Inilah 8 Manfaat Besar Daun Sirih Hijau

Daun sirih adalah tanaman yang sudah digunakan sebagai obat herbal sejak nenek-nenek moyang kita, ya, ini adalah obat herbal yang diwariskan secara turun menurun. Sehingga tidak heran, apabila kita ke daerah akan mudah kita jumpai orang-orang yang masih menggunakan daun sirih sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Sayangnya, sekarang obat ini sedikit demi sedikit ditinggalkan karena dianggap kuno. Padahal, menurut penelitian ilmu kesehatan modern, daun sirih mengandung sangat banyak zat-zat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan seperti kavibetol, kavicol, estragol, minyak esensial dan masih banyak lagi.

Daun sirih sebetulnya ada 3 macam yaitu sirih merah, sirih hitam dan sirih hijau. Dari ketiga jenis tersebut, yang biasa digunakan sebagai obat adalah daun sirih hijau dan sirih merah. Habitat aslinya sangatlah mudah kita jumpai di desa-desa, namun karena warna daunnya yang unik dan indah, sekarang kita bisa jumpai di toko-toko yang menjual tanaman hias.

Meskipun sebetulnya daun sirih memiliki puluhan khasiat, namun inilah adalah 8 khasiat utama dari daun sirih hijau yang paling banyak dimanfaatkan masyarakat.

Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap

lkc.or.id
lkc.or.id

Daun sirih hijau memiliki bau yang khas yang dapat mengalahkan bau badan tidak sedap yang mengurangi kepercayaan diri. Namun, bukan berarti bau badanmu akan menjadi bau daun sirih ya. Daun sirih hanya akan menghilangkan bau badan tanpa menggantikannya, sehingga kamu bisa memakai parfum ataupun deodoran untuk wewangianmu.

Cara penggunaannya, cukup tumbuk 3 lembar daun sirih hijau lalu oleskan pada ketiak setiap habis mandi. Biarkan selama 7-10 menit, lalu bersihkan.

Menghentikan Darah Akibat Mimisan

flickr.com

Caranya sangatlah mudah, kamu hanya perlu menyiapkan selembar daun sirih (atau dua lembar, kalau yang berdarah dua lubang hidung) yang digulung lalu disumbat dengan sedikit tekanan ke hidung.

Apabila kamu bertanya-tanya mengapa daun sirih bisa menghentikan pendarahan, maka jawabannya adalah karena kandungan yang sudah disebutkan di atas tadi seperti bahan kimia yang terkandung pada daun sirih antara lain minyak esensial, hydroxycatechol, chavicol, chavibetol, eugenol, methyl eugenol, kariofilena, cadinene, estragol, terpennena, seskuiterpena, fenil propana, tanin, diastase, gula dan pati. Dengan kandungan-kandungan ini, sebenarnya bukan hanya mimisan yang bisa dihentikan, tapi semua luka pada kulit pun bisa disembuhkan dengan ditutup menggunakan daun sirih hijau.

Menyembuhkan Asma

huffpost.com
huffpost.com

Dengan kandungan yang sudah disebutkan di atas, daun sirih hijau juga bisa mengobati penyakit asma. Sebetulnya ini lebih termasuk ke dalam pencegahan dari asma itu sendiri agar tidak sering kumat.

Caranya cukup rebus 4 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih ke dalam 2 gelas air. Biarkan daun dan airnya mendidih hingga air menguap dan tersisa hanya 1 gelas air. Minumlah air rebusan daun sirih tersebut 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Cara ini juga bisa untuk menyembuhkan radang di tenggorokan.

Menghilangkan Bau Mulut yang Busuk

play.google.com
play.google.com

Bau mulut yang busuk akan sangat mengganggu aktifitas kita karena membuat tidak percaya, walaupun kita sudah memakai pasta gigi berbagai merk untuk menghilangkannya.

Cara penggunaannya sangatlah simpel, kamu hanya perlu membuat air rebusan daun sirih dengan memakai 3 lembar daun sirih. Air rebusan tersebut kemudian digunakan untuk kumur-kumur setiap sebelum tidur. Lakukan cara ini sampai bau mulut benar-benar hilang.

Meredakan Gusi Bengkak

infokesehatantubuh.com
infokesehatantubuh.com

Pengobatan ini adalah yang paling sering dipakai oleh orang desa. Yaitu dengan mengunyah selembar daun sirih hijau atau merah selama 10-15 menit. Kemudian baru dibersihkan dengan cara berkumur-kumur dengan menggunakan air hangat.

Mengunyah daun sirih hijau atau merah juga bisa untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Mengatasi Sariawan di Bibir dan Gusi

Daun Binahong untuk Mengobati Sariawan
radaronline.co.id

Cara mengobati sariawan dengan memakai daun sirih sangat mudah, yaitu dengan mengunyahnya. Tapi, kalau kamu memang tidak tahan dengan aromanya, kamu boleh memakai ramuan obat seperti untuk menyembuhkan asma. Yaitu dengan merebus 3 lembar daun sirih pada 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas air, dan minum air rebusan minimal sekali dalam sehari.

Menghilangkan Gatal-gatal di Kulit

unej.ac.id

Cara memanfaatkan daun sirih sebagai pereda gatal mudah sekali. Tumbuk beberapa lembar daun sirih sampai benar-benar halus dan keluar minyaknya. Kemudian oleskan daun dan minyak sirih ke atas kulit yang terasa gatal, dalam beberapa saat rasa gatal itu akan berangsur menghilang.

Mengobati Luka Bakar

commons.wikimedia.org
commons.wikimedia.org

Dengan segudang manfaatnya untuk menyembuhkan berbagai permasalahan yang terjadi di kulit, tentu tidak aneh kalau daun sirih juga bermanfaat untuk mengobati luka bekas terbakar.

Cukup siapkan daun sirih sesuai kebutuhan (apabila lukanya besar tinggal disesuaikan), lalu panaskan daun sirih sampai layu. Daun sirih yang sudah layu tersebut kemudian ditempelkan ke luka bakar yang ingin diobati. Cara ini akan membantu percepatan proses pemulihan kulit akibat luka bakar.

Tinggalkan komentar