10 Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan

Manfaat ikan gabus untuk kesehatan sangatlah banyak. Hal ini dikarenakan dalam ikan gabus terdapat kandungan protein yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan daging ikan lainnya. Di Indonesia sendiri kamu bisa dengan mudah menjumpai ikan ini di sungai, danau, ataupun rawa.

Jika kamu perhatikan dengan seksama, ikan gabus ini hampir mirip dengan ikan lele. Adapun perbedaan yang paling mudah diamati adalah ikan gabus tidak mempunyai kumis atau surai. Selain itu, warna ikan ini tidak segelap ikan lele. Ikan gabus juga bisa bertahan hidup di darat dalam waktu yang cukup lama. Mengapa bisa begitu? Karena ikan gabus ternyata bisa bernafas secara langsung dengan udara luar.

Lantas apa saja sih manfaat ikan gabus untuk kesehatan? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Mempercepat Penyembuhan Luka

tjskl.org.cn
tjskl.org.cn

Dalam daging ikan gabus terdapat kandungan albumin dengan kadar yang sangat tinggi. Perlu kamu ketahui, albumin merupakan salah satu jenis protein yang berkhasiat dalam proses penyembuhan luka dalam tubuh.

Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

bidanku.com

Selain itu, zat albumin juga berguna untuk menjaga kestabilan regulasi cairan yang ada dalam tubuh. Jika kondisi tubuhmu sedang mengalami kekurangan cairan, maka protein yang masuk ke dalam tubuh akan pecah sehingga tidak bisa berfungsi secara normal. Nah, zat ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh supaya tetap normal.

 Sehat untuk Pencernaan

Melancarkan Pencernaan
thenthisai.com

Ikan gabus memiliki struktur daging yang cukup empuk, sehingga kamu tidak perlu mengkhawatirkan kesehatan pencernaanmu. Mengapa daging ikan gabus ini lebih empuk? Karena ikan gabus mempunyai protein kalogen yang lebih rendah dibandingkan dengan kadar protein ikan lain.

Penyembuhan Berbagai Penyakit

laraswati.com

Manfaat ikan gabus yang lainnya adalah bisa membantu proses penyembuhan berbagai penyakit seperti diabetes, infeksi paru, hepatitis, stroke, typhus, dan masih banyak penyakit lainnya.

Memperbaiki Gizi Buruk

madaniyogyakarta.com

Ikan gabus juga bisa memperbaiki gizi buruk yang sering terdapat pada bati, balita, anak-anak ataupun ibu hamil. Dalam 100 gr gabus saja bisa untuk memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Membantu Penyembuhan Anak Autis

bisamandiri.com

Ikan gabus mempunyai kandungan yang berfungsi untuk membantu dalam proses penyembuhan para pengidap autis.

Mempercepat Penyembuhan Luka Pasca Operasi

www.fimadani.com
fimadani.com

Ikan gabus bisa mempercepat proses penyembuhan luka setelah operasi. Hal ini disebabkan kandungan albumin yang terdapat pada ikan gabus sangat tinggi. Sehingga secara cepat bisa membantu proses pembentukan sel serta jaringan baru pada bagian tubuh yang sudah rusak akibat proses operasi.

Membantu Mengatasi Pembengkakan di Tubuh

kamar121.wordpress.com
kamar121.wordpress.com

Selain untuk proses penyembuhan luka, kandungan albumin yang terdapat pada ikan gabus juga bisa membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi di area tubuh kamu.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

tokoherbalacemaxs.com
tokoherbalacemaxs.com

Kamu inngin mempunyai daya tahan tubuh yang baik? Sering-seringlah mengonsumsi ikan gabus secara rutin. Perlu kamu ketahui, mengonsumsi ikan gabus bisa membuat tubuh kamu tidak mudah terserang penyakit akibat perubahan iklim ataupun karena faktor lainnya.

 

Pembentukan & Pertumbuhan Otot

gudangilmu93.blogspot.com

Protein dalam ikan gabus sangat tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein yang ada pada ikan nila ataupun ikan mas. Dari 100 gram ikan gabus kamu dapat memperoleh sekitar 25,2 gram protein. Berbeda halnya dengan kadar protein yang terdapat dalam 100 gram telur hanya 18,8 gram, apalagi ayam yang hanya 18,2 gram. Perlu kamu ketahui, kandungan protein yang tinggi bisa menguntungkan kamu karena akan banyak membantu dalam proses pembentukan dan pertembuhan otot kamu.

Demikian penjelasan mengenai manfaat ikan gabus untuk kesehatan. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar