9 Manfaat Daun Sirih Merah yang Tak Kamu Sangka

Banyak manfaat dari daun sirih merah. Yang kamu tahu paling biasanya daun ini dipakai untuk mengatasi mimisan saat keluar darah dari hidung. Caranya, biasanya daun ini digulung dan kemudian dipasang pada hidung untuk menghentikan pendarahan,

Tapi bukan hanya berguna untuk mengatasi mimisan saja ternyata. Daun sirih merah ini juga memiliki banyak manfaat lainnya. Kamu tahu apa saja kegunaannya? Ayo lihat daftarnya di bawah ini.

 

Menghentikan Mimisan

Menghentikan Mimisan dengan Daun Binahong
ytimg.com

Ya ini fungsi yang paling terkenal dari daun sirih merah. Kandungan fenil popada dan terpen membuat darah yang keluar ketika mimisan pun jadi berhenti. Cara ini sangat ampuh dan sudah terbukti dilakukan sejak zaman mbah-mbah kita.

Mengatasi Luka Bakar Ringan

commons.wikimedia.org
commons.wikimedia.org

Kalau kamu mengalami luka bakar ringan, bisa kamu gunakan daun sirih merah ini untuk meredakan peradangan. Sebab dalam daun ini terdapat zat alkaloid, vitamin C dan antioksidan. Cara menerapkan daun sirih merah ini pada luka bakar juga mudah, yaitu ambil sekitar 5 lembar daun sirih sirih. Lalu tumbuk dan campurkan dengan madu sebanyak 2 sendok teh. Setelah itu, oleskan pada bagian yang terkena luka bakar pada pagi dan sore hari. Cara ini dapat membantu penyembuhan luka bakar ringan. Tapi perlu diingat fungsinya hanya sebagai obat luar saja.

Mengobati Sariawan

Daun Binahong untuk Mengobati Sariawan
radaronline.co.id/

Kalau kamu sering sariawan dan susah untuk menyembuhkannya, cobalah ambil 2 lembar daun sirih merah dan kunyah kurang lebih 10 menit. Lakukan pada pagi dan sore hari. Cara ini ampuh untuk memberantas kuman penyebab timbulnya sariawan sebab ada kandungan vitamin C serta zat antiseptik pada daun sirih merah.

Menghentikan Gusi Berdarah

karimon.wordpress.com
karimon.wordpress.com

Kalau gusimu gampang berdarah, mungkin saja terjadi peradangan. Untuk itu, cobalah untuk ambil 10 lembar daun sirih merah, lalu rebuslah dengan air sampai mendidih. Setelah itu, kamu bisa saring airnya dan biarkan hingga dingin. Selanjutnya. gunakan rebusan air daun sirih untuk berkumur. Lakukan pada pagi, siang dan sore hari untuk hasil optimal. Cara ini dipercaya ampuh karena dalam daun sirih merah terdapat tanin, saponin fosfor dan mineral kalsium.

Meredakan Mata Merah

webeye.ophth.uiowa.edu
webeye.ophth.uiowa.edu

Untukmu yang sering mengalami sakit mata merah karena iritasi, kamu bisa buat obat alami dengan menggunakan daun sirih ini. Caranya, ambil 20 lembar daun sirih merah, lalu rebus sampai airnya mendidih. Selanjutnya, saring airnya dan pakai untuk mengkompres pada mata dan bagian sekitar mata. Kandungan alkoloid yang terdapat pada daun sirih merah mampu untuk menyembuhkan efek mata merah ini.

Atasi Sakit Maag

abcnews.go.com
abcnews.go.com

Kalau selama ini kamu sering mengalami maag, cobalah ambil 7 lembar daun sirih dan kemudian rebus. Setelah itu kamu bisa minum airnya tiga kali dalam sehari. Sakit maag berangsur-angsur akan pulih karena kandungan klavikol dan terpennoid pada daun sirih ini.

Sembuhkan Penyakit Bronkhitis

health.kompas.com
health.kompas.com

Bronkhitis adalah penyakit yang disebabkan terjadinya infeksi pada saluran udara di paru-paru. Sehingga membuat terjadinya peradangan dan inflamasi. Efeknya bisa berupa susah nafas, dada terasa sesak, batuk, dan tenggorokan sakit.

Untuk kamu yang menderita bronkhitis bisa ambil 10 lembar daun sirih merah dan rebus bersama sekitar 300 ml air. Setelah itu tunggulah hingga air tersisa separuhnya. Lalu minumlah air rebusan ini secara rutin 3x dalam sehari. Kandungan tanin pada daun sirih ini berkhasiat untuk menyembuhkan sakit bronkhitis.

Menurunkan Darah Tinggi

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
http://www.ceritamedan.com

Kalau ada yang sedang sakit darah tinggi, coba sarankan untuk minum rebusan daun sirih. Caranya, kamu rebus daun sirih merah secukupnya bersama air. Setelah itu, kamu bisa minum airnya bersama madu. Minumlah dua kali dalam sehari. Zat fenol dan atsiri dipercaya mampu membantu untuk menurunkan darah tinggi.

Mengobati Radang Prostat

kaskus.co.id
kaskus.co.id

Penyakit radang prostat bisa dicoba penyembuhannya dengan daun sirih merah ini. Sebab di dalamnya terdapat tanin, saponin, serta hidroksicavicol yang mampu melakukan regenerasi pada sel-sel kelenjar prostat agar dapat kembali normal.

Caranya, kamu bisa ambil daun sirih merah yang masih muda sebanyak 7 lembar, lalu rebus dan minum airnya. Lakukan 3 kali dalam sehari.

Tinggalkan komentar