Manfaat Buah Ceremai Bagi Kesehatan Tubuh

Buah ceremai (Phyllanthus acidus) merupakan salah satu buah dari keluarga phyllantaceae yang dapat dimakan. Pohon ceremai akan dapat menghasilkan buah setelah berusia sekitar empat tahun. Buah cermai akan matang antara 90 sampai 100 hari.

Buah ceremai dapat tumbuh dengan menanam bijinya. Buah cermai juga sudah banyak penyebarannya di berbagai daerah tropis seperti di Asia Tenggara dan beberapa pulau di samudra Hindia.

Kandungan yang terdapat di dalam buah cermai cukup kompleks seperti, vitamin C yang cukup tinggi, kalori, karbohidrat, mineral, serat kasar, kalsium, fosfor, zat besi, thiamin, ribloflavin dan lain sebagainya.

Manfaat buah ceremai
qworld-bukaimaji.blogspot.com

Dengan berbagai kandungan gizi yang terdapat pada buah cermai. Buah cermai bermanfaat dan menguntungkan untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat buah ceremai tersebut di antaranya :

  1. Meredakan Asma, cara membuatnya dengan merebus beberapa biji buah ceremai dengan air dan ditambah bawang merah, akar kara, lengkeng dan ditambah gula. Kemudian airnya diminum.
  2. Mengobati sembelit, caranya cukup mengkonsumsinya seperti biasa.
  3. Meringankan sakit kanker, caranya dengan merebus buah ceremai dengan ditambah daun belimbing, bidara upas, gadung cing, dan ditambah gula. Kemudian minum airnya.
  4. Menyehatkan Kulit, caranya dengan rutin mengkonsumsi buah ceremai dalam bentuk atau olahan apa pun. Dan dapat juga di makan seperti biasa.
  5. Melangsingkan tubuh, caranya dengan mengkonsumsi seperti biasa dan secara rutin.
  6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, caranya cukup mengkonsumsinya secara rutin.
  7. Menjaga kesehatan tulang, caranya dengan mengkonsumsi buah ceremai secara rutin.

Buah ceremai juga sangat baik untuk membantu pertumbuhan karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya sangat banyak. Beberapa yang perlu diperhatikan adalah jangan mengkonsumsi buah ceremai secara berlebihan, apalagi sudah dalam bentuk olahan.

 

Tinggalkan komentar