendok makan.

Kamu bisa mencampurkan biji chia ini ke dalam makanan kamu. Bisa dijadikan taburan pada menu makan kamu atau langsung dicampur dengan makanan kamu.

Kacang Polong

essenstoria.blogspot.com

Makanan yang mengandung banyak serat berikutnya adalah kacang polong. Kacang polong ini memiliki kandungan serat sebanyak 8,8 gram damal satu cangkir.

Selain itu, kacang polong juga kaya akan vitamin A yang bisa membantu menjaga kesehatan mata dan kulit. Kacang polong juga mengandung vitamin K yang dapat membantu menjaga kekuatan tulang.

Dalam mongonsumsi kacang polong juga sangat gampang. Kamu bisa campurkan kacang polong dalam sayur sop, tumis, dan sebagainya. Bahkan di Jepang, kacang polong digunakan sebagai campuran nasi.

Alpukat

manfaatbagus.com

Selama ini, alpukat lebih dikenal dengan buah yang kaya akan lemak. Namun, lemak yang dikandung oleh buah alpukat termasuk lemak baik atau disebut juga lemak tak jenuh. Hal ini tidak bahaya bagi tubuh, justru lemak tak jenuh dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, mengonsumsi alpukat dapat memenuhi kebutuhan tubuh terhadap serat. Dengan mengonsumsi satu buah alpukat, hampir setengah kebutuhan serat tubuh terpenuhi. Oleh karena itu, megonsumsi alpukat sangat disarankan.

Jika selama ini banyak orang yang menganggap alpukat berlemak, itu salah besar. Alpukat dikatakan berlemak kalau kamu membuat jus alpukat dengan tambahan susu, gula, dan es batu.

Edamame

thinkpynk.com

Tahukah kamu dengan edamame? Edamame sering disebut dengan kedelai dari Jepang. Ya, awalnya edamame ini berasal dari Jepang. Oleh pemerintah Jepang saat menjajah Indonesia, edamame ditanam di Indonesia.

Hingga saat ini, edamame masih bisa ditemukan di Indonesia. Bahkan, di Jember terdapat pabrik pengolahan edamame. Edamame juga memiliki kandungan serat yang tinggi.

Dalam satu cangkir edamame mengandung 8 gram serat. Untuk megonsumsi edamame juga sangat mudah. Kamu bisa merebusnya, lalu langsung dimakan.

Artichoke

artichokes.org

Makanan berikutnya yang mengandung banyak serat adalah artichoke. Makanan ini memiliki kandungan sebanyak 7 gram pada artichoke yang berukuran sedang.

Selain itu, artichoke juga memiliki kandungan kalium yang cukup besar. Jika dibandingkan dengan pisang yang berukuran sedang, kandungan kalium pada artichoke jauh lebih besar.

Jika kamu ingin mengonsumsi artichoke untuk mencukupi asupan serat setiap hari, kamu bisa memanggang artichoke atau mengukusnya. Bisa dijadikan campuran salad, pizza, dan sebagainya.

Tinggalkan komentar