4 Makanan Ini Memiliki Kandungan Vitamin B Kompleks yang Tinggi

Setiap tubuh manusia membutuhkan berbagai macam vitamin agar tetap sehat. Hal ini dibutuhkan oleh tubuh manusia setiap hari. Jika salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi dengan baik, maka kemungkinan tubuh akan bermasalah.

Misalnya saja tubuh seseorang kekurangan vitamin B kompleks, maka bisa saja orang tersebut akan terkena anemia.

Oleh karena itu, perlu diperhatikan makanan yang dimakan setiap hari agar asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh bisa terpenuhi.

Untuk vitamin B sendiri terdiri dari vitamin B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (pantothenic acid), B6, B7 (biotin), B9 (folat), dan B12. Semuanya itu disebut vitamin B kompleks.

Nah, untuk bisa mendapatkan  vitamin B kompleks agar tidak terkena anemia, maka kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks. Mau tahu makanan apa saja yang mengandung vitamin B kompleks? Berikut daftarnya.

Daging Merah

www.necturajuice.com

Salah satu makanan yang mengandung vitamin B kompleks adalah daging merah. Daging merah merupakan daging yang memiliki warna merah, seperti daging sapi.

Kandungan vitamin pada daging merah ini terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B9. Dengan mengonsumsi daging merah, maka kebutuhan tubuh terhadap vitamin B kompleks akan terpenuhi.

Selain itu, dengan terpenuhinya vitamin B pada tubuh, maka pembentukan energi dalam tubuh bisa berjalan dengan baik. Sehingga tubuh tetap kuat dan dapat menunjang kesehatan tubuh, serta mencegah kekurangan gizi.

Alpukat

manfaatbagus.com

Selain mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh dan tidak membuat gemuk orang mengonsumsi, alpukat juga memiliki kandungan vitamin B kompleks.

Vitamin B kompleks yang terkandung dalam buah alpukat terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B9. Sehingga, dengan mengonsumsi alpukat setiap hari, secara otomatis kebutuhan tubuh terhadap vitamin B kompleks akan terpenuhi.

Selain itu, alpukat juga mampu memenuhi kebutuhan tubuh lainnya, seperti serat, protein, fosfor, magnesium, kalsium, dan sebagainya. Sehingga tubuh akan tetap sehat dan terjaga dari segala penyakit yang menyerang.

Kacang Almond

medicaldice.com

Kacang almond merupakan jenis kacang yang memiliki banyak sekali kandungan yang baik bagi tubuh. Contohnya saja kacang almond ini sangat baik bagi ibu hamil.

Karena dengan mengonsumsi kacang almond, maka resiko terkena cacat pada janin akan menurun. Kandungan apa yang ada pada kacang almond sehingga menurunkan resiko cacat pada janin?

Ya, kacang almond mengandung vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks inilah yang mampu menurunkan resiko cacat pada janin.

Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi kacang almond ini agar kebutuhan tubuh terhadap vitamin B kompleks dapat terpenuhi dan terhindar dari segala penyakit yang ditimbulkan oleh kekurangan vitamin B kompleks.

Apel

hdwallpapers.cat

Buah apel merupakan salah satu buah yang sangat familiar dikalangan masyarakat Indonesia. Selain buah ini enak, buah apel juga memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk tubuh. Salah satu kandungan yang ada di buah apel adalah vitamin B komleks.

Vitamin B kompleks tersebut terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9. Selain itu, buah apel juga merupakan sumber dari nutrisi yang baik untuk kesehatan. Namun, jangan asal memilih buah apel.

Karena saat ini banyak sekali buah apel yang diberi bahan lainnya agar terlihat cerah dan menarik. Kamu perlu selektif dalam memilih buah apel. Warna yang cerah dan terlihat sangat menarik belum tentu baik.

Begitu juga sebaliknya, warna yang kusam pada kulitnya bisa saja itu baik. Karena tidak menggunakan bahan campuran lain. Dalam artian, warna kusam tersebut warna asli buah apelnya.

Sedangkan warna yang cerah dan menarik bisa saja ada campuran zat tertentu agar apel tersebut terlihat cerah dan menarik.

Tinggalkan komentar