Tak Hanya Cantik, Manfaat Bunga Alamanda Juga Sangatlah Berlimpah

Manfaat Bunga Alamanda – Bunga alamanda merupakan jenis tanaman asli Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Namun, di negara Brazil bunga alamanda ini paling banyak ditemui. Bunga alamda ini juga dikenal sebagai lambang kecantikan.

Kelopak bunganya berwarna kuning polos dan bentuknya memanjang. Banyak orang yang menyebutnya dengan nama lonceng kuning atau terompet emas. Karena kecantikannya, bunga ini sering kali dijadikan tanaman hias.

Tempat yang banyak terkena cahaya matahari, memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi, serta curah hujan yang cukup tinggi pula, sangat cocok bagi bunga alamanda ini tumbuh. Jika di cuaca yang dingin, bunga ini tidak dapat tumbuh.

commons.wikimedia.org
commons.wikimedia.org

Salah satu hal yang menarik dari bunga alamanda adalah manfaatnya. Entah itu bagi sebatas keindahan, pengobatan, pencegahan penyakit, kesehatan lingkungan, dan lain sebagainya. Berikut beberapa manfaatnya.

  • Mempercantik tampilan ruangan. Kelopak bunganya yang indah menjadikan tumbuhan ini begitu cantik dan sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias. Jika di simpan di dalam ruangan, tumbuhan ini tentu akan menghiasi interiornya.
  • Menyembuhkan penyakit hati. Buah yang terdapat pada tanaman bunga alamanda ini ternyata mampu mengobati penyakit hati. Selain itu, penyakit kuning juga mampu diobati dengan tanaman ini.
  • Mengobati penyakit kulit. Bagian daunnya juga ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Daunnya dipercaya mampu mengobati penyakit kulit seperti bisul, kudis, eksim, dan lain sebagianya.
  • Mampu membunuh bakteri. Kandungan zat yang terdapat di dalam getah bunga alamanda ini ternyata besifat anti bakterial.

Selain contoh tadi, bunga alamda ini juga masih memiliki banyak manfaat lainnya. Sekian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar