7 Rahasia Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuhmu

Air merupakan salah benda yang teramat penting untuk kehidupan manusia. Air merupakan sumber kehidupan makhluk hidup. Air digunakan makhluk hidup untuk berbagai kebutuhan, terutama sumber energi.

Saking pentingnya, air bisa dijadikan salah satu indikator terdapatnya sebuah kehidupan di sebuah tempat. Bahkan sebagian besar tubuh manusia adalah cairan.

Oleh manusia air digunakan untuk mandi, memasak dan paling penting adalah untuk diminum. Minum air putih memang menjadi kebutuhan sehari-hari. Kekurangan air putih bisa menganggu kesehatan manusia.

Semaju-majunya teknologi untuk membuat minuman terbaik, air putih tetap menjadi pilihan nomor 1 untuk diminum. Mau tahu alasanya? berikut ini berbagai manfaat air putih untuk manusia.

 

Menyehatkan Ginjal

dedaunan.com
dedaunan.com

Ginjal memiliki fungsi utama untuk menyaring darah. Ginjal akan mengeluarkan racun-racun dan kotoran yang terdapat dalam darah. Minum air putih yang cukup bisa membuat ginjal menjadi lebih sehat.

Air putih membantu meringankan kerja ginjal sehingga ginjal bisa tetap bekerja dengan maksimal walaupun di usia senja.

Mengontrol Berat Badan

www.huffingtonpost.com
www.huffingtonpost.com

Beberapa jenis diet sering menganjurkan untuk minum air putih yang banyak untuk memaksimalkan proses menurunkan berat badan.

Air putih ternyata memang sangat baik untuk mendapat berat badan yang proporsional. Air putih membantu proses pembakaran lemak yang ada pada tubuh. Tidak heran setelah minum banyak air biasanya tubuh kamu juga akan berkeringat.

Memperlancar Buang Air Besar

cloverjelly.com
cloverjelly.com

Buang air besar yang rutin adalah salah satu indikator kesehatan seseorang. Buang air besar yang berlebihan atau susah buang angin besar bisa menjadi gejala bahwa seseorang sedang mengalami sakit tertentu.

Minum air putih yang cukup dan rutin bisa memperlancar buang air besar. Segera minum air putih setelah bangun tidur, karena biasanya kontraksi anus untuk buang air besar sering terjadi pada pagi hari.

Menjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh

www.alvogenors.com
www.alvogenors.com

Sebagian besar tubuh manusia adalah cairan. Jumlahnya sekitar 60 persen dari tubuh manusia. Cairan dalam tubuh berguna untuk berbagai hal seperti membantu transportasi nutrisi melalui darah, mengatur suhu tubuh dan pencernaan makanan.

Selain itu keseimbangan cairan dalam tubuh juga sangat penting, jika kekurangan maka, kamu akan terkena dehidrasi yang bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Meningkatkan Konsentrasi

www.wisegeek.com
www.wisegeek.com

Dengan minum air 2 liter sehari, kamu bisa meningkatkan fungsi kerja otak. Sehingga ketika melakukan suatu pekerjaan, otak kamu dapat berkonsentrasi dengan baik. Hal itu disebabkan karena sistem saraf berjalan dengan lancar.

Mengurangi Kelelahan

www.flickr.com
www.flickr.com

Setelah olahraga atau pada saat olahraga, yang paling dicari orang adalah air putih? mengapa? ketika sedang melakukan olahraga, biasanya kamu akan berkeringat, keringat tersebut membuat cairan di tubuh kamu berkurang. Sehingga dengan minum air putih cairan tubuh tetap ada dan kamu kembali bisa beraktifitas.

Selain itu, jika mengalami kelelahan yang luar biasa, otot juga bisa mengalami kram. Kram terjadi karena otot kekurangan cairan, sehingga otot mengalami ketegangan. Dengan mengkonsumsi air putih, cairan pada otot akan tetap tersedia sehingga dapat mencegah kram.

Membuat Kulit Halus dan Cerah

www.getgawjus.com
www.getgawjus.com

Kamu ingin kulit halus dan cerah? cukup dengan air putih, kamu bisa mendapatkan kulit impianmu. Mengapa bisa begitu? air putih memiliki sifat untuk mengeluarkan racun yang terdapat dalam tubuh. Dengan begitu racun-racun yang berada pada kulit yang menyumbat pori-pori juga bisa cepat dikeluarkan.

Pori-pori kulit yang tidak tersumbat akan membuat cairan pada kulit mudah sekali keluar, sehingga bisa menghindari jerawat sekaligus membuat kulit bersinar cerah.

Tinggalkan komentar