Manfaat Ki Sambang, Tumbuhan Hias yang Mampu Mengobati Berbagai Penyakit

Manfaat Ki Sambang – Ki sambang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Di beberapa daerah, tumbuhan ini dikenal dengan nama sambang darah, daun lamban, atau remek daging.

Bagian atas daunnya berwarna hijau tua, sedangkan bagian bawah daunnya berwarna merah gelap. Karena warna daunnya yang cantik dan menarik, tak jarang banyak orang yang menjadikan jenis tumbuhan yang satu ini menjadi tanaman hias.

www.thegardengeeks.com
www.thegardengeeks.com

Selain cocok dijadikan sebagai tanaman hias, tumbuhan ini juga ternyata mengandung berbagai banyak manfaat bagi kesehatan. Tumbuhan ini dikenal mampu mengobati beberapa jenis penyakit. Berikut beberapa contohnya.

  • Mengatasi muntah darah atau batuk darah. Tumbuk daun ki sambang yang telah dicuci bersih terlebih dahulu dan dicampur dengan sedikit garam serta setengah gelas air minum. Peras menggunakan kain bersih, kemudia diminum.
  • Obat Pendarahan haid. Air rebusan daun ki sambang juga dipercaya mampu mengatasi pendarahan yang terjadi ketika haid.
  • Obat pendarahan setelah melahirkan atau keguguran. Akar ki sambang ini bisa digunakan untuk mengobati pendarahan setelah melahirkan atau keguguran.
  • Obat Disentri. Dengan menggunakan daun ki sambang sebanyak 15 helai yang direbus bersama 3 gelas air, disentri bisa diobati. Konsumsi ramuan tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari.
  • Mengatasi eksema kronis, psoriasis, dan luka berdarah. Dengan menggunakan daun ki sambang yang telah ditumbuk, oleskan ke daerah yang sedang luka dan kemudian ditutup menggunakan perban.

Sekian informasi tentang manfaat ki sambang. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar