40+ Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

MANFAAT BUAH PISANG – Pisang adalah makan favorit bagi siapa pun yang menyukainya, sebuah jenis tumbuhan yang mudah ditemukan hampir di seluruh pulau Indonesia.

Selain buahnya atau yang biasa kita kenal dengan jantung pisang, biasanya dijadikan sayuran, karena hampir semua bagian dari pisang itu dapat dikonsumsi, bahkan dibeberapa daerah seperti papua, batang pisang juga bisa diolah jadi makanan.

Tak lupa juga daun pisang sering dijadikan pengemas makanan tradisional misal tumpeng yang memilik puncuk khas dari sunda.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang pentingnya kenapa kita harus mengkonsumsi buah ini, karena banyak sekali manfaat buah pisang serta kegunaannya bagi kesehatan tubuh. Cobalah perhatikan hal-hal berikut ini.

Kaya Akan Vitamin dan Serat

Manfaat Buag pisang Kaya Akan Vitamin dan Serat
feriandyraynando.blogspot.com

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat dan lima kali lipat vitamin A dibandingkan apel.

Bahkan selain itu, pisang juga kaya akan postasium. Juga terkandung di dalamnya vitamin B-6 yang dapat membantu mencegah diabetes, menurunkan berat badan, memperkuat jaringan syaraf, dan membantu produksi sel darah putih.

Sehingga sangat disarankan, jika kamu ingin sehat, rutinlah untuk mengkonsumsi buah pisang.

Mengobati Sakit Maag

Manfaat buah pisang untuk Mengobati Sakit Maag
youtube.com

Nah, selain ramuan herbal, ternyata buah pisang bisa menjadi solusi disaat kita terserang maag. Pisang memiliki zat penangkal asam yang ada dalam tubuh, maka jika sakit maag menyerang, makanlah buah pisang walau tidak sepenuhnya bisa langsung menyembuhkan.

Setidaknya buah pisang bisa mencegah dengan mengurangi rasa sakit akibat maag.

Sebagai Masker untuk Mengobati Jerawat

Manfaat Buah Pisang Sebagai Masker untuk Mengobati Jerawat
mdwincorp.com

Jangan takut jika kamu memiliki jerawat pada muka, kamu bisa menggunakan masker buah pisang. Caranya sangat mudah, pertama hancurkan daging pisang tetapi sudah terlihat cukup matang (menguning), ambil secukupnya lalu oleskan pada kulit wajah yang terkena jerawat.

Setelah itu diamkan selama 15-30 menit langsung bersihkan dengan air dingin. Lakukan cara ini secara rutin hinga jerawat benar-benar hilang.

Meningkatkan Mood

Manfaat Buah Pisang Meningkatkan Mood
globe-views.com

Wah, selain sebagai obat yang bisa mengatasi jerawat dan maag, ternyata buah pisang ini juga bermanfaat membantu meningkatkan suasana hati.

Pisang mengandung kimia bernama trytophan, yang dapat membantu mood tetap stabil dan kamu akan tetap tenang saat melakukan hal-hal positif sepanjang hari. Pisang juga bisa membantu meredakan Seasonal Affective Disorder. Jadi, makanlah pisang jika kamu sedang galau hehe.

Sebagai Sumber Energi

Manfaat Buah Pisang Sebagai Sumber Energi
sp.beritasatu.com

Seperti yang telah di sampaikan pada pembahasan di atas bahwa, pisang memiliki kandungan karbohidrat yang menjadi sumber energi pada tubuh.

Jika kita mengkonsumsi dua buah pisang dalam sehari, maka dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kadar gula darah, dan menambah energi saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Dengan rutin memakan pisang dapat mencegah terjadinya kram ketika di malam hari atau di saat melakukan olahraga.

Menyembuhkan Luka Bakar

Manfaat Buah Pisang untuk Menyembuhkan Luka Bakar
tjskl.org.cn

Kamu punya luka bakar? Jangan takut, karena dengan pisang semua akan terselsaikan hehe. Caranya sangat simple sekali, kamu cukup menghaluskan buah pisang, setelah itu langsung deh oleskan pada daerah kulit yang terluka (terbakar).

Walau tidak langsung menyembuhkan, setidaknya olesan pisang ini dapat mengurangi rasa sakit pada luka bakar tersebut. Dan insya Allah hasilnya akan terlihat setelah 2-3 hari jika kamu rutin untuk mengoleskannya pada luka.

Kaya Akan Potasium

Manfaat Buah Pisang kaya kan potasium
sabdho.wordpress.com

Ternyata buah pisang ini sangat bermanfaat dalam mengalirkan oksigen ke otak. Menurut badan kesehatan Amerika (FDA), pisang memiliki kandungan giji yang kaya akan potasium dan rendah garam, sehingga kandungan pada buah pisang akan membantu sirkulasi oksigen ke otak dan mencegah tekanan darah tinggi, penyakit stroke hingga serangan jantung.

Sumber Kalsium

Manfaat Buah Pisang kaya akan kalsium
www.sridianti.com

Jika kamu memakan buah pisang manfaatnya adalah membantu untuk mencegah penyakit kanker ginjal dan melindungi mata. Terhadap degenerasi makula serta membentuk tulang yang kuat dengan meningkatkan penyerapan kalsium.

Memakan pisang juga dapat mencegah terbuangnya kalsium ketika buang air kecil. Untuk mencegah atau mengobati penyakit osteoporosis sebaiknya lebih rutin untuk mengkonsumsi buah pisang.

Karena buah kuning yang satu ini memeliki kandungan kalsium yang sangat tinggi, dapat juga menyehatkan tulang dan memperbaiki tulang yang kropos.

Pemulihan Diri dari Dampak Merokok

www.areadewasa.com

Kamu yang berhenti merokok, pisang akan membantu untuk memulihkan tubuh kamu agar terhindar dari serangan kanker. Karena buah ini mengandung kadar tinggi vitamin B serta kalium dan magnesium yang akan membantu kamu untuk mempercepat pemulihan dari dampak merokok.

Nah bagi kamu perokok aktif atau non aktif untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh rokok, mengosumsi buah pisang dapat memulihkan kembali dan mencegah zat-zat nikotin agar tidak kembali lagi. Karena zat tersebut yang akan membuat merusak sistem organ dalam tubuh. Berhati-hatilah!

Tinggi Akan Antioksidan

pinkhope.org.au

Pisang memiliki antioksidan yang sangat tinggi yang akan memberikan perlindungan dari radikal bebas serta penyakit kronis. Dampak radikal bebas akan mengakibatkan turunnya daya tahan tubuh, gangguan pencernaan, jantung, diabetes, parkinson, gangguan syaraf otak dan juga kanker.

Nah, agar terhindar dari radikal bebas, kamu dapat mengkonsumsi pisang setiap hari untuk menjaga metabolisme dalam tubuh, tidak mudah terserang penyakit.

Sebetulnya zat antioksidan banyak sekali manfaatnya. Karena zat ini akan selalu aktif untuk menjaga kamu dalam mencegah datangnya radikal bebas, yang selalu berkeliaran di sekitar kita.

Memproduksi Bakteri Baik

i.huffpost.com
i.huffpost.com

Pisang akan bertindak sebagai prebiotik, yang merangsang pertumbuhan bakteri baik dan menjaga sistem kerja lambung dari bakteri jahat. Bahkan buah kuning ini juga memproduksi enzim pencernaan yang berguna untuk membantu tubuh kamu dalam menyerap dengan baik nutrisi pada makanan.

Dalam buah pisang banyak sekali memproduksi bakteri baik, yang dapat mengobati beragam penyakit seperti, gatal-gatal, alergi dan penyakit lainnya. Mengosumsi buah pisang secara rutin akan membuat kamu terlindungi dari bakteri atau virus.

Membuat Kamu Pintar

blog.brainfacts.org
blog.brainfacts.org

Pisang akan membantu sistem kerja otak dalam membantu dalam kamu belajar dan agar lebih waspada lagi terhadap segala hal. Nah, makan pisang sebelum ujian dapat menjadi sebuah keuntungan tersendiri.

Karena adanya tingkat tingginya kalium, yang akan membantu meningkatkan sistem kecerdasan otak. Mengosumsi pisang akan membuat daya tahan kamu lebih meningkat lagi.

Apalagi kalau makan pisang akan memberimu konsentrasi kamu lebih tinggi, yang akan memberikan kamu nilai plus saat menghadapi ujian. Ketika sistem kerja otak kamu meningkat, keseimbangan tubuh akan semakin meningkat juga.

Kandungan Vitamin B-6

ronnyallan.wordpress.com
ronnyallan.wordpress.com

Di dalam buah pisang terkandung vitamin B-6 yang sangat berfungsi menghindarkan dirimu dari penyakit diabetes tipe II.

Selain itu, kandungan ini juga berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah putih dan memperkuat sistem saraf sehingga kondisi tubuh pun semakin kuat dan tahan terhadap penyakit serta virus yang menyerang.

Diantara fungsi lain dari vitamin B-6 adalah bisa menyembuhkan bengkak atau memar yang disebabkan luka. Selain terdapat di pisang, vitamin B-6 juga bisa kamu temukan di makanan lainnya semisal kalkun, kentang serta buncis.

Waktu Terbaik untuk Memakan Pisang

voiceleading.wordpress.com
voiceleading.wordpress.com

Mengonsumsi pisang harus pada waktu yang tepat agar manfaatnya lebih terasa. Ia tidak bisa sembarang dikonsumsi sebagai cemilan atau malah makanan pokok pengganti nasi, kecuali hendak melakukan aktifitas berat seperti olahraga, maka ini diperbolehkan.

Memakan pisang di waktu-waktu senggang dapat membantu menstabilkan gula darah. Waktu tersebut sekitar pukul 09.00 pagi, 14.00 siang dan setelah makan malam. Mengonsumsi pisang pada pukul 04.30 atau setelah subuh juga berfungsi melancarkan sistem pencernaan.

Mendinginkan Suhu Badan

mushroomali.blogspot.com
mushroomali.blogspot.com

Penanganan penyakit demam tinggi harus dilakukan dengan segera. Apabila belum mendapati obat, mengonsumsi pisang akan membantu menurunkan suhu tubuh badan untuk sementara waktu, sebagai penanganan awal terhadap penyakit.

Hal ini karena kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Selain itu, apabila kondisi cuaca di luar sedang panas-panasnya, memakan 2 buah pisang akan mendinginkan tempreatur suhu tubuh kita sehingga rasa panas pun akan berkurang.

Karena khasiatnya ini, di eropa, pisang juga disebut sebagai cool fruit. Oleh karena itu, baiknya kamu juga terus menjaga stok buah berwarna kuning ini di rumah,

Pisang sebagai Pengoptimal Sistem Pencernaan

hariansehat.com

Untuk kesehatan, pisang bisa bekerja sebagai prebiotik yang merangsang tumbuhnya bakteri baik pada usus. Bakter baik tersebut akan memproduksi enzim pencernaan yang berguna untuk mempercepat penyerapan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

Apabila kamu terserang diare, tentu saja badan akan terasa sangat lemas, bukan? Sehingga hal tersebut menghalangi prokdutifitas sehari-hari.

Pada masa-masa ini, mengonsumsi pisang adalah pilihan yang tepat, karena ia akan berfungsi sebagai penenang saluran pencernaanmu serta membantu memulihkan elektrolit yang banyak terbuang setelah diare.

Manfaat Pisang bagi Ibu Hamil

www.harianaceh.co.id
www.harianaceh.co.id

Zat asam folat merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan asam folat sangatlah berperan penting pada pembentukan serta perkembangan saraf, otak serta sumsum tulang belakang si kecil.

Pisang sendiri merupakan salah satu buah dengan kandungan asam folat terbanyak yang otomatis, dengan mengonsumsi pisang secara teratur akan mengurangi kemungkinan bayi terlahir secara prematur dan cacat.

Selain asam folat, pisang juga kaya akan kalsium. Menurut penelitian, di setiap 200 gram pisang akan mengandung 10 mg kalsium alami. Kalsium sendiri sangat bermanfaat pada kelancaran pertumbuhan bayi di dalam perut serta akan memperlancar neurotransmitter pada masa kontraksi otot di dalam kandungan.

Manfaat Pisang Untuk Diet

manfaat-pisang-untuk-diet
instagram.com

Pisang memiliki unsur yang baik untuk menurunkan berat badan secara efektif. Karena itu, buah pisang akan sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin mencoba untuk diet.

Sebuah tangkai pisang tunggal memiliki kurang lebih 108 kalori, yang kalau dihitung dalam jumlah karbohidrat berjumlah 17,5 gram .  Tubuh kita memerlukan karbohidrat yang tinggi untuk fungsi tubuh yang lebih sehat.

Pisang juga memiliki kandungan vitamin, serat, dan mineral yang tinggi, serta mengandung zat pektin yang bisa membuat kamu terasa lebih kenyang untuk waktu yang lama.

Hal inilah yang menjadikan pisang menjadi salah satu cemilan alternatif untuk kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Tak hanya itu saja, pisang juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat membantu lebih efektif dalam penurunan berat badan.

Terlebih, kandungan yang terdapat dalam sebuah pisang seukuran enam inci memiliki sekitar 90 kalori baik, yang membuatnya jauh lebih rendah daripada kalori yang terdapat pada permen

Mencegah Penyakit Jantung

inewbiee.com
inewbiee.com

Manfaat dari buah pisang untuk kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Apalagi, buah pisang juga sudah menjadi rekomendasi para dokter dalam bidang kesehatan.

Hal ini juga sudah dibuktikan oleh para ilmuwan dan ahli, bahwa kandungan yang terdaat pada buah pisang bisa meminimalisir dan mencegah, atau bahkan sampai menghilangkan penyakit jantung.

Untuk menjaga kesehatan jantung seseorang, kandungan yang terdapat pada buah pisang memiliki efek antasid, sehingga bila mana seseorang merasa hatinya seperti terbakar, cukup memakan buah ini maka akan meringankan rasa sakitnya.

Kandungan kaliumnya yang tinggi dan natrium yang rendah dalam buah pisang juga bermanfaat dalam  membantu proses pengaturan keseimbangan cairan dalam tubuh dan elektrolit, sehingga dampaknya pun tekanan darah akan lebih stabil.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakuakn, kandungan yang ada pada buah tropis ini menunjukkan adanya unsur kalium dalam jumlah tinggi pada pisang, sehingga bisa membantu menurunkan tekanan darah seseorang dan menjadi suatu tonik yang baik untuk kesehatan jantung orang yang mengkonsumsinya.

Dapat Mengatasi Hipertensi

blog.dentalplans.com
blog.dentalplans.com

Hipertensi adalah sebuah julukan yang digunakan untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan zat kalium.

Nah, karena ada zat kalium yang terdapat di dalam buah pisang, alhasil manfaatnya bisa membantu untuk mengatur keseimbangan cairan, dan elektrolit yang ada di dalam tubuh, sehingga akhirnya tekanan darah pun akan lebih stabil.

Terlebih, kandungan serat alami yang tinggi di dalam buah pisang, juga mampu untuk mengikat dan mencegah lemak jahat yang bisa berpotensi membentuk plak, dan menimbulkan naiknya tekanan darah pada tubuh kita.

Tak hanya itu saja, salah satu manfaat pisang yang paling berkhasiat adalah, memperkuat fungsi sistem kardiovaskular pada tubuh.  Mengapa? Hal ini disebabkan karena adanya kandungan zat potassium alami pada pisang yang sangat tinggi.

Potasium adalah suatu mineral yang sangat dibutuhkan untuk menjaga tingkat tekanan darah dalam tubuh supaya tetap dalam kondisi yang normal, dan berfungsi dengan baik.

Satu buah pisang yang berukuran sedang mengandung kurang lebih 400 mg potassium.

Apabila kamu mengkonsumsinya secara teratur, tentunya akan sangat berpengaruh untuk mencegah tekanan darah tinggi, dan melindungi kesehatan tubuh dari aterosklerosis.

Menjaga Kesehatan Mata

afashionshub.com
afashionshub.com

Buah pisang juga memiliki sejumlah vitamin A yang cukup tinggi dan baik untuk kesehatan mata.

Senyawa ini, membantu untuk melindungi membran yang mengelilingi mata, dan merupakan salah satu komponen dari protein baik yang membawa cahaya ke kornea mata.

Dengan asupan vitamin A yang cukup untuk mata, pastinya juga akan mengurangi risiko kebutaan dan berkurangnya kemampuan penglihatan sehari-hari.

Wanita, kurang lebih  membutuhkan 700 mikro gr vitamin A setiap harinya, dan pria membutuhkan kurang lebih 900 mikro gr.

Nah, satu buah pisang seukuran 6 inci, memiliki hampir 10 mikro gram vitamin A di dalam serat alaminya, sehingga akan memberikan dampak yang lebih untuk kesehatan mata kita.

Terlebih, buah pisang juga mengandung zat alpha karoten dan beta karoten yang dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A untuk membantu menjaga kesehatan mata kita.

Kaya Kalium

www.suggest-keywords.com
www.suggest-keywords.com

Buah pisang memiliki kandungan kalium yang banyak. Kalium atau juga bisa disebut potassium, adalah salah satu jenis mineral yang berbentuk kation (ion positif primer). Kation tersebut berada di dalam sel-sel tubuh manusia. Umumnya, setiap 100 milliliter dari serum darah terkandung 4 sampai 5 miligram kalium. Dan ada 420 miligram kalium menyebar di dalam sel-sel darah merah.

Berbicara mengenai fungsinya. Kalium memiliki peran yang sangat penting untuk menyempurnakan fungsi dari otot dan syaraf di dalam tubuh. Bukan hanya itu, kalium juga dapat mengoptimalkan dalam proses penyimpanan glukosa ke dalam bentuk glikogen. Bersama dengan sodium juga klorida, kalium dapat mengontrol kadar atau tingkat air pada tubuh.

Maka dari itu keberadaan kalium di dalam tubuh memiliki peran yang sangat penting. Hal ini dikarenakan kalium memiliki fungsi yang mirip seperti fungsi protein, yaitu berfungsi dalam pembentukan-pembentukan sel, jaringan, dan organ-organ di dalam tubuh manusia.

Kalium di dalam makanan bisa terserap dengan mudah sampai 90% di usus kecil. Akan tetapi, kalium dapat mudah rusak, sekaligus hilang jika terdapat pada makanan dengan suhu panas. Sifat dasar kalium yang mudah larut membuat kalium juga terdapat di dalam keringat dan urine. Oleh karena itu, setiap hari tubuh kita selalu membutuhkan asupan kalium yang baru untuk menggantikan kalium-kalium yang telah hilang.

Bila tubuh kekurangan kalium, maka kondisi tubuh akan mengalami ketidak sempurnaan dan berpotensi terjangkit berbagai macam gangguan seperti kelelahan, refleks yang lambat, sakit kepala, imsomnia, kelemahan otot, detak jantung yang lambat dan tidak teratur, kulit kering, berjerawat sampai pada masalah pencernaan seperti diare hingga sembelit dan muntah-muntah.

Menjaga Tekanan Darah

tekanan-darah
Pisang juga dapat menjaga tekanan darah karena pisang memiliki kandungan kalium atau potassium yang tinggi. Kandungan seperti magnesium, folat, kalium, riboflavin dan niacin sangat bermanfaat untuk para wanita yang sudah usia lanjut (40 tahun ke atas) yang seringkali mengalami tekanan darah tinggi.

Dikarenakan kandungan kaliumnya yang dapat menjaga tekanan darah, maka dapat pula menekan resiko stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.

Sebagaimana yang kita ketahui, penyakit tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya. Karena memiliki resiko yang tinggi terhadap stroke dan dapat menyebabkan kematian pada seseorang.

Hipertensi sering menjadi problem di kalangan masyarakat. Penyakit ini adalah penyakit berbahaya nomor empat selain HIV aids dan jantung. Jadi kita semua wajib tahu dan selalu waspada akan bahaya penyakit ini.

Penyakit hipertensi atau darah tinggi banyak dialami oleh orang-orang yang telah lanjut usia. Akan tetapi saat ini bukan hanya pada orang lansia saja tapi juga banyak anak-anak remaja yang masih muda sudah terjangkit penyakit hipertensi atau darah tinggi.

Jangan pernah menganggap remeh terhadap penyakit hipertensi ini, karena kamu tidak akan pernah tahu, efek apa yang bisa kamu alami dari penyakit ini. Jika kamu ingin tahu apakah kamu terjangkit penyakit hipertensi atau tidak, kamu bisa melakukan pemeriksaan ke dokter, dengan melakukan tensi darah untuk mengetahui tekanan darah di dalam tubuh.

Jika kamu saat ini sudah tahu betapa pentingnya menjaga tekanan darah, kamu bisa mengkonsumsi buah pisang setiap hari. Buah pisang merupakan asupan alami yang dapat menjaga tekanan darah dalam tubuh. Sehingga kamu akan terhindar dari penyakit hipertensi.

Buah pisang mengandung zat  kalium yang bisa membantu menjaga tekanan darah. Mengkonsumsi kalsium, kalium, serta magnesium dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Buah pisang kaya akan kalium, kalsium, dan magnesium, sehingga buah pisang merupakan salah satu pilihan yang sehat untuk menurunkan tekanan darah anda.

Menghaluskan Kulit Wajah

kulitkering.org
kulitkering.org

Selain berguna untuk mencegah dan menghilangkan jerawat, buah pisang juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit wajah. Bagi kamu yang mempunyai kulit wajah yang kasar, kamu bisa mencoba menggunakan buah pisang sebagai masker.

Caranya yaitu dengan menghaluskan buah pisang kemudian tambahkan madu secukupnya. Setelah itu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan beberapa menit sampai mengering. Setelah agak mengering, kamu bisa memncucinya sampai bersih.

Gunakan cara ini secara rutin dan lihat perbedaannya, kulit wajahnmu akan terlihat lebih halus.

Mencerahkan Kulit Wajah

http://majalahouch.com/
http://majalahouch.com/

Setiap wanita pasti menginginkan mempunyai kulit wajah yang halus dan putih bersih. Buah pisang bisa kamu manfaatkan untuk membantu mencerahkan kulit wajah. Jadi, kamu tidak perlu repot mengeluarkan uang banyak untuk melakukan perawatan wajah di salon. Cukup gunakan cara alami dengan memanfaatkan buah pisang.

Seperti cara di atas, buatlah masker berbahan dasar pisang. Lakukan secara rutin dan teratur. Setelah beberapa kali penggunaan, kamu akan melihat perbedaan yang nyata, wajahmu akan tampak lebih halus dan cerah.

Mengencangkan Kulit Wajah

http://infokecantikan.co/
http://infokecantikan.co/

Buah pisang mengandung vitamin E yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, vitamin E juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah. Untuk mendapatkan khasiat buah pisang ini kamu bisa mengolahnya menjadi masker wajah.

Ya, gunakanlah masker wajah dari buah pisang secara rutin dan teratur. Kamu akan mendapatkan kulit wajah yang kencang  setelah menggunakan masker wajah dari pisang beberapa kali.

Mengangkat Sel Kulit Mati

www.money.id
www.money.id

Selain enak dikonsumsi, ternyata buah pisang juga mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan kesehatan kulit. Salah satu diantaranya yaitu buah pisang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Setiap wanita pasti tidak menginginkan mempunyai kulit wajah yang kusam dan berminyak. Masker dari buah pisang merupakan solusinya. Dengan menggunakan masker dari olahan buah pisang, kamu bisa menjadikan wajahmu menjadi tampak lebih bersih. Ya, masker buah pisang ini bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit wajah.

Kaya Vitamin C

http://www.naturalhealth365.com/
http://www.naturalhealth365.com/

Allah Swt berfirman dalam surat Al- Waqiah ayat 27-29 yang artinya “dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada diantara pohon bidara yang tidak berduri dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya).”

Dari dulu buah pisang sudah terkenal dengan segudang manfaatnya. Para filsuf dari India menyakini buah pisang sebagai makanan pokok yang bisa membantu untuk berfikir dan merenung. Buah pisang mempunyai kandungan zat karbohidrat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh, diantaranya untuk memberikan kehangatan dan kekuatan pada tubuh.

Penduduk Uni Emirat Arab dalam setahun bisa mengonsumsi 41 kg buah pisang untuk setiap orangnya.  Penduduk Amerika dalam setahun mereka bisa mengonsumsi 10 kg buah pisang untuk setiap orangnya. Masyarakat diseluruh dunia pasti sudah pernah merasakan kelezatan buah pisang.

Masyarakat China biasa menggunakan pohon pisang sebagai pengobatan tradisional. Dengan segudang manfaatnya, buah pisang termasuk buah yang cukup istimewa. Buah pisang merupakan satu-satunya buah yang boleh dikonsumsi ketika masih mentah untuk penderita penyakit bernanah.

Keistimewaan manfaat pisang tersebut salah satunya karena pisang mempunyai kandungan vitamin C yang melimpah. Satu buah pisang cukup untuk memenuhi kebutuhan seperempat vitamin C yang dibuthkan oleh setiap anak kecil setiap harinya.

Selain kaya akan vitamin C, buah pisang juga mengandung banyak vitamin A dan B. Buah pisang termasuk kategori buah yang bebas dari kolestrol, jadi kamu jangan khawatir untuk mengonsumsi buah pisang.

Meningkatkan Kekuatan dan Kesehatan Otak

manfaat-buah-pisang-untuk-otak
www.livescience.com

Mengkonsumsi Buah pisang secara rutin sangat baik untuk kesehatan otak. Caranya dengan mengkonsumsi sebanyak 3 kali sehari setiap setengah jam sebelum makan.

Selain dapat menyehatkan otak, makan buah pisang secara rutin juga bisa meningkatkan kekuatan otak. Buah pisang dapat membantu otak untuk berfungsi secara maksimal. Buah pisang dapat membantu melepaskan energi secara perlahan, sehingga bisa membantu kerja otak.

Ada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 200 pelajar di Inggris, penelitian ini dilakukan menjelang ujian. Mereka diberi buah pisang untuk dimakan saat sarapan, istirahat dan makan siang. Setelah beberapa hari diberi makanan tambahan setiap kali makan, hasilnya sebagian besar siswa bertambah daya konsentrasinya sehingga membantu mereka dalam proses belajar.

Daya konsentrasi dapat meningkat karena buah pisang mengandung kalium yang sangat berguna untuk otak. Selain itu kandungan vitamin D yang terdapat pada pisang juga mempu mempertahankan aktivitas kerja sistem saraf.

Mengatasi Diabetes

manfaat-buah-pisang-untuk-diabetes
www.healthline.com

Diabetes termasuk salah satu penyakit yang paling banyak menyerang manusia di seluruh dunia. Umumnya penyakit diabetes disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat.

Bagi penderita penyakit diabetes, buah pisang dapat digunakan sebagai obat herbal alternatif untuk mengobatinya. Akan tetapi tidak semua jenis pisang dapat dimanfaatkan untuk mengobati diabetes.

Buah pisang yang berguna untuk penyakit diabetes tersebut adalah pisang khas daerah Gorontalo. Orang Gorontalo biasa menyebut pisang jenis ini dengan goroho.

Pisang goroho kaya akan sumber serat, kalium, vitamin C dan vitamin B6 yang sangat bagus untuk penderita diabetes. Vitamin C dalam buah pisang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kalium berguna untuk mengontrol tekanan darah, sedangkan vitamin B6 untuk meningkatkan mood.

Namun, kamu juga perlu tahu bahwa buah pisang mengandung karbohidrat, sehingga kamu perlu mengatur porsi dalam mengkonsumsi buah pisang agar kebanyakan.

Cara mengkonsumsinya yaitu pisang goroho dikukus dan dicampur dengan kelapa muda yang sudah dihaluskan (diparut). Campuran pisang goroho dan kelapa muda ini bisa dikonsumsi sebagai makanan tambahan untuk penderita diabetes.

Mengobati Anemia

manfaat-buah-pisang-untuk-anemia
www.achieveclinical.com

Anemia atau sering disebut kurang darah, adalah keadaan dimana tubuh mengalami penurunan jumlah sel darah merah, dengan kata lain hemoglobin dalam sel darah merah mengalami penurunan hingga di bawah batas normal.

Gejala anemia yang sering terjadi adalah mudah pusing, lelah dan lemas. Untuk mengatasinya kamu hanya perlu mengkonsumsi beberapa buah yang berguna untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah, salah satunya yaitu buah pisang.

Buah pisang mempunyai kandungan zat besi yang sangat tinggi sehingga berguna untuk mengatasi kekurangan sel darah merah pada penderita anemia (kurang darah). Untuk itu bagi penderita anemia sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah pisang setiap hari.

Caranya dengan mengkonsumsi 2 buah pisang setiap harinya secara rutin. Akan lebih baik jika buah pisang dikonsumsi setengah jam sebelum makan.

Membantu Meningkatkan Kesehatan Tulang

manfaat-buah-pisang-untuk-kesehatan-tulang
www.glorthopedics.com

Rutin mengkonsumsi buah pisang dapat membantu menyehatkan tulang. Hal ini karena kandungan mangan yang dimiliki buah pisang. Selain itu buah pisang juga mengandung bakteri probiotik yang mampu menyerap kalsium dalam tubuh, sehingga dapat membantu menguatkan tulang-tulang yang telah rapuh.

Mampu Menjaga Kesehatan Ginjal

Kesehatan Ginjal
majalahembun.com

Makanan yang sehat adalah makanan yang sangat membantu bahkan berperan penting dalam kesehatan tubuh manusia. Misalnya saja, bagi penderita batu ginjal. Tentu mereka harus pandai dan selektif dalam memilih makanan yang sehat. Karena jika tidak demikian maka akan berakibat buruk bagi kesehatannya.

Salah satu makanan sehat yang dapat mengurangi resiko bagi penderita batu ginjal adalah pisang. Kenapa pisang? Karna pisang merupakan nutrisi yang luar biasa. Dimana sebuah pisang yang matang memiliki kandungan kalium dan magnesium.

Nah, jika kita telusuri. Batu ginjal merupakan penyakit yang terbentuk dari senyawa kalsium yang terlalu tinggi dalam tubuh. Menurut Linus Pauling Insitute, kampus ternama di Amerika menyebutkan bahawa seseorang yang kekurangan kalium dalam asupan makanannya maka akan meningkatkan kadar kalsium yang dikeluarkan melalui urine.

Oleh karena itu, untuk menyeimbangkan kadar kalium dan kalsium dalam tubuh maka selayaknya mengkonsumsi pisang sebagai tambahan menu makanannya.

Kadar kalium yang dibutuhkan tubuh bagi orang dewasa adalah sebesar 4,7 gram per harinya.  Sedangkan untuk sebuah pisang terdapat kalium sebesar 422 miligram. Untuk mencukupi kadar tersebut maka Anda disarankan memakan pisang lebih kurang sebanyak 10 setiap harinya.

Selain itu kandungan magnesium yang dimiliki pisang dapat mencegah terbentuknya kristal pada ginjal. Hal ini senada dengan pernyataan yang dimuat oleh The University of Maryland Medical Centre bahwa dengan mengkonsumsi pisang akan mencegah terjadinya batu ginjal.

Dan yang harus dibatasi bagi penderita batu ginjal adalah mengurangi bahkan membatasi mengkonsumsi biji-bijian.

Buah pisang merupakan salah satu sumber kalium yang jika dikonsumsi secara rutin dalam jumlah yang tidak berlebihan, bisa menjaga kesehatan ginjal. International Journal of Cancer menyatakan bahwa buah pisang kaya akan senyawa fenolik antioksidan yang jika dikonsumsi dengan kubis dan sayuran hijau dapat menjaga kesehatan ginjal.

Mampu Meningkatkan Fungsi Saraf

Fungsi Saraf
healthylifeid.com

Saraf merupakan organ terpenting dalam tubuh. Apabila saraf sudah tidak berfungsi lagi makan tidak akan bisa diganti atau beregenerasi selayaknya sel kulit.

Saraf merupakan organ yang dapat menjalakan fungsi otak. Misalnya saja, apabila otak diperintahkan untuk menggerakkan mata, maka saraf akan bertindak atau memerintahkan mata untuk melihat. Oleh karena itu saraf merukan suatu organ yang penting bagi tubuh kita.

Agar dapat menjaga fungsi saraf berjalan dengan baik maka ada salah satu jenis buah yang dapat meningkatkan fungsi saraf. Buah tersebut adalah pisang.

Kenapa buah pisang? Selain warnanya yang kuning dan bervitamin C Pisang juga mengandung vitamin B yang fungsinya adalah meningkatkan fungsi saraf pada otak.

Oleh karenanya untuk meningkatkan fungsi otak tersebut mengkonsumsi pisang merupakan suatu pilihan yang baik dan sangat tepat.

Dokter kesehatan menyarankan agar setiap harinya kita dituntut untuk mengkonsumsi satu buah pisang. Boleh dikonsumsi pada sebelum sarapan atau pada sore hari.

Dengan menerapkan hal ini disetiap hari kita, mudah-mudahan  fungsi saraf kita berjalan dengan baik.

Mampu Mengurangi Resiko Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Kenapa demikian? Karena penyakit kanker adalah penyakit yang menggrogoti setiap fungsi organ tubuh kita. Menggrogoti secara perlahan-lahan.

Dokter kesehatan menyarankan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker maka kita senanntiasa mengkonsumsi makanan yang sehat dan alami.

Sehat disini bermakna adalah mengandung vitamin, kaya protein dan serat. Oleh karenanya salah satu buah yang dapat mengurangi resiko penyakit kanker adalah buah pisang.

Dengan mengkonsumsi pisang maka akan mengurangi resiko kanker. Terutama kanker usus. Karena usus sangat erat kaitannya dengan sistem pencernaan. Apabila usus telah mengalami kerusakan maka setiap makanan apapun yang masuk ke dalam tubuh akan sulit dicerna.

Pisang merupakan sumber yang kaya akan vitamin B yang bisa meningkatkan fungsi saraf. Kalium yang terkandung dalam buah pisang juga dapat meningkatkan kemampuan mental dan kemampuan dalam belajar.

Menurunkan Kolesterol

kreasitekno.co
kreasitekno.co

Sebagaimana yang kita ketahui, mempunyai kolesterol yang tinggi merupakan sumber dari bermacam-macam penyakit kelas atas. Mulai dari stroke, jantung, asam urat, dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Kolesterol tinggi atau dalam istilah kedokteran disebut hiperkolesterolemia merupakan satu keadaan dimana tingkat kolesterol dalam pembuluh darah seseorang melewati batas yang normal. Kolesterol ini adalah lemak jahat yang mana sebagian besar banyak mengendap dalam pembuluh darah seseorang.

Menurut WHO, sebanyak 35% dari jumlah total penduduk Indonesia mempunyai potensi besar bisa terkena kolesterol tinggi. Dengan kata lain sepertiga dari jumlah penduduk Indonesia memiliki resiko tinggi terkena penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah.

Kolesterol yang berlebih biasanya disebabkan oleh banyaknya mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan kolesterol yang tinggi dan kurangnya berolahraga. Selain itu, faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab memiliki kolesterol yang tinggi.

Dampak dari kolesterol yang tinggi, dimana kolesterol banyak yang mengendap pada dinding pembuluh darah, akan menyebabkan aliran darah terhambat. Dan apabila yang terhambat itu aliran darah yang menuju ke jantung, maka akan beresiko terkena penyakit jantung koroner.

Bila aliran darah yang tersumbat adalah aliran darah yang menuju ke otak, maka penyakit yang akan dideritanya adalah penyakit stroke, baik stroke ringan maupun stroke berat. Kolesterol yang tinggi juga bisa mengakibatkan rasa sakit pada dada bagian depan, pada lengan ketika orang tersebut melakukan kegiatan yang berat atau mengalami stres.

Nah, untuk menurunkan kolesterol yang tinggi merupakan salah satu dari khasiat pisang. Dengan memperbanyak mengkonsumsi pisang bagi para penderita kolesterol tinggi, maka bisa dipastikan kolesterol tersebut akan terus menurun. Jadi bagi kamu yang mempunyai penyakit yang berkaitan dengan kolesterol, pisang bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk menurunkan kolesterol kamu.

Buah pisang yang mengandung serat bernama pektin. Pektin adalah zat yang merupakan serat larut yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol. Menurut para peneliti, serat larut tersebut seperti pektin, psyllium, beta-glucan, dapat menurunkan kadar kolesterol LDL tanpa mengganggu kolesterol HDL.

Meredakan Sembelit

obatin.net
obatin.net

Sembelit merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan buang air besar. Orang yang terkena sembelit biasanya mengalami kesulitan buang air besar. Selain itu orang yang terkena sembelit biasanya juga mengalami pengerasan tinja sehingga membuat tinja tersebut sulit dikeluarkan dan si penderita sampai kesakitan untuk mengeluarkannya.

Dalam dunia kedokteran sembelit biasa disebut dengan konstipasi. Konstipasi yang parah disebut dengan obstipasi. Dan obstipasi yang sudah parah dapat menyebabkan penyakit kanker usus yang mengerikan.

Adapun hal-hal yang bisa menyebabkan sembelit adalah sebagai berikut:

  1. Mempunyai pola makan yang kurang teratur
  2. Dehidrasi
  3. Mempunyai aktivitas yang padat sehingga menyebabkan stress dan depresi yang mana hal itu juga bisa menimbulkan penyakit sembelit
  4. Sedang menderita panas dalam
  5. Kekurangan vitamin C
  6. Kekurangan makanan yang mengandung serat
  7. Sering menahan buang air besar
  8. Jarang berolahraga
  9. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat secara berlebihan
  10. Emosi yang terlalu berlebihan

Bagaimana cara mencegah sembelit? Berikut ini beberapa tips yang bisa membuat kamu semua terbebas dari sembelit:

  1. Mengubah pola makan menjadi teratur
  2. Rajin berolahraga
  3. Banyak minum air putih
  4. Membiasakan diri untuk melakukan buang air besar setiap hari
  5. Menjaga emosi
  6. Tidak makan makanan yang mempunyai kandungan lemak dan gula yang tinggi
  7. Tidak berlebihan dalam melakukan diet
  8. Tidak jajan sembarangan
  9. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat secukupnya seperti pisang dan lain-lain.
  10. Jangan pernah menahan buang air besar.

Dengan mengikuti tips di atas bisa dipastikan kamu akan terhindar dari penyakit sembelit yang kronis.

 

Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat kulit pisang untuk kesehatan dan kecantikan
jejamo.com

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit pisang mengandung kalium yang membuat sisa makanan ini menjadi spesial. Khususnya untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh.

Efek kalium bagi kulit adalah dapat membantu dalam proses pengencangannya. Adapun cara pengaplikasiannya tergolong mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Ambillah kulit pisang secukupnya
  2. Gosoklah ke bagian leher dan wajah kamu
  3. Biarkanlah beberapa saat
  4. Bilaslah dengan menggunakan air bersih

Dengan khasiat dari kulit pisang ini, kamu pun bisa pula mencegah terjadinya penuaan dini dan keriput.

2. Menghilangkan Kutil

Kalau kamu sedang  mengalami sakit kutil, kulit pisang juga bisa dijadikan sebagai salah satu obat untuk menyembuhkannya.

Tak hanya itu, kulit pisang pun dapat digunakan untuk mengatasi kulit yang kering, serta dapat melembabkan dan memperbaiki tekstur dari kulit kita.

3. Sebagai Obat Sakit Kepala dan Migrain

Tak banyak orang yang menyadari bahwa kulit pisang juga bisa dijadikan salah satu obat untuk menyembuhkan migrain / sakit kepala. Caranya pun tidak susah. Berikut ini 3 langkah mudahnya:

  1. Sediakanlah kulit pisang
  2. Tumbuklah hingga menjadi halus
  3. Tempelkanlah ke bagian dahi

4. Mencegah Memar dan Iritasi Kulit

Para ahli sudah menyepakati bahwa kulit pisang mengandung antioksidan dan mineral alami. Kandungan ini sangat membantu dalam meremajakan kulit dan dapat menyembuhkan memar dan iritasi pada kulit luar.

Nah, kalau kamu sedang mengalami gatal-gatal / iritasi pada kulit, silahkan ambil kulit pisang dan tempelkanlah pada area kulit yang gatal tersebut.

Lalu, biarkanlah sampai selama 1 malam (sampai pagi hari). Keesokan harinya, barulah boleh dibilas.

5. Sebagai Obat Sakit Psoriasis

Psoriasis adalah salah satu dari jenis penyakit kulit. Penyakit ini dapat dikenali dengan adanya tanda-tanda berupa kulit seperti bersisik yang berwarna keperakan yang ditambah dengan warna merah serta terasa gatal atau perih.

Kalau sampai sisik ini digaruk, bisa menjadi bintik pendarahan yang terasa sakit.

Nah, dengan menggunakan kulit pisang, penyakit psoriasis ini dapat diobati. Caranya mudah, yaitu dengan menggosokkan kulit pisang ke bagian tubuh yang sedang terkena psoriasis dengan merata.

Pada  awalnya, akan muncul warna kemerahan di kulit, tapi seiring waktu akan mereda dengan sendirinya.

6. Mengobati Luka

Kalau kamu sedang mengalami luka, maka kamu bisa mengobatinya dengan menggosokkan kulit pisang ke bagian luka secara merata. Lalu, silahkan lihat sendiri hasilnya.

7. Mempercantik Kulit dan Kekenyalannya

Khasiat dan manfaat dari kulit pisang untuk mempercantik kulit kamu juga bisa kamu dapatkan dengan cara yang mudah asalkan kamu mau melakukan hal-hal berikut ini dengan rajin.

Gosoklah kulit pisang pada wajah kamu sebelum kamu tidur dan biarkanlah sampai pagi. Setelah itu barulah kamu basuh dan bersihkan dengan air hangat.

8. Sebagai Pupuk Kompos Organik

Kulit pisang juga dapat dijadikan sebagai pupuk kompos organik yang serbaguna.

Hal ini memungkinkan karena kulit pisang mengandung kalium dan fosfor dengan kadar yang tinggi / banyak.

9. Mengobati Iritasi Gigitan Nyamuk

Kalau kamu sedang mengalami masalah iritasi yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk, silahkan gunakan kulit pisang untuk mengurangi pembengkakan kulit, iritasi, dan gatal yang kamu rasakan.

Caranya mudah, yaitu dengan menggosokkan kulit pisang pada bagian kulit yang terkena gigitan nyamuk.

10. Mengobati masalah Jerawat Membandel

Selain masker pisang, ternyata kulit pisang juga dapat dijadikan sebagai obat anti jerawat yang bisa dibilang ampuh.

Cukup dengan menggosok kulit pisang pada bagian wajah yang berjerawat, dan rasakan sendiri manfaatnya.

11. Mengkilapkan Barang Kulit dan Perak

Kalau kamu punya barang atau hiasan rumah yang dibuat dari kulit atau perak, kamu boleh mencoba trik ini untuk membuatnya tampak lebih mengkilap. Yaitu dengan cara membersihkannya dengan kulit pisang.

Hal ini memungkinkan karena kulit pisang juga bermanfaat untuk mengkilapkan semua benda yang berbahan dasar kulit dan perak.

12. Memutihkan Gigi

Kalau selama ini kamu mencoba berbagai produk pasta gigi atau pemutih gigi, kini silahkan coba cara memutihkan gigi dengan yang alami.

Yaitu dengan menggunakan khasiat dari kulit pisang. Caranya mudah kok:

  1. Gosoklah kulit pisang secara melingkar di seluruh gigi
  2. Lakukanlah dengan teratur selama 2 minggu berturut-turut
  3. Efek dari pemutihan akan kamu rasakan sangat berbeda

Mengurangi Risiko Stroke

Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu mengurangi stroke, hal ini dikarenakan jumlah kalium dalam jumlah banyak yang ada dalam buah pisang.

Mengurangi Risiko Kanker

Mengkonsumsi buah pisang secara rutin bisa mengurangi risiko serangan kanker, terutama kanker usus. Hal ini karena buah pisang kaya akan zsat antioksidan dan serat makanan.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Bakteri probiotik yang terdapat dalam buah pisang dapat dikatakan mempunyai kemampuan yang menakjubkan untuk menyerap kalsium dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah pisang secara teratur bisa membantu dalam membangun tulang yang lebih baik dan memperbaiki tulang yang rapuh.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat Buah pisang mengandung zat fructooligosaccharide yang berperan sebagai probiotik (bakteri ramah). Hal tersebut dapat merangsang pertumbuhan dan aktivitas probiotik dalam usus besar dan menghasilkan enzim yang bisa meningkatkan penyerapan nutrisi sehingga bisa meningkatkan kemampuan dalam pencernaan dan mencegah bakteri yang dapat merugikan tubuh manusia.

Mengatasi Luka Lambung

Buah pisang mengandung zat-zat tertentu yang bisa merangsang sel-sel yang membentuk lapisan perut, hal ini dapat mengatasi penyakit asam lambung. Zat tersebut juga dikenal dengan sebutan protease inhibitor dalam pisang yang bisa membantu menghilangkan bakteri pada perut yang menghasilkan sakit maag, sehingga melindungi terhadap berbagai kerusakan lambung dan menjaga agar tetap sehat.

Mencerahkan Kulit

Buah pisang mempuyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin c yang terdapat dalam buah pisang dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit. Berikut 2 cara membuat masker dari buah pisang yang dapat mencerahkan kulit anda :

  • Lembutkan setengah pisang yang sudah matang kemudian campurkan dengan 1 sdm cendana bubuk / pasta dan ½ sendok madu. Oleskan pada kulit dan biarkan selama 20-25 menit, lalu cuci dengan air hangat hingga bersih. Masker tersebut dapat bermanfaat untuk membersihkan kulit mati berlebih dan minyak, sehingga cocok untuk kulit berminyak.
  • Lembutkan satu buah pisang yang telah matang kemudiaan campurkan dengan jus lemon dari 1 buah lemon (sekitar 2-3 sdm). Oleskan pada kuli anda dan Biarkan selama kurang lebih 25 menit. Masker tersebut banyak mengandung vitamin C yang bisa mengurangi bintik-bintik dan noda pada kulit anda..

Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil

Banyak manfaat pisang untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang berada di kandungannya.  diantaranya adalah :

Kaya Akan Zat Asam Folat

Zat asam folat merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan asam folat sangatlah berperan penting pada pembentukan serta perkembangan saraf, otak serta sumsum tulang belakang si kecil.

Pisang sendiri merupakan salah satu buah dengan kandungan asam folat terbanyak yang otomatis, dengan mengonsumsi pisang secara teratur akan mengurangi kemungkinan bayi terlahir secara prematur dan cacat.

Selain asam folat, pisang juga kaya akan kalsium. Menurut penelitian, di setiap 200 gram pisang akan mengandung 10 mg kalsium alami. Kalsium sendiri sangat bermanfaat pada kelancaran pertumbuhan bayi di dalam perut serta akan memperlancar neurotransmitter pada masa kontraksi otot di dalam kandungan.

Membantu Pencernaan

Biasanya ibu hamil sering mengalami gangguan pencernaan dan perut mulas selama kehamilan dan hal ini akan mengakibatkan janin yang sedang tumbuh mengalami tekanan pada perut.

Di dalam buah pisang terdapat antacid yang akan menekan secresi. Buah pisang juga mengandung pectin yang membantu menormalkan mortilitas usus sehingga dapat  membantu melancarkan pencernaan.

Obat Diare Alami

Zat pectin selain menormalkan mortiltas usus juga dapat menurunkan serat agar mudah larut. Bagi ibu hamil serat dapat meringankan dengan cara menyerap kelebihan air yang ada di dalam tubuh. Maka dari itu manfaat pisang sangatlah penting untuk ibu hamil dan gelaja diare pun dapat diantisipasi.

Sebagai Oralit Alami untuk Ibu dan Bayi

Kehilangan cairan sangat mungkin dialami oleh ibu hamil. Dalam penanganan yang konservatif, elektrolit yang hilang akan menggunakan bahan asin sebagai gantinya. Untungnya buah pisang mengandung kalium, sehingga dapat dijadikan oralit bagi ibu hamil.

Tidak hanya itu manfaat buah pisang juga dapat untuk memadatkan tinja apabila terjadi diare akut. Khusus diare yang dialami oleh bayi, bisa menggunakan buah pisang pada hari pertama (untuk anak diatas 1 tahun dan berat badan lebh dari 7 kg) disertai biskuit, bubur dan tentunya ASI.

Sebagai Penyeimbang Darah

Diantara hal utama yang harus diperhatikan untuk ibu hamil adalah naik turunnya tekanan darah. Tentunya dengan pola makan sehat dapat menstabilkan tekanan darah dan ini bisa ditemukan dari manfaat pisang.

Kalium yang terdapat pada pisang akan membantu menjaga tekanan darah pada ibu hamil. Kalium juga meminimalisir nyeri kaki dan keram otot selama proses kehamilan.

Menurut penelitian, setidaknya ibu hamil perlu mengkonsumsi 4.700 miligram kalium. Zat mineral tersebut dapat mengurangi efek samping yang kurang baik dalam masa kehamilan termasuk dengan tingkat keparahan keram.

Meningkatkan Energi

Apakah kamu tahu ternyata pisang bisa menyediakan energi dengan cukup cepat loh. Apalagi jika pisang yang ditambahkan dengan susu. Secara alami, pisang mengandung tiga jenis gula sekaligus. Jenis gula ini antara lain fruktosa, glukosa dan sukrosa.

Di dalam Buah pisang terdapat 28 gram gula di setiap 225 gram beratnya. Terkhusus untuk ibu hamil yang sedang mengalami trimester terakhir dan paska melahirkan, manfaat pisang yang mengandung gula alami ini tentunya akan mudah dicerna sehingga dapat memberikan energi yang cepat untuk ibu hamil.

Cara Mengolah Buah Pisang

Buah bisang dapat dinikamti dengan beragam cara. Mulai dari yang mentah, panggang, bakar sampai tumis. Pisang juga dapat dimanfaatkan sebagai topping makanan, dessert maupun dijadikan keripik. Kamu bisa searching di google untuk bereksprimen agar tidak mudah bosan.

Dalam penilitian menunjukkan, pengolahan pisang yang dikombinasikan dengan susu dapat menekan sekresi asam lambung secara baik dan juga membantu melindungi terhadap ulcer pada lambung.

Pisang untuk Menyehatkan Jantung

Kandungan yang terdapat pada pisang yang kaya akan Kalium seperti potasium yang baik dan mineral yang sangat penting dalam menjaga mensetabilkan tekanan darah tinggi serta menjaga kesehatan dari fungsi jantung.

Peneliti mencari 40.000 pria ahli kesehatan amerika selama 4 tahun untuk menentukan dampak diet pada tekanan darah, pria yang mengkonsumsi kaya kalium, serta makanan tinggi magnesium dan sereal serat memiliki risiko substansial mengurangi stroke dan tekanan darah tinggi.

Manfaat ke2 dari pisang dengan melibatkan kandungan sterol, pisang merupakan makanan yang sangat rendah lemak (kurang dari 4% dari kalori mereka berasal dari lemak),  salah satu jenis lemak yang mereka mengandung dalam jumlah kecil sterol seperti sitosterol, campesterol, dan stigmasterol. Sebagai sterol baik dalam pisang seperti halnya kolesterol dalam tubuh yang baik dalam menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam makanan.

Pisang termasuk kaya akan serat yang baik, sekitar 3gram dalam pisang yang mudah larut dalam air yang bermanfaat bagi tubuh kita termasuk penurunan risiko penyakit jantung, mengkonsumsi rutin buah pisang pendekatan berpotensi membantu untuk menurunkan risiko penyakit jantung Anda.

Adapun penelitian buah pisang baik untuk jantung yang dikatakan oleh bebrapa ahli kesehatan.

  • Menurut National Academy of Sciences, diet kaya kalium dan rendah natrium dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke. Pada sekitar 400mg per jari, Pisang merupakan sumber kalium.
  • The Food and Drug Administration mengatakan diet kaya serat dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Pisang menyediakan 3 gram serat per porsi. Itu 12% dari Tunjangan Recommended Daily.
  • Pisang merupakan sumber vitamin B6. Menurut American Heart Association, vitamin B membantu memecah homosistein-asam amino yang pada tingkat tinggi terkait dengan risiko lebih tinggi penyakit kardiovaskular.

Apakah kamu mau tahu sebuah makanan yang akan mampu membantu menurunkan berat badan, mengurangi kembung, memerangi kanker, meningkatkan energi? Semua didapat dengan harga yang sangat murah dan tak perlu mewah-mewah. Bahkan, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di Indonesia tercinta ini.

Nama makanannya adalah pisang.

Salah satu buah yang nggak kenal musim dan harganya murah ini ternyata sangat kaya nilai gizi dan manfaat. Kalau di Indonesia, kamu akan dengan mudah menemukan buah pisang ini di berbagai keadaan.

Kalau lagi makan di warteg, kamu bisa menemukan sesisir pisang yang disandingkan dengan berbagai macam makanan. Ketika di dalam nasi kotak, akan kamu dapati buah pisang mungil yang siap untuk memenuhi kebutuhan vitamin.

Tapi, ternyata buah pisang ini di sebagian masyarakat masih identik dengan anak kecil, monyet, dan untuk guyonan saja lho. Padahal, dengan berbagai penelitian yang ada, mengonsumsi buah pisang akan menjadikan tubuh kamu menjadi lebih sehat.

Lemak dalam Tubuhmu Akan Terbakar

lfitness.net

Dalam buah pisang, terdapat 12 mg kolin, salah satu vitamin B yang akan membantu menghilangkan lemak dalam tubuh, terutama lemak yang menumpuk di perut kamu. Jadi, bisa nih buat kamu yang lagi diet, konsumsi juga makan pisang setiap hari, biar diet kamu makin lancar, dan perut jadi ideal.

Kamu Akan Bahagia Lebih Cepat

pinterest.com

Ternyata, bentuk pisang yang mirip senyuman itu bisa membuat kamu juga tersenyum lho. Hal itu karena ada kandungan vitamin B9, atau dikenal juga dengan folat. Salah satu vitamin yang mampu memerangi depresi dengan membantu tubuh memproduksi beberapa senyawa anti depresi.

BACA JUGA: 30 Makanan Sehat dan Bernutrisi Tinggi

Stres dan Cemas Berkurang

dwimailana.blogspot.co.id

Selain untuk meningkatkan mood dengan kandungan vitamin B9 nya, buah pisang juga memiliki triptofan. Triptofan berguna sebagai prekursor untuk serotonin.

Serotonin ini merupakan senyawa yang sangat penting untuk otak karena adalah anti depresi alami dan dapat mengatasi kegelisahan dan juga insomnia.

Tidurmu Akan Lebih Nyenyak

pinterest.com

Selain mengurangi cemas dan stres, triptofan yang ada pada buah pisang juga dapat membuat tidurmu lebih nyenyak. Hal ini karena triptofan juga merupakan prekursor untuk melatonin yang dapat meningkatkan relaksasi dan membantu kamu mengatur tidur. Jadi, cukup makan satu buah pisang beberapa menit sebelum kamu menuju ke kasur.

Kadar Gula dalam Darah Akan Distabilkan

tentangdiabetes.wordpress.com

Pisang merupakan buah dengan kandungan gizi yang banyak. Kamu bisa mengonsumsi makanan berprotein dan berlemak sehat bersama dengan pisang, untuk menurunkan tingkat penyerapan gula dari buah pisang ke dalam aliran darah.

Dan, hal itu bisa menjadi strategi untuk membuat kadar gula darah tetap stabil, dan tentu akan memberikan energi yang stabil dan dapat menurunkan berat badan.

Perut Terasa Lebih Penuh

wajibbaca.com

Ketika kamu ingin diet, maka hal yang pertama dilakukan tentu adalah mengurangi porsi makan. Nah, dengan mengonsumsi pisang, kamu bisa menekan porsi makan kamu lho karena di dalam pisang ada sesuatu yang disebut resistant starch.

Seperti namanya, resistant starch ini akan tahan terhadap pengolahan dalam sistem pencernaan kita, dan itu akan membuat perut terasa lebih kenyang.

Kolesterol Jahat Akan Berkurang

Di dalam pisang, terdapat senyawa bernama fitosterol. Fitosterol merupakan salah satu senyawa yang mampu memberikan efek untuk menurunkan kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) di dalam tubuh.

Pencernaan Menjadi Lancar

Kalau kamu punya masalah buang air besar, semua itu akan teratasi dengan mengonsumsi pisang. Karena, pisang merupakan salah satu makanan prebiotik yang akan memberikan nutrisi pada bakteri baik yang ada di dalam sistem pencernaan. Sehingga, ketika bakteri baik tumbuh dengan baik juga, maka buang air besar akan menjadi lebih lancar.

Tulang Menjadi Lebih Kuat

tasteforlife.com

Di dalam pisang ternyata juga terkandung kalsium, tetapi tidak cukup tinggi, kurang dari 1% kebutuhan tubuh per hari. Tetapi, pisang mampu membantu dalam penyerapan kalsium karena terdapat senyawa prebiotik fruktoligosakaridase. Senyawa tersebut akan terfermentasi di dalam sistem pencernaan dan dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

Memiliki Energi yang Lebih Banyak

wallpaperscraft.com

Pisang memiliki kandungan glukosa yang tinggi, dan kebanyakan mudah untuk dicerna sebagai gula untuk sumber energi. Dengan mengonsumsi pisang sebelum olahraga, kamu akan mendapatkan tambahan energi yang lebih banyak. Bahkan, pelari maraton juga makan pisang sebelum, saat, dan setelah mereka berlari lho.

Tubuh Akan Melawan Penyakit

healthnatural.club

Walaupun pisang tidak mengandung vitamin A, tetapi pisang dapat membantu meringankan penyakit kekurangan vitamin A. Di dalam pisang banyak terdapat provitamin A karotenoid beta-karoten dan alfa-karoten. Dan, dalam sebuah arikel disebutkan bahwa makanan yang tinggi karotenoid dapat melindungi tubuh dari bahaya penyakit =.

Bahkan Dapat Melawan Kanker

dddmag.com

Salah satu antioksidan yang terdapat dalam pisang adalah delpinidin yang memiliki sifat anti tumor. Dalam sebuah penelitian di Food and Chemical Toxicology, delpinidin diaplikasikan pada sel kanker perut. Ternyata, hasilnya resiko kanker dapat dikurangi.

Tekanan Darah Jadi Lebih Rendah

doctormurray.com

FDA mengatakan bahwa kombinasi antara sodium rendah dan potasium tinggi yang masuk dalam tubuh berhubungan dengan tekanan darah yang rendah serta kemungkinan terkena stroke lebih kecil. Nah, di dalam pisang terdapat kandungan potsium yang tinggi dan rendah sodium. Jadi, pisang sangat cocok dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah dari terkena serangan jantung serta penyakit stroke.

Darah Menjadi Lebih Kuat

Maksud dari darah menjadi lebih kuat adalah tidak kekurangan darah, yang artinya kamu akan terhindar dari yang namanya anemia. Hal ini dapat terjadi karena di dalam pisang terdapat banyak kandungan zat besi. Zat besi ini sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya anemia lho. Jadi, jika kamu ada tkamu-tkamu kurang darah, makan saja pisang setiap hari.

Penglihatan Jadi Makin Jelas

taranatureepa.co.id

Di dalam pisang, terdapat vitamin A dan C, di mana, keduanya adalah antioksidan dan nutrisi untuk mata serta kulit. Pisang juga mengandung beta karoten yang merupakan antioksidan juga. Dan ternyata beta karoten mampu melindungi dan memperbaiki kerusakan di tingkat sel. Selain itu, pisang juga mengandung zat gizi lain seperti vitamin E dan lutein. Kedua zat gizi tersebut bagus sekali untuk kesehatan mata.

Detoksifikasi

smart-detox.web.id

Pektin di dalam pisang sangat tinggi, dan itu bagus sekali untuk detoksifikasi. Pektin merupakan gelatin yang seperti serat dan akan menempel pada senyawa racun di dalam darah dan membuang mereka dari tubuh melalui urin. Jadi, mengonsumsi pisang yang kaya akan pektin dapat membantu tubuh mengeluarkan racun yang dibuang bersama dengan urin.

Nah, itu tadi 16 hal yang akan terjadi jika kamu mengonsumsi pisang. Bagaimana? Apakah kamu tidak tertarik dengan buah yang satu ini? Tentu jadi tertarik untuk mengonsumsinya kan? Buruan siapkan persediaan, agar setiap hari bisa makan pisang dan tubuh menjadi semakin sehat.

Tinggalkan komentar