Salak, Buah Kaya Manfaat yang Baik Untuk Kesehatan

Buah salak merupakan buah khas asli Indonesia, buah ini dapat tumbuh dengan mudah di kawasan negara tercinta kita yang memiliki iklim tropis.

Kamu juga dengan mudah dapat menemukan buah ataupun tanamannya di berbagai tempat, ataupun membeli buahnya di mana-mana, dikarenakan buah yang satu ini memang sangat mudah untuk dijumpai.

Rasa salak yang khas dan unik dengan sedikit rasa asam dengan sedikit kombinasi rasa manis, dan sedikit rasa sepet yang membuat hampir semua orang akan menyukainya ketika sudah mencobanya.

Selain rasanya yang lezat, buah salak ternyata kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita loh.

Kandungan serat tinggi yang ada di dalamnya dapat membantu tubuh dalam mengatasi dan menyembuhkan hampir berbagai jenis penyakit, terutama penyakit dalam tubuh.

Buah yang satu ini memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi buat kamu yang berencana menurunkan berat badan.

Disamping buahnya yang kaya akan serat dan manfaat, serat pada buahnya sangat dibutuhkan oleh mereka yang sedang mencoba menurunkan berat badan supaya dapat membuat perut merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.

 

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh

2.bp.blogspot.com
2.bp.blogspot.com

Serat yang terdapat pada buah salak ternyata paling banyak terdapat pada kulit arinya, atau kita lebih mengetahuinya dengan kulit tipis yang menempel pada daging buahnya.

Nah, oleh karena itu, kalau sekiranya kamu ingin mengkonsumsi buah salak untuk diet, sebaiknya biarkan kulit tipis tersebut dan langsung dimakan tanpa menghilangkannya.

Seperti yang sudah umum, kandungan yang terdapat di dalam buah wortel memang bagus untuk mata.

Namun, manfaat akan buah salak juga tidak bisa diabaikan, seperti khasiatnya yang baik untuk kesehatan tubuh, yang salah satunya adalah untuk kesehatan mata.

Kandungan zat betakaroten yang cukup tinggi di dalamnaya akan sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, buah salak juga dapat digunakan untuk mencegah penyakit-penyakit ringan, contohnya diare.

Sudah banyak sekali kalangan masyarakat yang menggunakan buah salak untuk mengobati diare.

Kandungan gizi yang terdapat di dalamnya antara lain adalah karbohidrat, protein, zat besi, kalsium, dan fosfor. Terlebih untuk vitamin yang ada di dalamnya, buah salak mengandung banyak sekali vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh dan baik untuk kesehatan.

Manfaat yang ada pada buah salak juga dikenal dapat menjaga kesehatan otak. Senyawa potassium yang terdapat pada buahnya, akan sangat dibutuhkan oleh sistem saraf guna untuk meningkatkan kinerja otak kita.

Maka apabila otak kita dapat bekerja dengan baik, maka tentunya organ tubuh yang lain juga akan berfungsi dengan baik.

Khasiatnya yang luar biasa buah salak juga diketahui dapat melancarkan BAB dan mencegah sembelit.

Hal inilah yang mungkin berbanding terbalik pada realita dengan apa yang dipercayai oleh masyarakat pada umumnya, bahwa mengkonsumsi buah salak justru malah akan membuat kita menjadi susah untuk BAB.

Supaya lebih jelas, kita mau kasih tau kalau hal tersebut hanyalah mitos belaka dan tidak benar adanya. Karena, kulit ari yang terdapat pada buahnya mengandung serat yang tinggi, sehingga malah justru dapat mencegah datangnya sembelit.

Dengan mengetahui khasiat dan besarnya manfaat yang dimiliki buah salak untuk kesehatan tubuh, pastinya kamu tak akan ragu-ragu lagi bukan untuk mengkonsumsi buahnya? Tetapi kami sarankan untuk tidak mengkonsumsinya terlalu banyak.

Kira-kira dalam sehari kamu hanya boleh mengkonsumsi buah salak sebanyak 3-5 buah saja. Karena kalau sekiranya kamu mengkonsumsi di luar jumlah tersebut, akan dikhawatirkan buah ini malah justru akan menimbulkan masalah bagi kesehatan, contohnya seperti masalah pencernaan.

Tinggalkan komentar