6 Manfaat Cumi-cumi Bagi Kesehatan Tubuh

Cumi-cumi adalah hewan laut yang bisa diolah menjadi berbagai makan, seperti cumi-cumi bakar, cumi-cumi goreng, cumi-cumi saus tiram dan lainnya yang bisa dikembangkan menjadi menu olahan yang super enak. Nah, tahukah kamu bahwa ternyata cumi-cumi tidak hanya enak di konsumsi loh, ternyata cumi-cumi ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh jika mengkonsumsinya secara bijak dan tidak berlebihan.

 

Mengatasi Tumor

Mencegah dan Mengobati Kanker dengan Daun Binahong
sentinelrepublic.com/

Tahukah kamu bahwa tinta cumi dapat dimanfaatkan untuk mengatasi tumor. Dengan cara tinta tersebut harus di injeksikan kepada penderita tumor, namun hal ini masih dikaji lebih dalam oleh para pakar mengenai keabsahannya dan dosis yang dibutuhkan untuk mendukung tinta tersebut memerangi tumor.

Seorang peneliti bernama Hiroki, dari Jepang melakukan uji coba, menyuntikkan tinta cumi-cumi kepada 15 ekor tikus yang terserang tumor. Hasilnya dari 15 ekor tikur yang diinjeksikan, 3 di antarannya mati dan 12 tikus lainnya tetap hidup. Hal ini menunjukkan bahwa bahaya kematian dari tumor ganas dapat di reduksi. Di awali dengan uji coba tersebut dilakukanlah penelitian lebih dalam dan ditemukan bahwa tinta cumi-cumi memiliki kandungan mineral vitamin A yang dapat berpengaruh terhadap penyakit tumor. Artinya penyakit kematian yang disebabkan oleh tumor ganas dapat diatasi.

Pembentukan Sel Darah Merah

sel darah merah
www.researchgate.net/

Cumi-cumi sangat kaya akan kandungan mineral dan gizinya, jika kita ringkas kembali kandungan yang ada di dalam cumi-cumi diantaranya, protein, vitamin dan omega 3 yang menjadi khas dari kandungan hewan laut. Tahukah kamu bahwa ada sebuah informasi terbaru dalam kandungan unsur tembaga di dalam tubuh cumi-cumi yang sangat baik untuk pembentukan sel darah merah.

Sel darah merah ini sangatlah baik bagi tubuh manusia, kandungan hemoglobin(Hb) di dalam sel darah merah memiliki peran yang sangat penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh organ tubuh. Sehingga hal ini sangat penting untuk mencegah penyakit jantung koroner, hingga penyakit stroke.

Dapat Menghilangkan Bekas Cacar

Penyakit cacar
fb.ru

Hampir semua orang pernah mengalami penyakit yang namanya cacar, mungkin hanya sebagian kecil saja yang tidak merasakannya yang berarti kekebalan tubuh nya sudah sangat baik. Dampak setelah mengalami penyakit cacar adalah masih tertinggalnya bekas luka di kulit. Bekas kulit cacar tersebut bagi sebagian orang sangatlah mempengaruhi penampilan, apalagi jika bekasnya ada di wajah.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, karena baru-baru ini sudah ditemukan dengan dimanfaatkan cumi-cumi bekas, cacar tersebut bisa hilang. Namun, cara penggunaannya bukan dikonsumsi, melainkan kamu harus membuatnya menjadi serbuk halus yang kemudian baru bisa kamu oleskan ke bekas cacar tadi.

Cara membuatnya:

  • Kamu harus menjemur cumi-cumi tersebut hingga kering dan bersih.
  • Setelah kering cumi-cumi tadi kamu tumbuk.
  • Ayak tumbukan cumi sehingga mendapatkan bubuk yang sangat halus.
  • Serbuk itulah yang selanjutnya dijadikan untuk obat mengatasi bekas cacar.

Menambah Nafsu Makan

Menambah Nafsu Makan
wisegeek.com

Jika kamu punya masalah terhadap nafsu makan anak atau anak-anak kamu yang sulit makan? Ada sebuah studi di Amerika Research mengklaim bahwa kandungan vitamin di dalam cumi-cumi memiliki pengaruh untuk meningkatkan nafsu makan yang sehat.

Kandungan mineral di dalam cumi-cumi juga mampu menyehatkan sistem pencernaan manusia seperti lambung hingga usus. Kandungan ini termasuk juga riboflavin dan zat niasin yang sangat dibutuhkan tubuh.

Mengoptimalkan Sel Darah Putih

http://www.popsci.com/
http://www.popsci.com/

Setiap hewan biasanya memiliki cara untuk melindungai diri dari serangan musuh dan untuk bertahan hidup. Begitu juga cumi-cumi yang dilakukannya adalah mengeluarkan tinta dari tubuhnya. Sebuah penelitian yang baru-baru ini menemukan bahwa ada kandungan zat khusus di dalam tinta tersebut yang menjadikan cumi-cumi istimewa. Setelah diuji tinta cumi-cumi turut mengaktifkan sel darah putih yang sangat baik untuk membasmi kuman-kuman atau bibit penyakit di dalam tubuh manusia.

Memperkuat Tulang

Memperkuat Tulang
http://www.beyondhealthnews.com/

Untuk 100 gram cumi-cumi mengandung setidaknya 270 mg dan 2,7 mg zat besi. Kandungan inilah yang dapat memenuhi kebutuhan gizi hari kamu sebesar 17% fosfor, 8% seng dan 10 % magnesium dari total seluruh kebutuhan harian kamu. Kandungan tersebut sangat baik sekali untuk kebutuhan tulang dalam memperkuat susunan sel-sel tulang yang kurang padat dengan memicu pembentkan sel-sel baru pengganti sel tua pada tulang.

Tinggalkan komentar