6 Manfaat Kentang untuk Kesehatan

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang populer di seluruh bagian dunia. Kentang terkenal dengan nutrisinya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kentang termasuk umbi umbian, kentang mudah sekali ditanam di berbagai iklim sehingga banyak dibudidayakan di berbagai belahan dunia. Bahkan kentang menjadi komoditas tersendiri dan menjadi sumber devisa ketika di eksport keluar negeri.

Di negara-negara eropa, kentang merupakan salah satu makanan pokok yang sangat digemari masyarakat di sana. Banyak sekali olahan yang terbuat dari kentang. Kalau orang Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok, di negara Eropa dan Amerika kentanglah yang menjadi makanan pokok.

Banyak sekali metode diet yang menyarankan untuk mengganti nasi dengan kentang. Karbohidrat yang terdapat pada kentang dapat menggantikan karbohidrat nasi. Selain itu kentang juga rendah kolesterol, sehingga sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, kentang ternyata memiliki berbagai manfaat lainnya, mau tahu? baca beberapa manfaat kentang berikut ini.

 

Untuk Kecantikan

www.alamiterja.ga
www.alamiterja.ga

Mungkin banyak dari kamu yang belum tahu bahwa kentang ternyata bisa membuat kamu menjadi semakin bertambah cantik.

Kentang ternyata sudah banyak dijadikan sebagai bahan kosmetik, tapi tenang saja kamu bisa mengolah sendiri kentang untuk membuat kamu semakin cantik.

Untuk mengatasi jerawat, kamu bisa mengiris tipis kentang kemudian menempelkanya ke bagian yang terdapat jerawat.

Sedangkan untuk mengatasi bengkak sekitar mata, kamu bisa menggunakan parutan kentang sebagai kompres bagian mata yang bengkak.

Menyehatkan Jantung

pedulisehat.info
pedulisehat.info

Jantung adalah bagian vital bagi manusia. Kesehatan jantung sangat penting untuk manusia. Ketika jantung bermasalah, bisa dipastikan manusia tidak bisa melakukan aktivitas sehari-harinya dengan baik.

Untuk menjaga jantung kamu tetap sehat, kamu bisa mengkonsumsi kentang secara rutin. Kentang mengandung zat gizi yang baik untuk jantung. Selain itu juga terdapat serat, kalium, vitamin C dan B yang juga bisa menjaga kesehatan jantung. Kandungan kolesterol yang rendah juga tidak akan memicu masalah pada organ jantung.

Kesehatan Tulang

caratono.blogspot.com
caratono.blogspot.com

Kesehatan tulang juga perlu kamu jaga, untuk aktivitas sehari-hari, tulang memiliki peran yang sangat vital.

Zat besi, fosfor, magnesium dan seng yang banyak terkandung pada kentang sangat baik untuk kesehatan tulang. Zat-zat tersebut akan membentuk dan membangun struktur tulang yang kuat.

Menurunkan Berat Badan

soothinghandsandstones.wordpress.com
soothinghandsandstones.wordpress.com

Sedikit telah dibahas tentang kentang yang baik untuk diet, karena memang kentang sangat baik sebagai pengganti nasi. Mengapa demikian? kentang memiliki jumlah kalori yang lumayan untuk menggantikan nasi.

Selain itu ketika makan kentang, kamu akan merasa lebih kenyang. Rasa kenyang yang awet bisa menahan nafsu makan kamu.

Mengoptimalkan Kerja Otak

www.popsci.com
www.popsci.com

Kerja otak yang maksimal akan membuat konsentrasimu semakin baik. Ketika sedang melakukan aktivitas, konsentrasi yang baik akan membuat aktivitasmu semakin maksimal.

Kandungan glukosa yang seimbang, vitamin B kompleks, asam amino dan omega 3 yang terdapat pada kentang memang sangat baik untuk membuat kinerja otak lebih cepat.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

blog.alphaomegafood.com
blog.alphaomegafood.com

Jika kamu gampang sekali terkena penyakit, begitu ganti musim kamu langsung terserang flu, kamu bisa mengkonsumsi kentang secara rutin untuk mengatasi hal tersebut.

Sistem kekebalan tubuh yang baik, bisa membuat kamu kebal akan berbagai penyakit. Sebaliknya, jika sistem kekebalan tubuh mengalami gangguan, kamu akan mudah sekali terserang penyakit.

Untuk meningkatkan sistem imun tersebut, kentang bisa menjadi salah satu medianya. Kandungan vitamin C pada kentang, mampu membuat sistem kekebalan tubuh menjadi semakin baik.

Tinggalkan komentar