Ternyata Tanpa Kamu Sadari, Makanan Ini Mengandung Banyak Garam Lho

Jika kamu cukup memantau tentang berbagai macam program diet yang cukup populer di Indonesia, pasti tak asing lagi dengan yang namanya diet mayo. Diet mayo ini mengharuskan para pelakunya untuk tidak mengonsumsi garam sama sekali 13 hari lamanya.

Selain itu, ada pula orang yang lebih memilih untuk tetap menggunakan garam dalam masakannya, namun penggunaannya dibatasi. Konon, diet garam ini mampu menurunkan berat badan dan resiko serangan jantung serta darah tinggi.

Sehingga banyak orang yang tertarik untuk mulai mengurangi garam dalam setiap menu masakannya. Tetapi, ada juga sebagian orang yang tidak menyadari bahwa beberapa jenis makanan yang dikonsumsi olehnya ternyata mengandung garam berlebih.

Nah, kira-kira makanan apa saja ya yang mengandung banyak garam itu? Check this out guys.

Diary Product

www.sott.net

Tak banyak yang tahu jika produk olahan susu itu mengadung banyak sekali garam. Beberapa diantaranya adalah keju, butter serta margarin. Padahal hampir setiap hari kamu menggunakan itu dalam campuran menu sehatmu.

Seperti saat mengoles roti, kamu menggunakan margarin untuk memberikan rasa asin dan gurih. Selain itu, keju juga menjadi salah satu bahan makanan favorit yang dipercaya tinggi kalsium yang ternyata mengandung banyak garam juga.

Kecap dan Saus

blog.bukalapak.com

Selanjutnya ada berbagai macam produk yang sangat digandrungi oleh kebanyakan masyarakat, yakni kecap dan saus. Entah itu saus tomat, saus sambal, kecap manis hingga kecap asin ternyata mengandung begitu banyak sodium di dalamnya.

Sebab, penggunaan garam dalam produk olahan ini bertujuan untuk mengawetkan produk makanan agar dapat bertahan lama dan sebagai penguat rasa.

Acar

info-kau.blogspot.com

Sebagian makanan memang kurang nikmat rasanya jika tak dimakan menggunakan acar. Seperti bakmi, nasi goreng, gulai atau mungkin martabak telur? Wah, acar ini memang pelengkap yang tak boleh tertinggal untuk menambah kelezatan masakan.

Tetapi, tahukah kamu, jika di dalam satu sendok acar itu ternyata mengandung kurang lebih 3mg sodium? Sebagai gantinya, lebih baik kamu menikmati irisan mentimun segar saja dibanding acar ya guys.

Sup Kemasan

www.sukamart.com

Saat ini, beberapa makanan yang “katanya” sehat dikemas semenarik mungkin untuk menarik minat pelanggan. Akan tetapi, beberapa produk seperti sup di dalam kemasan yang dikatakan sehat itu, ternyata mengandung banyak garam lho.

Seperti halnya dengan saus dan kecap, garam dalam makanan kemasan ini berfungsi sebagai pengawet makanan.

Makanan Kemasan

viralia.co

Jika kamu ingin mengurangi konsumsi garam akan tetapi masih senang mengonsumsi makanan kemasan, sebaiknya ubah menu makanmu mulai sekarang deh. Sebab, makanan yang dikemas dalam kaleng dan telah diawetkan itu mengadung begitu banyak sodium.

Bukan hanya kornet dan lain sebagainya yang ada di dalam kaleng, namun sosis dan ham pun tak luput dari beberapa makanan kemasan yang sebaiknya kamu kurangi untuk dikonsumsi.

Roti

www.greggs.co.uk

Siapa yang menyangka bila dalam sepotong roti itu mengandung hingga 230 miligram sodium. Padahal dalam satu hari, kamu mengonsumsi paling tidak dua lembar roti. Jadi, kamu paling tidak telah mengosumsi seperempat dari jumlah sodium yang diperbolehkan dalam satu hari.

Jadi, sebelum mengonsumsi suatu makanan, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kandungan yang ada dalam makanan tersebut. Carilah makanan yang rendah sodium dan aman untuk kamu makan dalam program diet garammu kali ini.

Atau lebih baik kamu membeli bahan makanan yang masih segar dan mengolah sendiri makanan sehatmu untuk hari ini.

Tinggalkan komentar