Bagaimana Cara Menerapkan Manajemen Media Massa yang Baik dan Benar

Kata Manajemen awalnya berasal dari bahasa Prancis kuno, yaitu ménagement. Makna dari ménagement ialah seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen itu sendiri masih belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.

Mary Parker Follet misalnya, seorang pekerja sosial untuk Amerika, seorang konsultan, dan pengarang berbagi buku dalam bidang demokrasi mendefinisikan, bahwa manajemen ialah suatu seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

Salah seorang ahli manajemen Ricky W. Griffin mendefinisikan pula, bahwa manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai goals secara dan efisien.

Makna paling umum saat ini manajemen adalah proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk mecapai suatu goals yang telah ditetapkan.

 

Bagaimana Cara Menerapkan Kebijakan dan Strategi yang Tepat Dalam Manajemen Media Massa

science.china.com.cn
science.china.com.cn
  • Semua kebijakan harus didiskusikan dengan semua personel, baik itu manajer dan staf-nya.
  • Manajer harus mengerti apa, dimana dan bagaimana mereka akan menerapkannya.
  • Rencana akan sebuah tindakan harus diberitahukan pada setiap bagian departemen.
  • Kebijakan dan strategi harus diperiksa kembali secara berkala.
  • Perencanaan cadangan harus dipersiapkan pula kalau sekiranya akan ada perubahan rencana.

 

Fungsi Manajemen Media Massa

plus.google.com
plus.google.com

Manajemen media massa beroperasi melalui bermacam fungsi, biasanya manajemen ini digolongkan pada perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan atau motivasi dan pengaturan.

  • Perencanaan: Memutuskan apa yang harus terjadi pada esok hari dan yang akan datang seterusnya. Serta membuat rencana yang tepat untuk dilaksanakan.
  • Pengorganisasian: Membuat list penggunaan maksimal dari sumber daya yang dibutuhkan, guna untuk melaksanakan rencana dengan baik dan efektif.
  • Kepemimpinan dan Motivasi: Memakai kemampuan kepemimpinan untuk membuat yang sumber daya lain mengambil peran dengan efektif pula dalam mencapai suatu rencana yang sedang dijalankan.
  • Pengendalian: Monitoring atau memantau kemajuan rencana yang berjalan, yang mungkin membutuhkan perubahan tergantung apa yang terjadi nantinya.

Tujuan utama dari manajemen ialah bagaimana supaya institusi keredaksian dapat berjalan dengan baik, dan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.

Tinggalkan komentar