3 Manfaat Kesumba yang Perlu Dilestarikan

Tanaman ini memiliki banyak nama. Nama populernya sering disebut Daun Kesumba. Sedangkan istilah ilmiahnya Bixa Orellana. Tanaman yang memiliki khasiat luar biasa ini juga memiliki nama lain seperti kasumbo, Ksaumbo, Kasumba Keeling, Kasombha atau Kasupa.

Dari berbagai nama di atas, sudah kenalkah Anda? Bila belum kenal mungkin ada nama lain yang menuju maksud daun buah tersebut. Di daerah saya sendiri pun tepatnya di Yogyakarta, nama di atas belum ada. Biasanya orang-orang di daerah kami menyebutnya daun Rambutan China.

Penamaan tersebut bukan tanpa berarti sebab buahnya memang mirip rambutan. Ya, warnanya merah cantik, ada yang putih berdiameter 4-6 cm. Di dalamnya terdapat biji-biji kecil berwarna merah tua, biasanya tumbuh liar di hutan atau di rejek-rejek.

latin-wife.com
latin-wife.com

Baiklah, langsung saja saya akan menjelaskan beberapa manfaat tak terduga dari daun Kasumba berikut ini;

  1. Menambah Nafsu Makan

Bila Anda memiliki kebiasaan rendah nafsu makan, ada baiknya Anda mencoba ramuan daun Kasumba. Cukup cuci bersih 10 daun, rebus dalam air 400 ml sampai tersisa 250 ml. Saring dan minum 2 kali sehari.

  1. Mengobati Beri-Beri

Bila Anda terkena penyakit beri-beri, Anda tak perlu pusing keliling untuk mencari obatnya. Sebaiknya Anda mencoba resep tradisional menggunakan ramuan daun Kasumba. Cuci bersih 3-10 daun Kasumba, rebus dalam 3 gelas air dan minum 2-3 kali sehari.

  1. Mengobati Demam

Manfaat selanjutnya dapat mengobati demam. Daun Kasumba sangat ampuh sebagai obat demam dengan rebusan 10 g daun Kasumba. Rebus dengan air 600 ml hingga tersisa 300 ml. Setelah dingin, tambahkan air gula secukupnya.

 

3 point di atas adalah uraian singkat mengenai kegunaan daun Kasumba. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar