Manfaat Daun Katuk untuk Kesehatan

Daun katuk dengan nama lain sauropus androgynus ini sudah banyak dikonsumsi di berbagai negara. Tumbuhan ini banyak terdapat di Asia Tenggara. Tumbuhan daun katuk termasuk dalam suku menir-meniran atau phyllantheae, dan masih berkerabat dengan tanaman menteng, cermai, dan buni.

Daun katuk mengandung berbagai manfaat yang baik untuk tubuh. Daun katuk mengandung senyawa kimia yang disebut dengan fitokimia yang mempunyai khasiat untuk mengobati berbagai penyakit.

Senyawa kimia yang terkandung di dalam daun katuk di antaranya, progesteron, testoteron, estradiol, dan glukokortiroid. Serta sejumlah senyawa eikosanoid yang baik untuk merangsang hormon kewanitaan.

Manfaat daun katuk untuk kesehatan
herbaneka.com

Berbagai khasiat akan kita dapatkan dari daun katuk. Manfaat daun katuk untuk tubuh tersebut di antaranya :

  1. Untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis
  2. Daun katuk mengandung efedrin yang baik untuk meredakan influensa
  3. Daun katuk mengandung 7 senyawa aktif yang baik untuk merangsang produksi hormon-hormon steroid dan senyawa eiksonoid
  4. Daun katuk efektif untuk melancarkan ASI bagi ibu yang tengah menyusui
  5. Daun katuk dapat digunakan untuk mengatasi gejala penyakit anemia
  6. Daun katuk sebagai sumber manfaat vitamin A yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  7. Daun katuk berguna untuk menjaga kesehatan mata
  8. Bagi pria, dalam daun katuk terdapat kandungan zat aktif yang mampu merangsang sintesis hormon steroid yang dapat membangkitkan vitalitas seksual, dan memacu kualitas dan kuantitas sperma.
  9. Kandungan kalori, protein, dan karbohidrat dalam daun katuk bahkan hampir setara dengan kandungan yang terdapat dalam daun pepaya dan daun singkong. Sedangkan protein dan zat besi di dalam daun katuk lebih tinggi dari keduanya.

Itulah tadi beberapa manfaat daun katuk yang bermanfaat untuk tubuh kita. Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar