6 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Sirsak merupakan buah berwarna hijau yang mempunyai rasa manis bercampur asam. Buah sirsak sangat segar dan cocok dijadikan es buah atau jus. Selain mempunyai rasa yang menyegarkan tenggorokan, buah sirsak juga mempunyai banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi dalam buah sirsak antara lain mineral, kalsium, serat dan aneka vitamin.

Dalam beberapa tahun ini banyak sekali ilmuwan yang meneliti tentang manfaat buah sirsak. Hasil dari peneltian tersebut sangat membuat banyak pihak terkaget-kaget karena buah ini ternyata mempunyai banyak manfaat. Lantas apa saja manfaatnya? Yuk, mari simak penjelasannya berikut ini.

 

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

tokoherbalacemaxs.com
tokoherbalacemaxs.com

Dalam buah sirsak terdapat kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C dalam buah sirsak bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, mencegah penuaan dini sampai menangkal radikal bebas. Untuk itu jika kamu ingin terlihat lebih segar dan awet muda, sering-seringlah mengonsumsi buah sirsak secara teratur.

Mengusir Kolestrol Jahat

anjiyostent.com
anjiyostent.com

Selain mengandung vitamin C, sirsak juga mengandung serat yang sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh. Serat yang terdapat pada buah sirsak ternyata dapat mengusir kolestrol jahat yang terdapat dalam tubuh. Sehingga, yang tersisa hanyalah kolestrol baik dalam tubuh. Jadi, untuk kamu yang ingin terbebas dari kolestrol jahat, sering-seringlah mengonsumsi buah sirsak. Kamu bisa memakannya dengan langsung atau membuatnya menjadi jus.

Baik untuk Kesehatan Tulang

Menjaga Kesehatan Tulang
quantumleapwellness.com

Buah sirsak mempunyai kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Selain memiliki kandungan vitamin C, buah ini juga mengandung fosfor dan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang kamu. Di setiap 100 gram buah sirsak memiliki kandungan 27 miligram fosfour dan 14 miligram kalsium.

Selain itu, sirsak juga memiliki kandungan zat tembaga yang mempunyai manfaat untuk membantu penyerapan kalsium pada tulang. Apabila kalsium terserap baik oleh tulang, maka tentunya tulang kamu menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit osteoporosis.

Mencegah Kanker

Gejala kanker
espanol.rfi.fr

Selain mengandung vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh, sirsak juga ternyata memiliki kandungan senyawa fitokimia yang bernama Annonaceous acetogenins. Nah, senyawa ini sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai virus yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya, salah satunya kanker. Ada beberapa jenis kanker yang dapat dicegah dengan cara mengonsumsi buah sirsak. Contohnya seperti kanker payudara, kanker prostast dan masih banyak kanker yang lainnya. Untuk bisa mencegah kanker, kamu dapat mengonsumsi sirsak secara teratur baik dengan cara dikonsumsi langsung ataupun yang berbentuk olahan.

Menghilangkan Bisul

Gejala-Bisul
ragamobat.com

Bisul merupakan penyakit yang sebenarnya tidak terlalu berbahaya. Namun jika kamu mengalami  penyakit ini, mungkin kamu akan menjadi kurang percaya diri. Bisul tidak dapat diobati dengan salep saja.

Salah satu obat bisul alami yang terkenal efektif adalah buah sirsak. Cara penggunaannya agar bisa dijadikan obat cukup mudah. Yakni, pisahkan sirsak dengan isinya. Kemudian haluskan sampai lembut seperti bubur. Setelah itu, oleskan adonan sirsak tersebut pada kulit yang terkena bisul. Tunggu beberapa saat sampai menjadi kering. Jika sudah kering, basuhlah menggunakan air hangat sampai bersih. Lakukan cara ini hingga beberapa kali sampai bisul yang ada pada kulitmu menghilang.

Mengatasi Migrain

Mencegah Migrain
hellodoctor.co.id

Apakah kamu sering mengalami sakit kepala sebelah atau migrain? Jika benar, biasanya kamu pasti menggunakan obat dari dokter untuk mengobatinya. Namun ternyata, ada cara lain yang terbukti efektif untuk mengobati migrain. Yakni menggunakan buah sirsak. Dalam buah sirsak memiliki kandungan vitamin B2 yang tinggi. Nah, manfaat vitamin B2 ini salah satunya bisa untuk mengatasi sakit kepala sebelah atau migrain.

Demikian penjelasan mengenai manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar