Manfaat Kacang Merah Untuk Kecantikan dan Kesehatan

MANFAAT KACANG MERAH – Kacang merah dengan nama latin vigna angularis yang termasuk dari keluarga fabaceae (suku polong-polongan). Kacang merah termasuk ke dalam golongan tanaman semak merambat yang membutuhkan penyangga untuk tumbuh.

Pada umumnya tanaman ini hidup di ketinggian antara 1.400 – 2.000 M.dpl dan biasanya akan tumbuh baik di daerah yang mempunyai hawa dingin dan basah sekitar (16°C – 27°C).  Kacang merah terbagi menjadi 3 jenis antara lain: Red bean, adzuki bean, dan kidney bean.

Manfaat Kacang Merah Untuk Kecantikan dan Kesehatan

manfaat kacang merah
KampoengKidz.com

Kacang merah terkenal dengan kandungan serat yang tinggi, kacang merah juga disebut sebagai kacang yang menyehatkan dikarenakan mengandung gizi yang baik bagi kesehatan  tubuh. Berikut adalah manfaat kacang merah yang perlu kamu ketahui.

Baik Untuk Pencernaan

Seperti yang sudah diketahui di atas bahwa kacang merah mengandung serat yang cukup tinggi, serat sendiri memiliki banyak manfaat untuk membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

Anti Diabetes

Kacang merah juga ampuh dalam mengatasi diabetes, karena kandungan yang ada di dalamnya mampu menurunkan kadar gula, terlebih lagi gula yang ada dalam darah sehingga penyakit diabetes mampu dicegah lebih awal. Kacang merah juga menjadi alternatif bagi Anda yang enggan mengeluarkan budget berlebih untuk ke dokter.

Menyehatkan Jantung

Kandungan nutrisi yang lengkap kacang merah sangat efisien dalam melindungi kesehatan jantung. Sehingga jantung akan bekerja lebih maksimal tanpa adanya hambatan sedikitpun.

Mencegah Kanker

Dalam sebuah penelitian di Harvard Medical School menyatakan bahwa pola makan yang tinggi akan serat bisa mencegah kanker, terutama kanker payudara. Tak hanya itu suatu penelitian di Perancis membuktikan bahwa pola makan yang kaya akan serat dapat menurunkan risiko kanker prostat nyaris hingga 50%. Ditambah lagi dalam setiap 100gr kacang merah Anda bisa meraih 52% kebutuhan serat tubuh dalam sehari.

Mengendalikan Nafsu Makan

Kacang merah juga mampu mengendalikan nafsu makan, dikarenakan sangat kaya akan protein, serat laut, dan karbohidrat kompleks, sehingga dengan mengonsumsi kacang merah, rasa kenyang akan bertahan lebih lama.

Dengan rasa kenyang tersebut Anda tidak akan tergoda dengan cemilan-cemilan yang ada, sehingga hal ini juga akan membantu Anda dalam proses penurunan berat badan.

Tinggalkan komentar