Manfaat Daun Basil Bagi Kesehatan Tubuh

Daun basil adalah salah satu jenis dedaunan yang dikenal memiliki banyak kandungan gizi, vitamin dan mineral. Beberapa kandungan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya ialah vitamin, C, A, E, B6, asam folat, thiamin dll. Degan banyaknya kandungan zat dan vitamin di dalamnya tentu saja daun ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa khasiat daun basil :

Basil_ItalianLargeLeaf

Melindungi DNA

 

Khasiat pertama dari daun basil ialah membantu menjaga kesehatan DNA. Zat flavonoid yang terkandung di dalamnya dapat menjaga DNA agar tetap sehat dan mencegah terjadinya kerusakan DNA dan infeksi virus di dalam DNA.

Anti Bakteri

 

Manfaat lainya yang tak kalah penting ialah mampu menangkal bakteri yang hendak masuk ke tubuh. Di dalam daun ini terkandung minyak astiri yang mampu menangkal bakteri dan langsung membunuh bakteri tersebut.

Mampu Menjaga Kesehatan Jantung

 

Daun basil memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk memperbaiki dan menjaga kinerja jantung agar tetap optimal.

Efek Anti-Inflamasi

 

Komponen eugenol minyak astsiri basil telah menjadi subjek penelitian yang luas, karena zat ini mampu memblokir aktivitas enzim dalam tubuh yang disebut sikloogsigenase (COX). Efek menghambat ini yang menyebabkan basil sebagai anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan dan menghilangkan gejala individu dengan masalah kesehatan inflamasi seperti rheumatoid arthritis atau kondisi peradang usus.

Tinggalkan komentar