Bandotan Tanaman Kecil Namun Sarat dengan Manfaat

Manfaat Bandotan – Setiap manusia pasti menginginkan yang namanya kesehatan, oleh karena itu kita sering melihat banyak dari manusia yang rela mengeluarkan biaya yang banyak demi menjaga kesehatan mereka.

Berbicara mengenai kesehatan, apakah anda pernah melihat atau mendengar bandotan?

Bandotan adalah sejenis tanaman yang secara bentuk tidaklah terlalu istimewa, namun jika kita mengamati dan memperhatikan lebih jauh, ternyata bandotan memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita.

Bandotan (Ageratum conyzoides) adalah sejenis gulma pertanian anggota suku Asteraceae.  Disebut juga sebagai babandotan ataubabadotan (Sd.); wedusan (Jw.); dus-bedusan (Md.); rumput balam (Ptk.); serta Billygoat-weed, Goatweed, Chick weed, atau Whiteweed dalam bahasa Inggris, tumbuhan ini mendapatkan namanya karena bau yang dikeluarkannya menyerupai bau kambing. (Sumber Wikipedia).

Berikut saya akan jelaskan 5 macam manfaat dan kasiat yang dimilki oleh bandotan.

agwingallery.blogspot.com
agwingallery.blogspot.com

1. Menyembuhkan Luka Bakar


Apakah anda memilki luka bakar atau luka gores di kulit anda?

Jika demikian maka anda bisa memanfaatkan tumbukan bandotan sebagi terapi penyembuhan luka bakar anda.

Oleskan tumbukan bandotan setiap harinya di bagian luka bakar anda, maka sedikit demi sedikit akan mengurangi dan menyembuhkan luka bakar anda.


2. Mengobati Sakit Dada


Apakah anda memiliki masalah pada dada anda?

Apakah anda sering merasakan sakit pada dada anda?

Jika anda memiliki keluhan tersebut, anda bisa mencampurkan rebusan bandotan yang kemudian dicampurkan dengan sedikit garam, minumlah setiap harinya dengan rutin, maka akan mengurangi sakit pada dada anda.


3. Mengobati Sakit Perut


Jika anda sedang mengalami sakit perut, maka anda bisa menjadikan tumbukan bandotan sebagai serbuk yang kemudian anda campurkan dengan sedikit air.

Oleskan campuran air dengan serbuk bandotan di bagian perut and yang sakit, maka secara perlahan sakit perut yang anda rasakan akan sedikit berkurang.

Itulah 3 manfaat bandongan yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel mengenai manfaat tanaman beluntas.

 

Tinggalkan komentar