Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan dan Dunia Pengobatan

Indonesia merupakan salah satu penghasil rempah-rempah yang sangat dibutuhkan bagi banyak orang dari berbagai negara. Salah satu kekayaan negara kita adalah memiliki tanah yang subur, sehingga banyak tanaman penghasil rempah-rempah dapat tumbuh dengan subur. Salah satu tanaman rempah-rempah tersebut adalah cengkeh.

Cengkeh dengan nama latin Syzygium aromaticum ini  biasa dibutuhkan terutama digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu ternyata dari dulu cengkeh juga sudah digunakan untuk obat tradisional.

Khasiat yang ada dalam cengkeh yang bermanfaat bagi kesehatan sangat banyak. Dengan banyaknya kandungan yang ada di dalam cengkeh, menjadikan cengkeh dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat cengkeh untuk kesehatan
hargahot.com

Nah, berikut ini merupakan beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan dan pengobatan dari berbagai penyakit yang bisa kita dapat, di antaranya yaitu :

  1. Membantu meredakan sakit gigi
  2. Mengurangi peradangan
  3. Meredakan sakit pilek
  4. Mengobati sakit sinusitis
  5. Menjaga kesehatan antung
  6. Meredakan mual pada perut dan
  7. Menghangatkan tubuh
  8. Meredakan sakit batuk
  9. Meredakan infeksi pada saluran pernafasan
  10. Mengobati jerawat
  11. Menghilangkan kotoran pada kulit
  12. Sumber antioksidan dari radikal bebas
  13. Mencegah rambut rontok
  14. Mengobati sakit campak
  15. Menghitamkan rambut

Demikian ulasan mengenai cengkeh yang banyak bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Cengkeh dapat dipadukan dengan rempah-rempah yang lain saat proses penyajiannya, misalnya dengan jahe untuk menghangatkan badan, atau dicampur dengan minyak kemiri saat digunakan untuk menghitamkan rambut.

Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar