Makanan Tradisional Sunda yang Menggugah Selera

Membahas tentang kuliner, kali ini kamu akan disuguhkan dengan kuliner khas sunda yang sangat terkenal dan sangat nikmat. Selain dari tradisi dan budayanya yang unik, makanan khas sunda juga memiliki cita rasa yang banyak digemari masyarakat indonesia.

 

 

 

Makanan Colenak

makanan-colenak
citizendaily.net

Makanan khas sunda berikutnya adalah Colenak yang merupakan singkatan dari dicocol enak. Makanan yang terbuat dari bahan singkong dibakar kemudian disajikan dengan saus khusus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah. Terdapat juga tape yang agak gosong, bagian inilah yang menurut beberapa orang bagian paling enak.

Makanan Gepuk

Empal-Gepuk
www.foodsweety.com

Gepuk juga termasuk salah satu makanan khas Jawa Barat yang berbahan dasar dari daging sapi. Rasanya tergolong agak unik ada sedikit rasa manisnya dan juga terasa gurih di lidah. Membuatnya biasanya menggunakan daging sapi yang diiris searah dengan serat daging kemudian direbus setengah matang, setelah itu ditumbuk hingga menjadi empuk. Daging yang sudah empuk kemudian direndam ke dalam bumbu adonan santan. Lalu daging direbus kembali hingga air santan meresap dan menyusut. Untuk penyajianya, daging tersebut digoreng dengan minyak hingga kecoklatan kemudian angkat. Gepuk akan terasa nikmat disantap dengan nasi dan sambal pedas.

Perkedel Bondon

perkedel-bondon
kuliner.panduanwisata.id

Perkedel yang berbahan dasar dari kentang kemudian dimasak di atas tungku api, bahan bakarnya pun menggunakan kayu atau arang. Cara memasak seperti ini mungkin yang membuat perkedel terasa nikmat dan beda dari pada perkedel pada umumnya, terutama jika disajikan masih panas. Dengan sambal yang khas sunda membuatnya akan terasa nikmat untuk disantap dengan nasi.

Tinggalkan komentar