Inilah Makanan Pendamping ASI Terbaik untuk Bayi Kamu

MAKANAN PENDAMPING ASI – Si kecil sudah mulai suka dengan makanan, atau akan membuka mulut ketika sendok didekatkan? Mungkin itu merupakan tanda bahwa bayi kamu sudah siap untuk diberikan makanan pendamping asi (MPASI). Ketika bayi yang baru lahir sampai usia sekitar 6 bulan, asupan nutrisi pada bayi cuku dengan ASI saja.

Tetapi ketika bayi berusia 6 bulan lebih, biasanya sudah siap untuk menerima asupan makanan pendamping ASI. Yang harus diperhatikan adalah porsi makanan pendamping ini tidak boleh terlalu banyak. Harus diperbanyak porsi pemberian ASI daripada MPASI.

Tetapi tidak sedikit pasangan yang baru memiliki anak akan merasa bingung bila si kecil mulai mengkonsumsi makanan pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Lantas, apa saja sebenarnya makanan pendamping ASI yang baik untuk bayi? Berikut daftar makanan yang bisa dijadikan bahan utama makanan pendamping asi susu ibu.

 

Kelapa

Kelapa Sebagai Makanan Pendamping Bayi
rsmph.co.id

Kandungan asam lemak pada buah kelapa menyerupai ASI. Selai itu nutrisi yang ada pada buah kelapa akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Selain itu tekstur buah kelapa yang lembut akan memudahkan bayi dalam mencerna makanan ini.

Sayuran Hijau

Gambar Brokoli
healthtipscentre.com

Mulailah mengenalkan sayuran hijau pada bayi sejak dini, hal itu sangat penting untuk pertumbuhannya. Sayuran hijau banyak mengandung asam folat yang berkhasiat untuk meningkatkan kecerdasan bayi. Contoh jenis sayuran yang bisa diberikan pada bayi adalah brokoli, bayam, lobak dan jenis sayuran lainnya.

BACA JUGA: Resep MPASI Bayi

Haluskan sayuran hijau kemudian dicampur dengan sedikit bijian yang bertekstur lembut sehingga mudah dicerna oleh bayi. Bisa juga dengan sayuran dikukus terlebih dahulu agar bakteri dan kuman pada sayuran hilang.

Pisang

Makanan Pendamping Asi
allecmsstatic.pl

Bubur yang dibuat dari pisang juga baik untuk dijadikan makanan pendamping ASI. Pisang merupakan buah dengan kandungan rendah lemak, tapi cukup kaya akan nutrisi penting terutama yang berkaitan dengan pembentukan energi di dalam tubuh. Buah yang satu ini memiliki kandungan serat yang tinggi yang bisa menambah energi dan zat besi untuk bayi.

Ubi Jalar

Makanan pengganti nasi lainya adalah Ubi
greenblender.com

Biasanya, bayi mulai mengkonsumsi makanan pendamping dengan diberikan bubur kentang. Tapi, sebagai makanan alternatif pengganti kentang kamu bisa menggunakan ubi jalar. Pasalnya, ubi jalar merupakan makanan sehat yang mengandung nutrisi tinggi.

Telur

Telur merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil
besthomechef.com.au

Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik buat bayi. Protein telur memiliki nilai bioavaibilitas yang tinggi. Hal itu berarti 100% seluruh protein telur dapat dimanfaatkan oleh tubuh. Kandungan vitamin B2, vitamin A dan zat besi pada telur sangat baik untuk tubuh.

Kuning telur merupakan sumber kolestrol baik yang dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak sikecil. Sedangkan pada putih telur mengandung protein yang mudah untuk dicerna. Tetapi telur rebus ini hanya boleh diberikan pada bayi yang telah berusia 8-9 bulan.

Wortel

http://www.annabelkarmel.com/
annabelkarmel.com

Wortel merupakan salah satu sayuran yang banyak direkomendasikan sebagai makanan pendamping ASI. Pada sayuran ini terdapat vitamin dan mineral yang membantu pencernaan dan juga mencegah diare dan cacingan pada anak.

Kandungan serat yang tinggi pada wortel juga bisa mencegah sembelit. Agar si kecil bisa mencerna wortel dengan baik, kamu bisa mengolah sayuran ini menjadi pure wortel.

Kacang Panjang

melindacare.com
melindacare.com

Kacang panjang merupakan sayuran yang baik dikonsumsi oleh anak karena mengandung zink yang membantu pembentukan enzim di dalam tubuh. Pada sayuran ini juga terdapat kandungan serat tinggi dan vitamin B kompleks yang baik untuk bayi. Rebus kacang panjang dan buatlah menjadi bubur agar si kecil mudah untuk mengkonsumsinya.

Tinggalkan komentar