Manfaat yang Terkandung dalam Segelas Air Es

Semua orang pastinya tahu dengan yang satu ini. Ya, walaupun tidak semua orang menyukainya, namun ketenaran air es sudah menyebar disemua kalangan masyarakat. Untuk kita sebagai masyarakat indonesia khususnya, meminum air es merupakan anugerah terbesar yang pernah ada. Hal ini disebabkan letak geografis kita yang berada di daerah tropis.

Tahukah kamu bahwasannya segelas air dingin dapat melepaskan semua rasa haus yang timbul sesaat setelah kita bangun tidur. Yang dimaksud dengan air es disini adalah air yang memiliki suhu rata-rata 15 derajat celcius.

Atau mungkin air es yang dimaksud adalah air yang di dalamnya ditambahkan dua hingga tiga balok es yang mengapung. Tapi ingat, air es yang menyehatkan itu bukan air yang di simpan semalaman di Freezer hingga membeku. Hal ini harus dipahami agar tidak salah sangka nantinya.

Lalu apa sajakah manfaat yang kita dapatkan jika kita mengkonsumsi air es? Penasaran? Berikut ulasannya.

Menormalkan Suhu Tubuh

clean-water
http://www.wholeparent.com/

Air dingin memiliki peran sebagai penurun suhu tubuh dan menggantikan semua elektronik dan cairan yang hilang melewati keringat. Entah itu ketika berolahraga atau mungkin juga ketika sehabis bangung tidur. Hal ini dikarenakan tak jarang orang yang berkeringat ketika tidur.

Segelas air yang sejuk akan membantu tubuh kita menetralkan kembali suhunya. Selain itu air dingin juga akan membuat pembuluh darah menjadi menciut dan membuat pori-pori kulit menutup. Dengan demikian, pengeluaran suhu panas pada tubuh akan berkurang.

Mengganti Cairan

Kids-running
http://cdn-media-1.lifehack.org/

Ketika kita selesai melakukan aktifitas olahraga, maka sejatinya suhu tubuh kita akan meningkat. Para pakar merekomendasikan agar kita meminum air sejuk di saat olahraga atau sesudahnya. Hal ini dilakukan agar semua cairan tubuh yang hilang bisa tergantikan kembali.

Meminum air dingin ketika berolahra sangat dianjurkan. Namun, masih tetap pada batasan suhu tertentu. Meminum air yang terlalu dingin akan membuat kinerja jantung melemah.

Mengatur Metabolisme Tubuh

man_drinking_water_0
http://www.ogmassage.com/

Ketika berolahraga, sebagian aktifitas organ tubuh akan lebih meningkat. Terutama bagian organ tubuh jantung beserta otot. Dengan demikian, secara spontan tubuh kita akan mengeluarkan keringat agar suhu tubuh menjadi normal kembali.

Jika kita meminum air sejuk disaat setelah olahraga maka denyut nadi dan jantung akan lebih rendah dan teratur. Selain itu tubuh juga akan terasa bugar lebih lama.

Menurunkan Berat Badan

glasses-ice-water-stock-today-tease-151019_85bd2770d65967aa124b756c6d4efb62
http://media2.s-nbcnews.com/

Pada umumnya, ketika seseorang telah selesai melakukan olahraga maka perutnya akan merasa lapar. Namun jika dituruti, maka jumlah kalori pada makanan akan menumpuk. Meminum air dingin akan membuat perut kita lebih merasa kenyang.

Selain itu, kekurangan minum akan membuat aliran darah menuju otak terganggu. Darah membawa semua oksigen yang diperlukan untuk kebutuhan aktifitas otak. Jika kita kekurangan air maka seseorang akan menjadi pusing dan kebingungan. Segelas air sejuk akan menormalkan rasa itu.

Mencegah Dehidrasi

635879128334023237-1832508506_thirsty2
http://cdn1.theodysseyonline.com/

Air dingin yang kita minum secara otomatis akan menambah kadar air yang terkandung dalam tubuh. Secara tidak langsung, hal ini akan menggantikan semua air yang hilang melalui keringat saat aktifitas berlangsung. Tubuh terhindar dari dehidrasi dan semua organ penting juga akan terlindungi.

Selai itu air sejuk juga bisa menyeimbangkan sistem kinerja limpa, memaksimalkan cairan dan fungsi tubuh dan juga memperkuat sistem imunitas serta mencegah infeksi

Satu pemikiran pada “Manfaat yang Terkandung dalam Segelas Air Es”

Tinggalkan komentar