Si Mungil Jamblang dan Serba-serbi Khasiatnya

Jamblang merupakan salah satu buah tropis pada pohon seperti cemara dan memiliki khasiat sebagai obat herbal. Jamblang atau biasa disebut jambolan ini memiliki nama latin Syzygium cumini. Nama lainnya diantaranya jambul, indian blackberry dan java plum. Pohon jamblang memiliki kayu yang kokoh, daunnya berbentuk elips dan bertekstut kasar, bunga berwarna putih kehijauan yang wangi serta buah lonjong berwarna ungu gelap, enak dimakan.

mangkoko.com

Pohon jamblang tumbuh di daerah India, Untuk panjang dalam periode sejarah yang tercatat, pohon jamblang diketahui tumbuh di sub-benua India, Bangladesh, Burma, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, dan Indonesia.

Manfaat buah jamblang antara lain,

Meningkatkan hemoglobin

Buah Jamblang mengandung vitamin C dan zat besi. Zat besi merupakan komponen pembentuk sel darah merah hemoglobin. Zat besi yang berasal dari nabati atau tumbuhan lebih sulit diserap tubuh dan dibentuk menjadi hemoglobin dibanding zat besi yang berasal dari hewani.

Kesehatan jantung

Buah jamblang bermanfaat untuk mengobati penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke karena 100 gram jamblang mengandung sekitar 55 mg kalium yang berguna bagi kesehatan. Makan teratur buah jamblang dapat membantu mencegah pengerasan arteri.

Mengobati diabetes

Jamblang merupakan buah yang memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak cepat meningkatkan gula darah. selain itu jamblang juga membantu mengubah gula menjadi energi sehingga kadar gula darah tidak terlalu tinggi. Jamblang juga mencegah munculnya gejala diabetes seperti sering haus dan kencing.

Anti bakteri

Buah jamblang juga efektif mengobati diare, infeksi kulit dan infeksi mulut  karena jamblang mengnadung zat yang membantu membunuh bakteri.

Antioksidan

Buah jamblang mengandung antioksidan polifenol yang membantu menangkal radikal bebas yang sekaligus mencegah terjadinya kanker.

Kecantikan kulit

Jamblang juga mengandung antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit, vitamin C untuk pembentukan kolagen sehingga kulit lebih kencang serta mengobati jerawat.

Bagian yang bermanfaat dari buah jamblang adalah batang, kulit batang, daun, bunga, buah dan biji serta minyak essensialnya. Namun, bagian yang paling populer sebagai obat adalah biji dan buah jamblang.

 

Tinggalkan komentar