5 Manfaat Es Batu Untuk Kecantikan

Selama ini kita mengenal es batu karena fungsinya berkaitan dengan minuman. Banyak jenis minuman atau jus yang rasanya jadi lebih segar dan nikmat dengan tambahan es batu. Namun ternyata manfaat es batu bukan hanya itu, es batu ternyata juga memiliki manfaat lainnya yang dapat menunjang penampilan seseorang terutama yang berkaitan dengan wajah seseorang khususnya perempuan.

Manfaat-manfaat es batu yang dapat menunjang penampilan antara lain adalah membuat riasan wajah lebih tahan lama, menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, mengobati jerawat, menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah, serta dapat digunakan untuk berdiet menguruskan badan. Cara-cara untuk mendapatkan manfaat tersebut juga terbilang mudah.

Hanya yang perlu dipastikan adalah es batu yang digunakan dibuat dengan menggunakan air penyulingan atau air mineral bukan air dari keran. Mau tahu penjelasan dari manfaat-manfaat es batu tersebut beserta cara-caranya? Langsung saja ini dia informasinya.

Membuat Riasan Lebih Tahan Lama

blog.ub.ac.id
blog.ub.ac.id

Manfaat dari es batu yang pertama diperuntukan bagi kaum hawa, yaitu untuk membuat riasan wajah lebih tahan lama. Bagi para perempuan mungkin sering mengeluhkan riasan atau make up yang cepat luntur atau tidak tahan lama. Terutama bagi yang memiliki jenis kulit yang berminyak.

Sebagai antisipasi biasanya orang yang memiliki kulit merminyak membawa kertas penyerap minyak yang memiliki fungsi menyerap minyak sehingga wajah kembali terlihat segar. Namun ternyata dengan es batu para perempuan bisa juga membuat make up lebih tahan lama dan caranya pun sangat mudah.

Yaitu bungkuslah es batu dengan kain atau tisu lalu oleskan ke wajah dengan perlahan dan merata. Lalu keringkan dengan cara alami. Setelah kering langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan make up atau riasan wajah yang akan dipakai. Mulai dari pelembab, bedak, hingga riasan pelengkap lain.

Kulit wajah yang diolesi es batu akan membuat pori-porinya mengecil dan kondisi wajah yang pori-porinya mengecil akan berefek pada tahan lamanya make up atau riasan yang dipakai.

Menghaluskan Kulit

ngegas.com
ngegas.com

Saat anda sudah mengaplikasikan es batu ke muka secara rutin, memang banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Salah satunya adalah es batu terbukti bisa menghilangkan bulu-bulu halus pada wajah yang kadang mengganggu. Hal ini dikarenakan sensasi dingin dari es batu ternyata bisa membantu mematikan akar-akar rambut.

Tetapi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, proses menghilangkan bulu-bulu halus yang mengganggu ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Seperti yang sudah disebut sebelumnya es batu juga dapat memperkecil ukuran pori-pori kulit wajah. Dan karena efek tersebut es batu bisa meminimalkan produksi minyak berlebih yang menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Dan jika minyak berkurang, pori-pori mengecil, lalu tidak ada jerawat, kulit anda pun otomatis akan menjadi lebih halus dan bersih.

Mengobati Jerawat

cara_mengatasi_jerawat_batu_dan_bernanah
Bila sebelunya sudah dijelaskan bahwa es batu dapat mencegah tumbuhnya jerawat, maka sekarang akan dijelaskan bahwa es batu juga dapat mengobati jerawat yang sudah tumbuh. Ternyata es batu memiliki manfaat tidak hanya menjaga kehalusan dan kebersihan kulit wajah, tetapi juga dapat mengobati jerawat apabila ada jerawat yang tumbuh di wajah.

Bagi kebanyakan orang jerawat merupakan gangguan di wajah yang bisa merusak penampilan. Selain tidak enak dilihat, rasa sakit yang disebabkan jerawat juga tidak kalah mengganggu. Mengaplikasikan pengobatan es batu pada jerawat tidak hanya memiliki efek untuk menenangkan kulit, tetapi juga membantu menutup pori-pori yang bengkak dan mencegah bakteri masuk ke kulit.

Cara pengobatannya pun sederhana, yaitu dengan mengoleskan es batu yang sudah dibungkus kain ke bagian wajah yang ada jerawat atau pun bekas jerawat selama 10 menit per hari. Cara ini efektif untuk mengencangkan pori-pori kulit pada wajah sekaligus untuk mengurangi peradangan yang diakibatkan jerawat.

Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Mata panda
selingkaran.com

Selanjutnya adalah cara menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata dengan es batu. Bila kita mencari cara menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, ternyata ada banyak sekali cara untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata. Bila kita melakukannya secara tradisional maka cara yang biasa dilakukan adalah dengan menempelkan bahan-bahan tertentu di area mata yang memiliki khasiat menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Sedangkan dengan cara modern biasanya orang yang ingin menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata akan mengunjungi klinik kecantikan demi mendapatkan perawatan, sehingga area di sekitar mata menjadi indah. Berbeda dengan tips-tips sebelumnya Es batu yang digunakan kali ini bukan berasal dari air mineral, melainkan dari jus mentimun yang dibuat dengan mengunakan air mawar.

Jus mentimun yang dengan campuran air mawar yeng telah dibuat kemudian dimasukkan ke dalam freezer hingga menjadi es batu. setelah menjadi es batu pakailah untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Caranya, bongkahan es batu jus mentimun air mawar ini dibungkus dengan kain atau tisu lalu ditempelkan pada bagian bawah mata yang menghitam.

Selain lingkaran hitam es batu juga bisa dipakai untuk menyembuhkan mata bengkak. Caranya sama saja, cukup bungkus es batu lalu tempelkan pada mata yang bengkak. Hasilnya bengkak pada mata akan mengecil dan mata terlihat lebih segar.

Metode Diet Terbaru

diet
Manfaat es batu selanjutnya ditujukan bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Menurut beberapa ahli diet es batu merupakan makanan ringan atau cemilan yang rendah lemak dan bisa membakar kalori tubuh yang tidak berguana. Makan es batu sangat cocok untuk diet. Orang dewasa yang ngemil setidaknya 1 liter es batu dalam sehari dapat membakar 160 kalori dalam tubuh, atau jumlah yang sama dengan jika anda berjalan sejauh satu mil atau sekitar 1,6 km.

Namun ahli gizi menyarankan untuk tidak memakan lebih dari 1 liter es batu dalam sehari karena bisa berbahaya bagi tubuh. Dan jangan lupa juga untuk tidak mengkonsumsi es batu ketika cuaca sedang dingin. Hal lain yang bisa muncul mengganggu saat anda makan es batu adalah rasa ngilu yang mungkin muncul pada gigi. Karena itu memakan es batu sebaiknya dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal.

Jangan sampai hanya demi keinginan mendapatkan berat badan yang ideal, anda tidak memperhatikan kesehatan tubuh anda secara keseluruhan. Itulah tadi beberapa manfaat es batu yang dapat menunjang penampilan seseorang. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan seperti yang anda inginkan.

Tinggalkan komentar