5 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Kacang hijau merupakan semacam tanaman jenis polong-polongan (Fabaceae) yang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi seperti vitamin , protein, fosfor, kalsium, lemak tak jenuh, dan serat yang tentunya sangat baik untuk dikonsumsi bagi kesehatan tubuh.
Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat kacang hijau untuk kesehatan. Yuk, simak dengan seksama.
 

Membantu Diet Menurunkan Berat Badan

programberatbadan.com
programberatbadan.com

Orang yang sedang menjalani program diet tentu memiliki tujuan untuk mengurangi berat badannya, salah satu caranya dia harus menghitung asupan kalori. Akibat asupan kalori yang ditekan, umumnya orang-orang yang melakukan diet jenis ini seringkali tersiksa karena rasa lapar. Karena rasa lapar yang begitu menyiksa, akhirnya program diet pun gagal.

Nah, karena dalam kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi, maka kacang hijau bisa membantu untuk menahan lapar. Perlu kamu ketahui, serat dalam makanan membuat orang merasa kenyang lebih lama. Ditinjau dari segi kesehatan, serat sangat bermanfaat untuk mencegah sembelit, membantu mengurangi penyerapan kolesterol di usus, dan masih banyak yang lainnya.

Sumber Protein Tinggi

bossnianutrition.com
bossnianutrition.com

Protein bisa ditemukan dalam sumber hewani, yakni daging, susu. dan telur. Tubuh sangat memerlukan protein untuk pertumbuhan serta peremajaan sel yang sangat dibutuhkan bagi keberlangsungan hidup kita. Bukan hanya dari sumber hewani, protein juga bisa diperoleh dari sumber nabati, terutama dari biji-bijian dan kacang-kacangan.

Kacang hijau merupakan salah satu sumber protein nabati yang cukup baik, makanan ini bisa dipertimbangakan sebagai variasi sumber protein untuk tubuh kita. Meskipun vegetarian bisa memperoleh protein dari sumber alternatif ini, tetapi banyak pakar diet sehat yang menyarankan untuk mendapatkan protein dari kedua jenis sumber makanan hewani dan nabati.

Menjaga Tekanan Darah

obatpenurundarahtinggialami.web.id
obatpenurundarahtinggialami.web.id

The American Heart Association menyarankan bagi kita untuk memperoleh asupan 4700 kalium setiap harinya. Kalium merupakan elektrolit yang bermanfaat untuk bisa menetralkan efek natrium atau sodium, sehingga tekanan darah tinggi dapat diturunkan kembali.

Namun sebaliknya, bagi orang yang memiliki darah rendah atau hipotensi, kacang hijau justru dapat membantu tekanan darah kembali ke tekanan yang normal. Intinya, kacang hijau bermanfaat untuk membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Adapun cara pemanfaatan kacang hijau untuk menjaga tekanan darah adalah dengan merebus segenggam kacang hijau dengan air sebanyak 1,5 gelas. Kemudian hentikan rebusan sampai tinggal tersisa 1 gelas atau sebelum kacang hijau pecah. Selanjutnya minum secara rutin sehari sekali untuk membantu menormalkan kembali tekanan darah rendah yang dialami.

Sumber Zat Besi

intisari-online.com
intisari-online.com

Zat besi biasanya diperoleh dari mengonsumsi daging dan hati hewan. Sedangkan dari sumber nabati, zat besi paling banyak terdapat dalam bayam. Jika kamu menderita asam urat, sebaiknya bayam dihindari karena dapat memperparah kondisinya. Untuk bisa mencegah anemia akibat kekurangan zat besi, kacang hijau dapat menjadi pilihan yang baik.

Umumnya vegetarian adalah orang-orang yang kekurangan zat besi dalam program dietnya, sehingga memasukkan kacang hijau ke dalam daftar menu diet bisa mencegah resiko terjadinya anemia.

Melindungi Kulit

fastnewsindonesia.com
fastnewsindonesia.com

Pada saat kamu terus menerus terkena oleh sinar matahari yang panas serta polutan lingkungan, maka radikal bebas akan lebih banyak masuk ke dalam tubuh kamu dan bisa merusaknya dari dalam. Kacang hijau memiliki kandungan antioksidan seperti kebanyakan jenis buah dan sayuran lainnya, sehingga dapat membantu mengurangi beragam penyakit akibat dampak radikal bebas.

Selain mengandung antioksidan, ternyata kacang hijau juga mengandung protein yang tinggi. Jadi jangan heran jika kamu sering mengonsumsinya, maka kulit kamu akan menjadi lebih sehat, mulus, serta bebas dari penyakit. Pernahkah kamu mendengar bahwa kacang hijau bisa membuat kulit menjadi mulus?. Ya, mungkin inilah yang menjadi salah satu alasannya.
Demikian penjelasan mengenai manfaat kacang hijau untuk kesehatan. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Satu pemikiran pada “5 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan”

Tinggalkan komentar