10 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Buah manggis dikenal dengan nama ilmiah sebagai Garcinia Mangostana. Manggis adalah pohon cemara tropis yang diyakin oleh sebagian orang berasal dari Indonesia dan banyak tersedia di beberapa kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Buah manggis sering dipuja sebagai ratu buah tropis dikarenakan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Di bawah ini adalah manfaat dari buah manggis yang baik untuk kesehatan tubuh.

 

Mencegah Penyakit Jantung

jamutradisionalmujarab.com
jamutradisionalmujarab.com

Buah manggis mengandung zat antioksidan alami dan antimikorbial pada buah manggis dapat membuat buah ini sangat bermanfaat untuk mebantu tubuh kamu dalam menstabilkan kinerja dan elastisitas pembuluh darah, sehingga dengan lancarnya elastisitas pembuluh darah, yang bisa membuat kamu terhindar dari serangan sakit jantung.

Menyembuhkan Penyakit Kanker

Gejala kanker
espanol.rfi.fr

Buah manggis juga memiliki senyawa xamthone atau senyawa anti-kanker yang bermanfaat memperlambat proses tumbuhnya sel-sel kanker pada usus besar, dan kanker hati. Bahkan kandungan xanthone juga dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab penyakit leukemia.

Menangkal Radikal Bebas

http://www.garou-graphics.com/
http://www.garou-graphics.com/

Buah manggis juga memiliki kandungan Catechins yang terbukti efektif dan berguna dibandingkan vitamin C dan vitamin E dalam melawan radikal bebas yang ada pada tubuh kamu. Dokter Frederc Templeman menulis sebuah buku yang berjudul “A Doctor Challenge, A Mansosteen Solution”, beliau menyarankan bahwa pada saat mongsumsi buah manggis setiap harinya, akan mendapatkan zat antioksidan lebih banyak dibandungkan suplemen manapun yang ditawarkan dalam obat-obatan lainnya.

Mengurangi Berat Badan

Obesitas
healthydunia.com

Tahukah kamu bahwa, kegemukan terjadi akibat membran sel di dalam tubuh kamu mudah membesar dan mengeras. Sel ini sebenarnya dapat diatasi oleh zat xanthones yang terdapat di dalam buah mangis. Zat tersebut dapat melunakkan kembali sel-sel dan dengan cepat akan mengubah zat makanan menjadi energi. Kondisi inilah yang akan membuat kamu lebih sehat dan pada saat bersamaan bisa mengatasi kegemukan.

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
http://www.ceritamedan.com

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga terjadi karena adanya gangguan pada pembuluh darah, hal ini sangat beresiko terhadap penyakit jantung dan stroke. Buah manggis dapat mengatasi hal tersebut, terutama untuk menormalkan kembali berat badan.

Memelihara Pencernaan

huffingtonpost.com
huffingtonpost.com

Semakin berumur seorang manusia, maka secara ilmiah semakin kurang pula zat asam di dalam perut. Kondisi ini akan meningkatkan bakteri di dalam perut sehingga dapat menimbulkan penyakit diare, kemampuan usus dalam menyerap makanan semakin berkurang dan kelebihan gas. Gejala-gejala seperti ini sebenarnya dapat diatasi oleh zat xanthones yang terdapat pada buah manggis. Xanthones beranfaat dalam mengatasi kelebihan bakteri, dan menyeimbangakn kembali kerja perut.

Menjaga Saluran Kencing

http://landwplumbing.com/
http://landwplumbing.com/

Secara alamiah dan betambahnya usia, kemampuan otot-otot pinggul pada wanita akan menurun. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap saluran kencing. Demikian juga dengan pria yang akan mengalami pembesaran prostat sesuai dengan bertambahnya usia. Hal ini juga dapat menimbulkan infeksi karena bakteri-bakteri yang tidak berguna, tidak dapat dikeluarkan secara menyeluruh melalui saluran kencing. Zat xanthones yang ada pada buah manggis termasuk salah satu zat yang dapat mengaktifkan antibakteri.

Mengobati dan Mencegah Diabetes

Gejala Diabetes
www.iran-daily.com

Salah satu penyakit kronis yang banyak dialami oleh manusia adalah diabetes. Untuk membantu proses penyembuhan kamu sangat disarankan untuk mengonsumsi buah mangis yang mengandung zat-zat yang dapat menormalkan kembali tekanan darah, memulihkan energi dan zat yang dapat mengurangi kelebih gula dalam darah.

Memelihara Kemampuan Mental

Menyiapkan mental berjuang dengan beribadah
ibtimes.co.uk

Gangguan atau kerusak pada otak yang banyak dialami oleh manusia adalah demensia, Alzherimer, Parkinson, stroke dan lain-lain yang dapat merusak sistem syaraf pusat. Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu sangat disarankan mengonsumsi buah mangis yang banyak mengandung zat antioksidan. Zat inilah yang dapat mencegah mental degeneration (penurunan kemampuan mental)

Mencegah Gangguan Penglihatan

Penglihatan Mulai Kabur
deviantart.net

Katarak atau glukoma adalah salah satu gangguan penglihatan akibat radiasi yang menghilangkan protein pada lensa mata. Gangguan inilah yang dapat diatasi dengan menghindari sinar matahari secara langsung dengan menggunakan kaca mata dan mengonsumsi buah manggis yang kaya akan antioksidan.

Tinggalkan komentar