Manfaat Daun Encok yang Dapat Menyembuhkan Rematik

Daun encok mempunyai nama latin Plumbago Zeylanica L. Tanaman yang namanya sama seperti penyakit sendi yakni encok, merupakan terasuk dalam keluarga Plumbaginaceae.

Namanya saja sudah jelas, daun encok berarti kita sudah dapat menebak bahwa tanaman obat yang satu ini memiliki khasiat untuk mengobati berbagai keluhan nyeri seperti rematik, nyeri pinggang, nyeri sendi dan sakit kepala.

Daun encok memiliki sifat pahit, tonik, dan beracun. Karena sifat racunnya tersebut daun encok tidak bisa digunakan terlalu lama. Maksimal digunakan 30 menit agar kulit tidak melepu. Kandungan kimia dari encok terdiri dari plumbagin, 3-3 biplumbagin, 3 chloropium-bagin, chitranone (3-6-bplumbagin), dan droserone (2-hydroxy plum-bagin).

Karenan memiliki kandungan senyawa tersebut diatas, daun encok tersebut sering dimanfaatkan sebagai daun herbal untuk pengobatan tradisional. Berikut di bawah ni manfaat daun encok untuk mengobati bermacam-macam penyakit.

manfaat daun encok
informasi-kesehatan01.blogspot.com

Mengobati Rematik

Siapkan segenggam daun encok yang masih segar, cuci dengan bersih lalu ditumbuk halus. Tambahkan air hangat seperlunya hingga menjadi adonan seperti bubur.

Gunakan adonan tersebut untu melumas dan menggosok bagian tubuh yang sakit. Lakukan secara terus menerus sebanyak 2 kali dalam sehari.

 

Mengobati Sakit Kepala

Siapkan daun encok secukupnya, lalu dipipis. Tambahkan sedikit minyak kelapa hingga menjadi adonan seperti bubur. Letakkan adonan tersebut di pelipis dan bagian kepala yang sakit sebagai tapal. Cukup 30 menit lalub uang, supaya kulit tidak melepuh.

Tinggalkan komentar