7 Makanan Ini Akan Membuat Tokek Cepat Berkembang Besar

MAKANAN TOKEK – Tokek merupakan hewan yang masih termasuk dalam keluarga cicak. Ada banyak jenis tokek di dunia ini, tokek termasuk dalam suku Gekkonidae. Persebaran tokek meluas di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara. Tokek sejenis dengan cicak besar, hewan ini memiliki harga jual yang tinggi.

makanan tokek
pixabay.com

Dengan harga jual yang cukup tinggi di beberapa daerah, untuk merawatnya tak begitu sulit. Dengan memberikan kandang yang nyaman dan makanan yang cocok agar tokek cepat besar. Berikut ini berbagai jenis makanan tokek.

Jenis Makanan Tokek

1. Kodok

makanan tokek
pixabay.com

Jenis kodok yang bagus untuk makanan tokek adalah jenis kodok lembu. Kodok lembu memiliki kandungan protein sebesar 19,76%, lemak 0,63%, air 75,63% dan abu 0,59%.

2. Laron

makanan tokek
manaaja.com

Laron juga merupakan salah satu hewan yang bisa membuat tokek cepat berkembang. Tokek mengonsumsi laron karena terdapat kandungan berupa protein dan lemak, zat organik dari jamur yang tumbuh pada pelapukan kayu. Pada usus para Coptotermes ini, banyak terpelihara bakteri dan Flagellata.

3. Jangkrik

makanan tokek

Jangkrik dianggap bisa mempercepat pertumbuhan tokek. Jangkrik mengandung protein omega 3, omega 6, dan omega 9. Berdasarkan penelitian oleh Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto (UNSOED), kandungan protein yang mencapai 57,32%, 105,49 ppm hormon progesteron dan 259,535 hormon esterogen, yaitu hormon untuk membangun vitalitas perempuan.

Hormon ini memiliki manfaat untuk pertumbuhan sekunder serta kesuburan, dapat mengurangi rasa nyeri ketika manopause dan membuat siklus menstruasi teratur dan lancar.

Penelitian membuktikan bahwa jangkrik adalah penghasil energi 4,87 kalori/gram dan memiliki senyawa kimia seperti asam amino yang dibutuhkan untuk proses pembentukan sel. Juga mengandung Glutation (GSH) dan berfungsi sebagai antioksidan alami pada tubuh manusia.

4. Kadal

makanan tokek

Kadal juga termasuk asupan yang dapat mempercepat pertumbuhan tokek. Kadal mengandung protein, mineral, lemak, dan kalsium. Kadal diyakini memiliki fungsi yang mirip dengan hormon testosteron. Kadal juga mempunyai khasiat sebagai pereda otot paru-paru yang sedang tegang akibat kurang stock oksigen.

Selain itu, kadal juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kadar gula darah, serta memiliki fungsi sebagai anti penuaan.

5. Belalang

makanan tokek
pixabay.com

Belalang hewan yang memang biasa dipakai sebagai pakan untuk tokek, karena paling mudah dicari. Protein dan kalsium pada belalang cukup terbilang besar, sehingga dapat membuat tokek cepat berkembang.

6. Nyamuk

makanan tokek
pixabay.com

Nyamuk, selain sebagai mangsa cicak, hewan ini juga biasa dimangsa oleh tokek. Biasanya tokek akan menangkap sendiri dengan cara yang sama seperti cicak, yaitu menangkap dengan lidahnya yang lengket.

7. Bayi Tikus

makanan tokek

Banyak orang merekomendasikan untuk memberi makanan tokek agar cepat berkembang besar yaitu bayi tikus yang masih merah. Bayi tikus ini diyakini mempunyai banyak nutrisi dan dapat membantu tokek agar cepat besar.

Cara Memberi Makan Tokek

makanan tokek

Untuk waktu memberikan makan tokek yang paling efisien yaitu saat malam hari, di mana si tokek ini sedang aktif. Pemberian asupan makanan ini dapat dilakukan 3 kali dalam semalam, bisa diawali setelah maghrib.

Porsi makan yang harus diberikan yaitu 3 jangkrik, agar penyerapan nutrisi dapat diproses maksimal. Hindari untuk telat memberi makan tokek. Untuk minum cukup berikan air putih saja.

Usahakan, jangan menyentuh tokek secara langsung dengan tangan, hal ini dilakukan demi keamanan diri sendiri serta agar tokek tidak mudah stres. Cukup letakkan makanan pada wadah saja.

Ada lagi yang penting untuk diperhatikan, yaitu jangan terlalu sering memberikan asupan tokek dengan makanan yang mahal dan enak, karena dapat menyebabkan tokek akan manja dan pilih-pilih makanan. Lebih baik memberikan makanan yang mudah didapatkan dan ekonomis.

Tinggalkan komentar