Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Kopi menjadi salah satu minuman yang paling digemari di dunia. Banyak penggemar kopi yang sampai belai-belain hunting berbagai jenis kopi. Kalau di Indonesia banyak banget tuh warung-warung kopi, bahkan cafe yang menjajakan kopi sudah menjamur di kota-kota besar.

Indonesia juga memiliki berbagai jenis kopi dari daerah masing-masing. Mulai dari Aceh yang berada di barat, sampai Papua yang ada di ujung timur. Rasanya pun berbeda lho, walaupun kopinya sama, mau itu robusta atau arabica. Soalnya, tempat menanam pohon kopi itu mempengaruhi rasa dari kopi yang dihasilkan.

Nah, ngomongin kopi, ternyata ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan kalau mengonsumsi kopi lho. Bukan cuma bikin mata ini kuat begadang aja. Langsung aja kita lihat beberapa manfaat kopi untuk kesehatan.

 

Mengurangi Resiko Serangan Stroke

http://www.khaleejtimes.com/
khaleejtimes.com

Ada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap sejumlah wanita. Penelitian ini dilakukan kepada wanita yang mengonsumsi kopi dengan standar konsumsi yang baik. Hasil dari penelitian tersebut adalah wanita yang mengonsumsi kopi dengan standar yang baik memiliki resiko terkena stroke lebih rendah dari pada wanita yang tidak mengonsumsi kopi.

Penelitian tersebut dikuatkan dengan hasil studi lain di Finlandia yang membenarkan hasil dari penelitian tersebut.

Mencegah Depresi

Depresi
huffingtonpost.com

Ternyata kalau kamu mengonsumsi kopi dengan standar konsumsi yang baik, dapat mencegah terkena depresi lho. Hal tersebut berdasarkan sebuah oenelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Archives of Internal Medicine pada tahun 2011. Dalam jurnal tersebut dikatakan bahwa wanita yang mengonsumsi dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari, memiliki resiko terkena depresi 15% lebih rendah. Nah, kalau mengonsumsi empat gelas kopi tiap hari, resiko terkena depresi turun menjadi 20%.

Mencegah Batu Ginjal

yang-sheng.com
yang-sheng.com

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard, ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi empat cangkir kopi setiap hari, resiko terkena penyakit batu ginjal berkurang 25%. Selain itu, ada penelitian lain yang menyatakan bahwa pernah melakukan penelitan yang serupa dan hasilnya sama dengan penelitian yang dilakukan peneliti Harvard.

Mengurangi Resiko Liver

Resiko liver
tgp.com.ph

Ternyata kopi sudah teruji mampu mencegah kerusakan hati dan beberapa penyakit hati lainnya, contohnya seperti resiko penyakit liver. Kemampuan kopi tersebut karena di dalam kopi terdapat kandungan antioksidan dan kafein yang tinggi.

Menurunkan Resiko Diabetes

resiko diabetes
superfoodsrx.com

Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi kopi ternyata memiliki resiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Tepatnya, orang yang megonsumsi empat cangkir kopi satu hari, resiko terkena diabetes tipe 2 lebih rendah 50% dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi kopi.

Hasil penelitian tersebut tela diterbitkan dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry pada bulan Januari tahun 2012.

Mengurangi Rasa Sakit Kepala

Sakit Kepala senut-senut
huffingtonpost.com

Seimur Damond, M,D yang berasal dari Chicago ‘s Diamond Hadche Clinic mengatakan bahwa kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi dapat mengurangi sakit sakit kepala.

Meningkatkan Metabolisme

Olahraga untuk meningkatkan metabolisme tubuh
trainbodyandmind.com

Pada tahun 2006, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh, terutama untuk wanita.

Mempertajam Ingatan

http://obatherbaldiabetesonline.com/
obatherbaldiabetesonline.com

Penelitian yang dilakukan oleh Radiological of North America pada tahun 2005, menemukan bahwa mengonsumsi dua cangkir kopi berkafein dapat membantu meningkatkan ingatan jangka pendek dan jangka panjang serta kecepatan reaksi. Ada hal yang unik dalam penelitian ini, hasil yang didapat ternyata hanya berlaku untuk wanita saja, kalau untuk pria reaksi tersebut tidak akan terjadi.

Tinggalkan komentar