7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Ibu hamil memerlukan makanan yang bergizi, karena asupan makanan yang dimakan akan sangat berpengaruh pada kesehatan bu dan janinnya. Oleh sebab itulah ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang, artinya makanan yang dikonsumsi harus mampu memenuhi kebutuhan gizi baik dari segi kualitas atau kuantitas.

Jumlah Kalori yang dibutuhkan oleh ibu hamil berbeda-beda, tergantung dengan usia kandungan. Misalnya makanan untuk ibu hamil muda atau usia enam bulan kehamilan pertama memerlukan asupan 2.000 kalori setiap hari. Sedangkan untuk usia kandungan di atas enam bulan sampai melahirkan memerlukan asupan sekitar 2.200 kalori setiap hari.

Di samping kebutuhan kalori ibu hamil juga memerlukan makanan yang mengandung banyak zat besi, kalsium, vitamin A, B, dan C, folat selenium serta magnesium. Untuk mencukupi sebuah kebutuhan itu maka diperlukan pengaturan makanan yang baik untuk ibu hamil. Berikut daftar makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

 

Pisang

Pisang untuk Makanan Ibu Hamil
sunrvresorts.com

Pisang banyak mengandung zat yang baik untuk kebutuhan ibu hamil seperti vitamin B6, vitamin C, asam folat dan juga potasium. Dengan banyak mengkonsumsi pisang akan mengurangi rasa mual yang biasa dialami oleh ibu hamil muda. Kandungan vitamin B6 pada pisang juga sangat membantu untuk mengatasi morning sickness.

Bayam

Sayuran Hijau untuk Ibu Hamil
http://drpescatore.com

Sayuran hijau satu ini sangat baik untuk ibu hamil. Di dalam bayam terdapat kandungan zat asam folat yang tinggi. Zat ini sangat dibutuhkan diawal kehamilan untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf (cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang). Selain itu sayuran hijau ini juga mengandung serat, zat besi, vitamin A, C dan K.

Kacang-kacangan

Sumber Protein dari Kacang-kacangan
safereating.co.uk

Serat dan protein pada kacang-kacangan sangat baik untuk mengatasi sembelit pada wanita. Hampir 40 persen wanita yang hamil akan mengalami sembelit selama masa kehamilannya. Penyebab dari penyakit tersebut adalah tekanan rahim yang semakin besar serta hormon progesteron yang memperlambat gerak pencernaan. Selain kandungan suplemen zat besi dan asam folat pada kacang-kacangan sangat baik untuk ibu hamil.

Telur

Telur merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil
besthomechef.com.au

Telur merupakan makanan yang kaya akan sumber gizi. Di dalam kuning telur terdapat zat kolin, nutrisi ini memiliki peran penting untuk perkembangan otak bayi (janin). Ibu hamil memerlukan minimal 450 mg klin setiap hari. Bila kamu seorang vegetarian maka dapatkan kolin melalui sumber lain seperti susu, dan kacang kedelai.

Alpukat

Manfaat Buah Alpukat
simplyfantasticbooks.wordpress.com

Alpukat sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Alpukat merupakan sumber nutrisi seperti serat, vitamin K, asam folat, vitamin B6 dan kalium. Selain itu alpukat juga  mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik untuk membantu mencegah penyakit jantung. Dengan rutin mengkonsumsi buah ini bisa bermanfaat untuk mengatasi morning sickness dan juga membantu pertumbuhan otak bayi.

Pepaya

Pepaya Sebagai Obat Sembelit Untuk Ibu Hamil
huffpost.com

Pepaya merupakan buah tropis yang memiliki banyak vitamin C, asam folat, potasium dan serat. Buah ini juga berkhasiat untuk mengobati sembelit yang sering dialami oleh wanita yang sedang hamil. Tetapi buah pepaya yang boleh dimakan oleh ibu hamil hanya pepaya yang sudah matang, karena pada pepaya yang masih mentah masih mengandung pepsin pada getah yang bisa menyebabkan kontraksi.

Lemak Ikan

Lemak Ikan Sebagai Sumber Protein Untuk Ibu Hamil
wholeparent.com

Lemak pada ikan laut memiliki banyak zat asam lemak omega 3 yang bisa membantu kinerja jantung untuk menguatkan kesehatan otak. Makan sampai 12 ons ikan per minggu akan membantu menjaga keseimbangan tubuh ibu hamil. Makanan yang baik untuk ibu hamil yang sudah disebutkan di atas sebaiknya dijadikan sebuah menu wajib yang dikonsumsi secara teratur sehingga kesehatan ibu hamil bisa terjaga dengan baik.

Tinggalkan komentar