5 Makanan yang Dapat Mencukupi Kebutuhan Tubuh Terhadap Kalsium

Setiap tubuh manusia membutuhkan kalsium. Kalsium ini dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kekuatan gigi, otot, dan saraf.

Tidak hanya itu saja, kalsium juga mampu menjaga kesehatan pembulu darah, mencegah diabetes, dan menyeimbangkan tekanan darah. Namun, jika kalsium di dalam tubuh tidak seimbang, maka bisa menimbulkan permasalahan kesehatan.

Misalnya saja seseorang kekurangan kalsium dalam tubuh, maka bisa berakibat hilangnya nafsu makan, kesemutan, kram otot, dan denyut jantung tidak beraturan.

Begitu juga sebaliknya, jika seseorang kelebihan kalsium, maka tubuh juga akan mengalami masalah kesehatan, seperti meningkatkan resiko terkena stroke, serangan jantung, dan memicu terkena batu ginjal.

Biasanya, kelebihan kalsium ini disebabkan oleh konsumsi suplemen berlebihan. Oleh karena itu, perlu menjaga kandungan kalsium agar tetap seimbang. Untuk itu, perlu diketahui berapa jumlah kalsium yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Nah, tubuh orang dewasa normalnya membutuhkan kalsium sekitar 1.000 miligram setiap hari. Untuk mencukupi kalsium dalam tubuh, kamu bisa mengonsumsi makanan-makanan berikut ini.

Sawi Putih

florestoday.com

Mungkin, sawi putih ini bisa kamu jadikan solusi dalam mencukupi kebutuhan tubuh terhadap kalsium. Karena sawi putih juga memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak. 100 gram sawi putih mengandung 105 miligram kalsium. Cukup banyak kan?

Jadi, kamu perlu mengonsumsi 1.000 gram sawi putih setiap hari untuk mencukupi kebutuhan tubuh terhadap kalsium. Selain kalsium, sawi putih juga memiliki kandungan lain, seperti vitamin, serat, dan sebagainya yang baik untuk kesehatan kamu.

Ikan Salmon

gosocio.co.id

Ikan salmon dipercaya kaya akan kalsium. Bagian ikan salmon yang mengandung kalsium adalah bagian tulangnya.

Jadi, jika kamu ingin menambah kalsium dengan mengonsumsi ikan salmon, kamu harus menghaluskan terlebih dahulu tulang pada ikan salmon agar bisa kamu konsumsi.

Cara mudahnya adalah dengan membeli ikan salmon dalam kemasan kaleng. Karena ikan salmon dalam kaleng sudah dimasak dan tulangnya lunak. Jadi, tulang tersebut mudah dihaluskan.

Wijen

fastnewsindonesia.com

Tahukah kamu taburan yang biasa digunakan untuk onde-onde? Ya, taburan tersebut bernama wijen. Wijen ini berasal dari tanaman. Ternyata, wijen memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.

Sehingga, dengan mengonsumsi wijen, kebutuhan tubuh terhadap kalsium bisa tercukupi. Selain itu, dengan mengonsumsi wijen, tekanan darah kamu akan menurun dan bermanfaat juga untuk melawan sel kanker. Jadi, konsumsilah wijen untuk mendapatkan manfaatnya.

Jeruk

http://www.fitho.in/

Mungkin, kamu akan merasa bosan dengan mengonsumsi sawi putih setiap hari. Oleh karena itu, kamu perlu variasi makanan untuk mencukupi jumlah kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu makanan yang bisa dijadikan variasi untuk mencukupi kebutuhan tubuh terhadap kalsium adalah buah jeruk. Selain enak rasanya, jeruk juga memiliki kandungan kalsium.

Selain itu, kandungan yang paling terkenal dari buah jeruk adalah vitamin C. Jadi, dengan mengonsumsi buah jeruk, tidak hanya kebutuhan tubuh terhadap kalsium saja yang tercukupi, namun juga kebutuhan tubuh terhadap vitamin C juga tercukupi.

Susu

ngmilk.rocks

Minuman yang satu ini memang sudah sangat dikenal dengan kandungan kalsiumnya. Bahkan, olahannya juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh terhadap kalsium.

Ya, minuman tersebut adalah susu. Setiap 100 gram susu mengandung 125 miligram kalsium. Jadi, kamu cukup mengonsumsi 800 gram susu setiap hari untuk memenuhi jumlah normal yang dibutuhkan tubuh terhadap kalsium.

Sebaiknya konsumsilah susu segar. Karena susu segar lebih baik dari susu krim atau susu yang sudah diolah.

Tinggalkan komentar