5 Keasyikan yang Bakal Dirasakan Kalau Kamu Belajar Manajemen Keuangan

MANAJEMEN KEUANGAN – Kamu mau kuliah di jurusan manajemen keuangan? Baiknya memang keinginan ini datang dari sendiri, dan bukan karena paksaan orang lain. Kalau kamu memang punya minat yang besar di bidang ini nantinya diharapkan kuliah yang kamu lakukan pun bisa berjalan lancar.

Oh ya, kira-kira kalau kamu belajar manajemen keuangan, apa saja manfaat baik yang bisa kamu rasakan?

 

Jadi Lebih Teliti

Mengelola keuangan
idepernikahan.com

Belajar manajemen keuangan bakal membuatmu lebih teliti dalam mengatur uang. Sebab kamu sudah dibiasakan untuk secara jeli melakukan pengaturan keuangan.

Kamu terbiasa memperlakukan uang dengan hati-hati. Sehingga tidak ada uang yang terlewatkan dari pengawasanmu. Bagi kamu yang belajar mengenai manajemen keuangan, mengawasi keluar-masuknya uang sudah menjadi “makananmu” sehari-hari

Bisa Mengatur Keuangan

creativewealthprinciples.com
creativewealthprinciples.com

Sering mungkin kamu mendengar curhatan teman yang merasa susah untuk mengatur keuangan. Akibatnya saban bulan selalu “lebih besar pasak daripada tiang”. Padahal kalau ditanya “buat apa saja?” pasti teman ini akan menjawab “entahlah, tiba-tiba habis begitu saja..”

Dengan belajar manajeman keuangan ini, kamu akan belajar bagaimana caranya untuk merencanakan keuangan. Kamu pun bakal belajar bagaimana membuat anggaran keuangan. Kamu akan pandai bagaimana cara mengelola uang, menyimpan uang, mengendalikan uang sampai melakukan pemeriksaan terhadap uang yang sudah dipakai.

Pendeknya, kamu jadi lebih mahir untuk mengatur keuangan secara ideal. Sehingga setiap pergerakan uang akan selalu berada dalam radar pengawasanmu.

Jadi Lebih Tertata

sakinafinance.wordpress.com
sakinafinance.wordpress.com

Tidak ada lagi keuangan yang amburadul. Sebab keuanganmu kini jadi lebih tertata. Kamu akan melaksanakan setiap tahapan atau pun fungsi keuangan dengan baik. Tentu juga dengan catatan yang tertulis membuat keuanganmu rasanya jadi lebih teratur.

Efeknya bagi hidupmu, kamu akan merasa hidupmu lebih ter-manage dengan baik. Tidak ada lagi kekacauan soal catatan keuangan. Sebab kamu akan mencatatnya dengan rapi.

Pandai Mengambil Keputusan Keuangan

ratchetinfotech.com
ratchetinfotech.com

Kamu pun jadi lihai dalam mengambil sebuah keputusan keuangan. Apa yang perlu kamu putuskan, kamu analisis secara seksama sampai akhirnya kamu memilih keputusan keuangan yang terbaik. Kamu lihat lebih dulu kondisinya, seperti apa situasinya, lalu kamu pun mencoba mencari sejumlah alternatif keputusan. Baru setelah itu kamu pilih mana keputusan keuangan yang terbaik untuk diambil.

Hal ini sangat berguna kamu terapkan bukan saja nantinya di dunia kerja, tapi juga ketika menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan bekal ilmu manajemen keuangan ini kamu bakal belajar bagaimana menyelaraskan keuangan dengan tujuan finansial yang ingin kamu capai. Sehingga itu yang kemudian dijadikan dasar dalam setiap pengambilan keputusan yang kamu lakukan.

Pandai Membuat Laporan Keuangan

asm.edu.sg
asm.edu.sg

Belajar manajemen keuangan berarti akan membuatmu akrab dengan laporan keuangan. Laporan keuangan penting sebagai alat untuk mendapatkan gambaran dan situasi keuangan yang terjadi. Dengan begitu, kamu pun tahu kondisi terkini dan tahu apa yang kemudian harus dilakukan.

Di dunia kerja, adanya laporan keuangan jelas dibutuhkan perusahaan. Begitupun kalau nantinya kamu berumah-tangga, penting juga punya laporan keuangan. Meski tidak harus seformal dan selengkap laporan keuangan untuk perusahaan, tapi kamu bisa buat laporan keuangan keluarga yang sederhana.

Yang penting dengan laporan ini kamu jadi tahu arus keluar-masuk keuangan serta akhirnya tahu bagaimana kondisi keuangan di keluarga. Bagi istri, memiliki kemampuan semacam ini bakal lebih disayang suami. Sebab kamu bisa mempertanggungjawabkan dengan jelas uang yang kamu kelola tiap bulannya untuk kebutuhan keluarga.

Akan Dengan Mudah Memulai Bisnis Sendiri

pexels.com
pexels.com

Bagi kalian yang masih berfikir dan belum yakin untuk belajar mengenai manajemen keuangan, mungkin hal yang satu ini dapat kalian jadikan pertimbangan. Mungkin kalian perha bermimpi untuk menjadi seorang pengusaha sukses yang memiliki bisnis multinasional. Banyak hal yang harus kalian lakukan untuk mencapai hal tersebut. Bagaimana cara memulai usaha, menjalankan usaha hingga dapat kalian lepaskan menjadi asset.

Disaat memulai usaha, kalian dituntut harus berani dan spekulatif. Namun, segi keamanan perlu kalian pertimbangkan untuk menjaga keberlangsungan bisnis. Oleh karenanya, diperlukan manajemen risiko dan rencana menghadapi berbagai kemungkinan terburuk. Manajemen risiko ialah proses untuk memahami, mengevaluasi, dan menanggulangi risiko untuk memaksimalkan kesempatan mencapai tujuan dan memastikan keberlanjutan bisnis kalian. Beberapa resiko yang perlu kalian perhatikan ialah resiko finansial, strategis dan tentunya cara menanggulangi resiko terebut.

  • Resiko Finansial

Saat menjalankan usaha sendiri, risiko finansial yang mungkin kalian hadapi antara lain masalah utang, permodalan, kebangkrutan dan kerugian. Banyak sekali bisnis baru yang  gagal karena membuang-buang waktu dan uang untuk membuat sesuatu yang tidak diinginkan oleh siapa pun.

Berdasarkan hal diatas, jika kalian ingin memulai usaha sebaiknya jangan langsung menanamkan modal besar. Adapun,  kuncinya adalah memulai usaha dengan risiko yang bisa ditoleransi. Dapat kalian mulai dengan modal kecil, beradaptasilah, pahami bisnis kalian, setelah benar-benar nyaman baru perluas usaha kalian.

  • Resiko Strategis

Sedangkan risiko strategis mencakup manajemen dan reputasi bisnis kalian. Untuk dapat melakukan manajemen risiko, kalian perlu memahami risiko apa yang  kalian temui.  Saat memulai usaha haruslah diperlukan rencana bisnis yang mencakup analisa SWOT yang terdiri dari  kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Selain itu, analisa keuangan termasuk proyeksi Break Event Point atau titik di mana keuntungan yang kalian dapat sudah menutupi modal yang dikeluarkan untuk usaha.

  • Cara Menanggulangi Risiko

Biasanya, kebanyakan perusahaan kecil tidak memiliki modal untuk menanggulangi dampak risiko ini. Pasalnya, penipuan, pencurian, atau kerugian yang signifikan dapat mengganggu kelangsungan usaha bahkan seringkali dapat menghancurkan usaha. Perkara  itu terjadi karena usaha menengah dan kecil tidak melengkapi bisnis mereka dengan perlindungan.

Dikutip dari artikel Steve Strauss dalam entrepreneurmag.co.za , menjelaskan bahwa pengusaha cerdas melakukan langkah berikut untuk memastikan risiko tidak menjadi kecil.

  1. Asuransi dapat mengurangi risiko. Sebagai pebisnis, kalian harus mengasuransikan toko, ruko, atau aset kalian.
  2. Perizinan. kalian perlu mengurus izin usaha ke otoritas terkait.Perkara ini dilakukan untuk melindungi aset pribadi kalian dari risiko dan kesalahan bisnis.
  3. Membuat Kontrak Tertulis atau MoU merupakan perlindungan kalian terhadap segala kemungkinan terburuk.

Pada saat sebelum memulai usaha, pastikan kalian memiliki cukup tabungan dan dana darurat untuk biaya hidup sehari-hari sebelum usaha memperoleh keuntungan.

Untuk menjalankan segala macam hal diatas, tentu diperlukan ilmu yang cukup. Salah satunya dengan mempelajari manajemen keuangan. Manajemen keuangan merupakan dasar bagi kalian yang ingin terjun ke dunia bisnis. Tanpa ilmu ini kalian ibarat pergi berperang tanpa membawa senjata.

Bidang Keuangan merupakan bidang mengenai keterampilan analitis tingkat tinggi dan penilaian pribadi mengenai kondisi keuangan suatu perusahaan. Keuangan membutuhkan kemampuan analisis yang kuat, tetapi juga tingkat kemahiran yang dibutuhkan untuk beroperasi di lingkungan ketidakpastian. Dengan menguasai ilmu manajemen keuangan, kalian akan dengan mudah menjalankan bisnis pribadi kalian!

Mengetahui Keadaan Keuangan

mengetahui keadaan keuangan
aplikasijualan.com

Sebagai alat bantu dalam mengambil keputusan ekonomi, baik dalam pengelolaan keuangan pribadi atau perusahaan. Anda juga dapat mengetahui kondisi dan status keuangan anda dan bagaimana kemungkinannya di masa yang akan datang.

Selain itu, jika anda seorang bankers atau kreditor, belajar manajemen keuangan juga sangat bermanfaat dalam menetapkan atau mengantisipasi tingkat resiko yang berhubungan dengan pinjaman atau kredit yang diberikan.

Dan jika anda seorang wakil serikat buruh atau semisalnya, anda akan mendapatkan gambaran kemantapan dan tingkat laba dari perusahan yang anda kelola.

Pintar Berinvestasi untuk Masa Depan

pintar berinvestasi
pixabay.com

Jika anda pintar dalam hal manajemen keuangan, anda tidak hanya bisa mengetahui keadaan atau kondisi keuangan yang akan datang. Tapi anda juga menjadi pintar dalam melihat peluang bisnis atau analisa investasi untuk masa depan anda.

Seseorang yang pintar dalam manajemen keuangannya tidak akan membiarkan kondisi keuangannya diam saja atau membiarkannya keluar masuk tanpa adanya penghasilan tambahan.

Terkadang, tanpa terasa ide mengalir begitu saja untuk melarikan keuangannya agar lebih bermanfaat dan berlipat lebih dengan menginvestasikannya. Dengan begitu, masa depan seseorang yang pintar dalam manajemen keuangan lebih cerah dan terjamin.

Menjadi Orang Kepercayaan di Bagian Keuangan

menjadi orang kepercayaan
hipwee.com

Jika anda pintar dalam hal manajemen keuangan, anda akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan di bagian keuangan.

Karena posisi tersebut merupakan posisi yang paling sentral dan jarang seseorang yang membidanginya, sehingga anda lebih di untungkan dengan tigkat persaingan yang rendah namun tingkat kebutuhannya tinggi.

Contoh yang nyata saja di Indonesia ada Ibu Sri Mulyani yang pada masa pemerintahan SBY menjabat sebagai Menteri Keuangan. Ibu Sri Mulyani ditarik oleh Bank Dunia untuk bekerja disana karena kinerjanya yang sangat bagus.

Lebih Berpeluang untuk Menjadi Orang Kaya

berpeluang menjadi orang kaya
playbuzz.com

Memang benar pepatah yang mengatakan Hemat pangkal kaya.

Seseorang yang mampu menghemat keuangannya adalah orang yang pintar dalam manajemen keuangan.

Dengan begitu, sangat kecil kemungkinan kondisi keuangannya untuk minus. Orang yang pintar dalam manajemen keuangan selalu menjaga kondisi keuangannya jangan sampai minus atau berhutang.

Dia selalu berusaha menstabilkan kondisi keuangannya meski dalam kondisi terburuk. Dengan keadaan yang demikian  akan membuat dirinya terus berfikir dan mengembangkan ide bagaimana agar kondisi keuangannya tidak jatuh dan justru semakin naik dan baik.

Sehingga terbentuklah karakter jiwa seorang pengusaha dari pengalamannya itu dengan pondasi yang kuat. Jika dilihat, semua orang kaya di dunia ini adalah orang-orang yang pintar dalam manajemen keuangan. Sehingga jika anda belajar manajemen keuangan peluang untuk menjadi orang kaya semakin besar.

Belajar Menjadi lebih Bermanfaat bagi Orang Lain

belajar menjadi orang bermanfaat
elizato.com

Jika kita belajar manajemen keuangan, berarti kita telah masuk dalam dunia baru yang akan selalu bergelut dengan uang. Yang mana uang tersebut bisa menjadi lantaran kebaikan atau menjadi penyebab kerusakan bagi manusia.

Banyak orang yang gagal dalam mengendalikan sesuatu yang disebut dengan “uang”. Dengan mempelajari manajemen keuangan berarti kita mencoba memperbaiki kualitas hidup kita, karena banyak orang yang hidupnya menjadi amburadul sebab tidak bisa mengatur keuangannya dengan baik.

Sebaliknya, orang yang mampu mengatur manajemen keuangannya dengan baik akan lebih besar peluangnya memberi manfaat bagi orang lain, setidaknya tidak merepotkan atau meminta bantuan keuangan kepada orang lain.

Dengan begitu, belajar manajemen keuangan dapat diartikan juga dengan belajar memperbaiki diri menjadi lebih baik dan belajar untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.

Meningkatkan Kesadaran Akan Ancaman Yang Tidak Di Inginkan

ancaman keuangan
chip.co.id

Seperti yang kita tahu bahwa dalam sebuah keluarga, kemampuan dalam melakukan manajemen keuangan itu sangat dibutuhkan. Terlebih lagi jika memiliki beberapa penghasilan dari sumber yang berbeda-beda. Apabila manajemen keuangan itu tidak dilakukan, maka uang yang kita miliki bisa saja keluar-masuk secara tidak terkontrol. Bahkan dalam kasus ini banyak orang yang terlihat kaya dengan penghasilan yang cukup setiap bulannya namun dalam kesehariannya tetap merasa kurang dan masih meminjam uang ke sana kemari demi memenuhi kebutuhan hidupnya yang tidak terkontrol.

Nah untuk itu dengan kita melakukan manajemen keuangan setiap hari secara rutin dan berkelanjutan, maka secara otomatis aktivitas tersebut bisa lebih meningkatkan kesadaran kita akan ancaman-ancaman yang mungkin saja bisa terjadi khususnya dalam masalah keuangan pribadi. Mungkin saat ini kita masih berjaya dalam bidang keuangan, namun bisa saja suatu saat kita mengalami bangkrut atau memiliki masalah keuangan lainnya di kemudian hari, oleh karena itu dengan kita memiliki kemampuan manajemen keuangan tentu kita bisa mengantisipasinya.

Selain itu apabila kita memiliki kesadaran lebih terhadap sesuatu yang tidak di inginkan, maka kita juga bisa mengalokasikan sebagian dana yang dimiliki untuk di tabung dan hanya digunakan ketika ada kebutuhan-kebutuhan yang mendesak saja.

Menjadi Lebih Disiplin Dalam Menggunakan Anggaran Yang Ada

disiplin keuangan
marketing.co.id

Jika kita telah memiliki kemampuan manajemen yang baik, maka tidak akan ada lagi dana pengeluaran yang tidak terduga karena bisa dipastikan kita sudah memprediksikan apa saja dan ke mana saja uang itu akan digunakan. Selain itu kita juga kan menjadi lebih disiplin dan tidak mudah terpengaruh oleh hasrat atau keinginan-keinginan untuk membeli barang maupun kebutuhan yang tidak terlalu penting.

Di samping itu rasa disiplin itu juga pasti akan tertular kepada anggota keluarga kita, sehingga secara tidak langsung kita menanamkan perilaku berhemat kepada anak-anak kita. Namun bukan berarti kita harus pelit terhadap sesuatu yang berhubungan dengan uang, hanya saja kebiasaan tersebut diterapkan dalam hal-hal yang memang semestinya.

Menjadi Lebih Tenang, Nyaman dan Damai Dalam Menjalani Kehidupan

lebih tenang dan nyaman dalam menjalani hidup
futuready.com

Mungkin semua orang juga memikirkan hal yang sama bahwa faktor keuangan itu menjadi hal yang paling penting dalam sebuah perusahaan ataupun dalam sebuah keluarga. Apabila keuangan dalam keluarga bisa dikelola dengan baik ancaman-ancaman dalam bidang keuangan juga akan bisa kita minimalisirkah.

Selain itu bisa kita tebak pula bahwa seseorang yang mampu mengelola keuangan keluarganya dengan baik maka bisa dipastikan bahwa seseorang tersebut akan lebih tenang, nyaman dan damai dalam menjalani hidupnya. Mengapa demikian? karena dia telah mengetahui dan mengatur keuangannya untuk beberapa hari ke depan. Oleh karena itu penting bagi kita menguasai skill manajemen keuangan demi meningkatkan kualitas hidup kita menjadi lebih baik.

Dapat Memprioritaskan Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer merupakan kebutuhan pokok (utama) yang dibutuhkan oleh manusia meliputi papan, sandang dan pangan. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, makan kelangsungan hidup manusia akan menjadi terganggu.

Contoh dari kebutuhan primer adalah makanan (pangan) yang meliputi sembilan bahan pokok yaitu beras, gula pasir, garam, daging, sayur-sayuran dan buah-buahan, minyak goreng, susu, minyak tahan atau gas untuk memasak.

abiummi.com
abiummi.com

Yang tidak kalah penting adalah pakaian (sandang) yang berfungsi untuk menutup aurat, menghangatkan tubuh dan masih banyak lagi. Sebenarnya tanpa pakaian, manusia masih dapat bertahan hidup namun bisa terjadi kedinginan, masuk angin dan tidak bisa berbaur dengan orang lain.

Selain makanan dan pakaian, manusia juga membutuhkan yang namanya tempat tinggal (papan). Sama halnya dengan pakaian, manusia masih dapat hidup tanpa tempat tinggal seperti orang pada masa purba yang tinggal dengan cara berpindah tempat. Namun tanpa tempat tinggal, manusia tidak dapat terlindungi dari segala macam cuaca, angin malam yang dingin, binatang buas dan tentu saja di zaman sekarang ini harta benda tidak dapat dilindungi tanpa adanya tempat tinggal.

Dengan kemampuan mengatur keuanganmu yang meningkat maka otomatis kamu jadi bisa memprioritaskan apa saja yang perlu dibeli dan tidak perlu dibeli. Dengan melihat laporan keuangan yang ada, kamu jadi lebih berpikir lagi dengan apa yang perlu kamu beli sehingga tidak ada lagi uang yang terbuang sia-sia untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

Tapi jangan harus hati-hati, kebutuhan-kebutuhan primer pun dapat dikategorikan atau berubah menjadi kebutuhan sekunder apabila penggunaannya berlebihan. Seperti membeli pakaian mahal untuk menunjukkan status sosial, makan di restoran mewah dan membeli rumah serta perabotan-perabotan yang mahal dan mewah sudah tidak termasuk sebuah kebutuhan primer.

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan primer tidak hanya sekedar sandang, pangan dan papan namun juga pendidikan, informasi, kesehatan, teman, keamanan, ketrentaman, hubungan sosial yang keberadaannya sangat diperhitungkan oleh orang lain dalam menunjukkan kemampuan dan prestasi seseorang.

Menjadi Lebih Menikmati Kebutuhan Sekunder

wallpapershome.com
wallpapershome.com

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang sifatnya untuk melengkapi kebutuhan primer dan memiliki tujuan agar kehidupan manusia berjalan lebih baik. Jadi kebutuhan ini lebih ke tujuan penyegaran otak seperti wisata, rekreasi, hiburan, olaraga dan barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan tapi harus ada di dalam setiap rumah seperti televisi, kulkas, komputer, kendaraan dan lain-lain.

Dengan pengelolaan uang yang baik serta terpenuhinya kebutuhan primer kita, maka kita bisa memenuhi kebutuhan sekunder dengan melihat sisa uang yang ada pada catatan keuangan kita. Dengan begitu, uang tidak habis begitu saja disebabkan tidak dicatat dan dikelola dengan baik.

Banyak manusia yang tidak mengelola dan mencatat pemasukan dan pengeluaran uangnya habis tanpa dia sadari. Bahkan yang lebih parah adalah banyak orang yang terjerat hutang yang terus bertumpuk dan bertumpuk hanya karena membeli kebutuhan sekunder secara berlebihan menggunakan pinjaman dari bank tanpa melihat kondisi keuangannya.

Menjadi Lebih Hemat

gudanginspirasi.com
gudanginspirasi.com

Hemat pangkal kaya adalah pepatah yang sangat sering kita dengar. Dengan kemampuan dalam mengatur keuangan, kita bisa hidup dengan lebih hemat. Selain mengatur keuangan, ada tips-tips yang bisa dilakukan agar hidup lebih hemat lagi.

1. Belanja di pasar tradisional yang harganya sudah pasti lebih murah daripada di pasar swalayan
2. Menghemat penggunaan listrik dan air di rumah
3. Menggunakan produk-produk hemat energi seperti lampu hemat energi, ac hemat energi dan alat-alat elektronik hemat energi lainnya
4. Menggunakan transportasi umum

Ya, itulah tadi manfaat kalau kamu ambil studi jurusan manajemen keuangan. Tentu masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan. Kamu akan merasakannya langsung saat sudah mempelajarinya.

Tinggalkan komentar