Malulah Dengan Hewan-hewan Ini Kalau Kamu Bangun Kesiangan

Waktu pagi adalah waktunya kita meraup banyak keberkahan. Kita bisa memulai pagi dengan banyak melakukan ibadah kepada Allah, mulai dari sholat tahajud, tilawah Alquran, berdzikir, sholat sebelum fajar dan sholat subuh. Selain ibadah, kita pun bisa memulai pekerjaan kita sedini mungkin.

Jika kit akan melakukan pekerjaan sedini mungkin, maka saat beraktivitas siang hari nanti, badan kita sudah siap melaksanakan pekerjaan yang berat sekalipun. Kita pun bisa merencanakan apa yang kita lakukan seharian nanti. Tapi, semua ini hanya bisa kita lakukan jika kita bangun pagi.

Lalu, apa jadinya jika kita bangun kesiangan. Pertama, kita pasti akan kesiangan sholat subuhnya, jangankan mau melakukan ibadah yang lain kan? Sholat yang wajib saja kita kesiangan. Lalu, kita pun jadi terburu-buru mempersiapkan apa yang harus kita bawa untuk berangkat kerja kita nanti. Dan tentunya kita akan terlambat saat berangkat kerja.

Nah, supaya kamu makin malu karena suka bangun kesiangan, maka kamu perlu kenalan dengan hewan-hewan yang sudah beraktivitas di pagi hari ini. Beneran deh, kamu pasti akan malu saat mengetahui, bahwa hewan saja memanfaatkan waktu paginya dengan baik. Pertanyaannya, hewan apa saja sih yang sudah mulai beraktivitas di pagi hari?

Ayam

binatang.net

Hewan yang merupakan simbol bahwa pagi sudah datang adalah ayam. Sebelum subuh pun hewan ini sudah bangun lho! Dan dengan kokokan hewan inilah kita terkadang terbangun. Kalau kamu tidak percaya, coba saja kamu bangun pagi hari, jika di sekitarmu ada ayam, terutama ayam jago, maka kamu akan mendengar kokokannya.

Kokokan ayam jago dipagi hari ini, seperti mengingatkan kepada manusia yang sedang terlelap, bahwa sebentar lagi matahari akan segera muncul, dan sebentar lagi juga, pintu-pintu rezeki akan segera dibuka. Jadi, tidak ada alasan bagi semua manusia untuk masih bermalas-malasan di atas tempat tidurnya. Semua harus memanfaatkan waktu dengan baik jika ingin mendapatkan keberhakan, baik di dunia maupun di akhirat.

Semut

jombangkab.go.id

Binatang lainnya yang akan kita temui sudah beraktivitas di pagi hari adalah semut. Coba saja kamu letakkan makanan saat kamu bangun pagi. Tentunya dalam sekejap makanan yang kamu letakkan akan dikerumuni oleh semut. Nah, ini adalah bukti bahwa semut saja sudah mulai beraktivitas di pagi hari.

Apakah kamu mau kalah dengan hewan yang besarnya saja tidak melebihi jari kelilingkingmu? Semut yang lemah dan berukuran kecil saja begitu semangat untuk mencari rezeki di pagi hari. Tentu kita sebagai manusia yang punya banyak kelebihan dibandingkan semut, bisa melakukan lebih baik dari apa yang dilakukan oleh semut.

Tapi, kalau banyak yang bangun kesiangan, apakah hidupnya lebih baik dari para semut? Untuk menjawab pertanyaan ini, sebaiknya kamu bertanya kepada dirimu sendiri. Supaya kamu bisa mengevaluasi diri dan menjalani hidup ini lebih baik lagi.

Burung

omkicau.com

Saat kamu bangun pagi hari, pasti kamu akan mendengar kicauan burung yang bersahut-sahutan dari pepohonan. Dan inilah bukti bahwa burung pun sudah mulai beraktvitas di pagi hari. Mereka begitu ceria menyambut pagi dengan kicauannya. Nah, inilah yang membedakan mereka dengan manusia. Manusia justru bersedih hati jika pagi telah tiba, karena ini tandanya perjuangan hidup harus mulai dijalani lagi dan waktu istirahat pun sudah berakhir.

Tapi, bukankah kita sangat menyukai suara kicauan burung di pagi hari, dengan mendengarnya, kita seolah-olah mendengarkan semangat yang bergema di alam ini. Hal ini akan begitu indah kita rasakan, jika kitanya pun semangat, semangat bangun pagi dan semangat menyambut banyak cerita yang akan kita temui di hari ini.

Tinggalkan komentar