Yuk, Kenali Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita

Manfaat daun sirih sebenarnya sudah tidak asing lagi. Apalagi daun sirih memang sudah sejak lama dimanfaatkan di bidang kesehatan mulai dari masyarakat yang tinggal diperdesaan hingga perkotaan, semuanya sudah mengenal daun sirih. Daun sirih memiliki aroma yang sangat khas sehingga kamu mudah sekali dalam membedakan daun sirih dengan jenis tanaman lainnya.

Orang tua sejak zaman dahulu juga sering memasukkan daun sirih ke dalam hidung untuk menyembuhkan mimisan. Namun, sebenarnya daun sirih tidak hanya bermanfaat untuk itu saja loh. Masih banyak manfaat daun sirih lainnya yang mungkin belum kamu ketahui.

 

Mengatasi Keputihan

http://pondokibu.com/

Keputihan adalah sesuatu yang wajar yang dialami oleh wanita. Wanita akan mengalam keputihan sebelum dan sesudah mentruasi. Keputihan pada wanita ada dua yaitu keputihan patologis dan juga keputihan fisiologis. Keputihan patologis adalah keputihan yang tidak normal, dilihat dair gelajam bau dan warna cairan keputihan. Keputihan patologi dapat diobati dengan daun sirih ini, karena sifat anti septik dan anti jamur yang terkandung didalamnya juga bermanfaat untuk mengatasi kuman dan jamur yang ada di vagina.

Membuat Organ Intim Halus

turbosquid.com
turbosquid.com

Vagina memiliki kadar keasaman yang tinggi, karena zat asam tersebut membuat bau vagina tidak harum. Bau vagina juga cenderung asam. Memiliki vagina yang harum adalah impian semua wanita, untuk mewujudkannya wanita bisa menggunakan daun sirih untuk mendapatkan bau vagina yang harum. Kandungan minyak atsiri yang ada di daun sirih yang dapat menimbulkan bau harum pada vagina.

Mengatasi Gatal

Obat gatal-gatal
amazonaws.com

Jika kulit kamu mengalami gatal-gatal karena alergi atau masalah kulit lainnya, dan sebelum gatalnya semakin parah serta meninggalkan bekas di kulit, kamu dapat mengobatinya dengan daun sirih.

Ambil 12 lembar daun sirih, rebus dalam air panas. Jangan terlalu lama, jika daunnya layu, segera matikan api. Gunakan air rebusan tadi untuk campuran air mandi kamu. Kamu juga dapat memanfaatkannya untuk merendam tangan atau kaki yang terasa gatal karena masalah kulit. Sifat anti-septik dan anti-inflamasi dari daun sirih dapat meringankan rasa gatal sekaligus menjadikan pembengkakan kulit karena gatal lebih cepat sembuh.

Mengatasi Jerawat

http://gazettereview.com
http://gazettereview.com

Di dalam daun sirih terdapat sifat anti-septik dan anti-bakteri yang tidak hanya ampuh untuk mengtasi gatal, tapi juga dapat digunakan dalam mengatasi jerawat. Untuk dapat mengobati jerawat di wajah, dada, atau punggung, kamu dapat memanfaatkan air rebusan sirih untuk membilas dibagian kulit yang berjerawat.

Gunakan handuk bersih, lalu celupkan ke dalam air sirih lalu gunakan untuk mengusap wajah. Jika kamu menginginkan cara yang mudah, gunakan saja air sirih yang masih hangat untuk mencuci muka. Tapi, pastikan bahwa wajah kamu sudah benar-benar bersih dari make-up. Lakukan perawatan ini minimal dua kali dalam sehari, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan.

Mengatasi Luka Bakar

commons.wikimedia.org
commons.wikimedia.org

Ternyata daun sirih juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi luka bakar ringan loh. Caranya kamu ambil beberapa lembar daun sirih segar. Setelah itu, cuci bersih kemudian remas-remas. Lalu, tambahkan sedikit madu dan tempelkan pada bagian kulit yang mengalami luka bakar. Fungsi dari daun sirih dan madu ialah untuk menenangkan rasa perih dari luka bakar serta sekaligus meminimalisir inflamasi.

Mencegah Bau Badan

Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami
bp.blogspot.com

Manfaat yang satu ini mungkin kamu sudah sering mendengarnya. Yup, daun sirih juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bau badan yang tidak sedap. Aroma harum pada daun sirih yang tajam akan meminimalisir aroma tubuh yang tidak sedap. Selain itu, sifat anti-bakteri di dalam daun sirih juga membunuh kuman dan bakteri penyebab bau badan.

Mengobati Sariawan

Daun Binahong untuk Mengobati Sariawan
radaronline.co.id/

Penyebab penyakit sariawan sangat bermacam-macam, mulai dari kekurangan vitamin C, luka pada mulut, panas dalam, infeksi bakteri, dan kelelahan. Untuk mengobatinya kamu bisa menggunakan daun sirih, caranya cukup dengan menyeduh beberapa lembar daun sirih yang sudah dibersihkan. Lalu tambahkan sedikit garam dan diamkan beberapa menit lalu gunakan sebagai obat kumur ketika masih hangat.

Melancarkan Buang Air Kecil

Sering buang air kecil
grosirtepunggasol.com

Bagi kamu yang susah buang air kecil atau mengalami masalah saat buang air kecil, daun sirih dapat membantu masalah kamu. Karena di dalam daun sirih memiliki sifat dierektik yang dapat melancarkan buang air kecil. Kamu dapat membuat jus dari beberapa lembar daun sirih. Lalu tambahkan sedikit susu dan madu agar rasanya lebih enak. Kamu dapat meminum jus ini secara teratur hingga buang air kecil kamu kembali lancar.

Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

www.carasumber.com
www.carasumber.com

Bagi kamu yang mengalami sakit tenggorokan dan belum juga sembuh-sembuh, kamu bisa mencoba ramuan daun sirih yang dicampur dengan madu. Zat yang ada di dalam daun sirih dipercaya untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

Tinggalkan komentar