Manfaat yang Terdapat pada Tanaman Kiapu atau Apu-apu

Apu-apu adalah salah satu tumbuhan yang multifungsi. Jenis tumbuhan ini habitatnya di air atau dikenal dengan tanaman hias air. Apu-apu ini juga berguna untuk membersihkan air dari pencemaran. Tanaman hias air ini merupakan tanaman yang tergolong mudah cara perawatannya.

Tanaman hias air ini mempunyai akar yang panjang mencapai 80 cm dengan warna putih. akarnya menggantung di bawah air roset dan memiliki stolon.­­­­­­­­­­­­­ Bentuk rambut akar tanaman ini membentuk sebuah struktur menyerupai keranjang yang dilingkari gelembung udara.

Manfaat tanaman apu
aquascapedecor.blogspot.com

Tanaman hias air ini dapat hidup di air yang tenangm seperti kolam, rawa-rawa dan danau. Tanaman ini berembang biak secara generatif melewati biji dan vegetatif melalui stolon. Selain itu perkembangnannya juga sangat cepat sehingga menjadikan tanaman ini mudah perawatannya.

Manfaat tanaman hias ini lebih sering digunakan sebagai hiasan kolam. Selain mampu membersikah atau menyerap limbah akibat pencemaran bahan logam yang terdapat di dalam air. Selain berfungsi sebagai tanaman hias kolam, juga berfungsi sebagai bahan obat herbal untuk mengobati demam, batuk rejan dan pelancar air seni.

Kandungan yang terdapat pada tanaman apu-apu ini adalah, alkaloidm tanin, flavonoid, saponin, minyak, lemak. Oleh karena itu tanaman ini juga digunakan sebagai bahan obat.

Mungkin cukup sekian pengertian tentang manfaat kiapu atau apu-apu. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kamu. terima kasih.

Tinggalkan komentar