Inilah 3 Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak tahu jengkol? Hampir sebagian dari kita terutama masyarakat sunda sangat mengenal apa itu jengkol. Bahkan menjadi bahan menu makanan yang banyak disukai orang dan banyak juga orang yang membencinya. Karena jengkol memiliki aroma yang bisa membuat sebagian orang menjadi tidak betah, terlihat sangat jelas bahwa aroma jengkol akan muncul pada bau mulut dan juga pada urin seseorang setelah mengkonsumsinya. Maka akan menjadikan kamar mandi atau toilet kamu menjadi berbau tidak sedap.

Tetapi jika ditelusuri lebih jauh, ternyata dibalik aromanya jengkol yang begitu menyengat itu, tersimpan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Dan tentu saja manfaat dari jengkol tersebut dapat diperoleh dengan mudah. Bahkan untuk membuatnya bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi secara langsung atau bisa dengan cara dimasak terlebih dahulu seperti membuat rendang jengkol atau semur jengkol.

Di bawah ini ada tiga manfaat secara umum yang banyak telah kita ketahui diantaranya sebagai berikut.

 

Jantung

jamutradisionalmujarab.com
jamutradisionalmujarab.com

Untuk mendapatkan pola hidup sehat, tentu dengan cara menurunkan gula darah. Jadi pada saat mengkonsumsi jengkol, asupan harus diimbangi, salah satunya dengan mengurangi makanan yang memiliki kandungan zat gula tinggi. Jika kamu penikmat makanan atau minuman yang manis, kamu dapat menggantinya dengan gula jagung. Dengan melakukan pola hidup sehat, maka manfaat dari jengkol yang dikonsumsi akan lebih optimal.

Manfaat jengkol pada jantung karena adanya kandungan mineral tinggi yang baik untuk jantung. Namun apabila ada jantung koroner, biasa terjadi adanya penyempitan pembuluh darah dalam tubuh yang kurang sehat, salah satunya harus lebih memperhatikan asupan yang masuk dalam tubuh.

Penyempitan tersebut tentu saja akan membuat aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar. Maka dengan adanya kandungan mineral pada jengkol bisa membuat pembuluh darah tidak akan mengalami penyempitan kembali. Justru dapat diperoleh dengan mengolah jantung tidak menjadi overcook.

Diabetes

khaleejtimes.com
khaleejtimes.com

Jika kamu memiliki penyakit yang namanya sembelit, apalagi yang terlalu sering akan membahayakan kesehatan tubuh, kenapa? Telah kita ketahui bahwa sembelit dapat mengakibatkan terjadinya kanker pada usus besar. Nah, jika tidak ingin terjadi pada hal yang demikian, kamu bisa memanfaatkan jengkol sebagai solusi dengan mengkosumsinya secara langsung.

Selain untuk sembelit, manfaat lain dari jengkol adalah untuk mencegah anemia. Penyakit tersebut terjadi karena kekurangannya zat besi. Jengkol mengandung zat besi yang cukup tinggi yaitu 4,7 gram setiap 100 g jengkol. Sedangkan untuk diabetes, kandungan zat pada jengkol dapat membuat kandungan gula dalam darah pada waktu yang tepat.

Ibu Hamil

content.doktermana.com
content.doktermana.com

Sedangkan manfaat jengkol pada Ibu hamil, jengkol dapat mencegah terjadinya sembelit dan baik untuk pertumbuhan tulang pada janin, karena jengkol memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Selain penting pada pertumbuhan tulang, jengkol juga memiliki serat yang cukup tinggi. Dengan mengonsumsi jengkol, Ibu hamil akan terhindar dari sembelit, karena biasanya Ibu hamil itu lebih rentan mengalami sembelit.

Manfaat jengkol bagi orang hamil juga harus dengan membatasi konsumsi jengkol. Sehingga, kamu juga akan terhindar dari efek negative dari jengkol.

Tinggalkan komentar