Manfaat Kucai Dapat Menjadi Alternatif Menu Diet Sehat

Kucai yang memiliki nama latin ialah Allium Tuberosum merupakan jenis bawang daun, yang biasa disajikan untuk sayuran daun di iris kecil-kecil. Namun di Indonesia jarang sekali dipakai sebagai menu makanan.

Kucai lebih banyak digunakan sebagai masakan khas tiongkok dan jepang seperti bubur ayam dan isi jiaozi.

Tidak hanya bermanfaat untuk masakan saja, namun kucai juga bermanfaat untuk kesehatan. Berikut dibawah ini merupakan beberapa manfaat kesehatan dari kucai.

daun kucai
infojajan.com

Menurunkan Berat Badan

Kucai dapat bermanfaat untuk menurunkan badan, makanan tersebut sangat baik untuk dikonsumi bagi mereka yang ingin diet. Kucai yang mengandung antioksidan, vitamin, serat, mineral dan kalsium merupakan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh

Mengobati Kolesterol untuk Menurunkan Tekanan Darah

Sama seperti daun bawang dan dau putih, yang mana kucai mengandung allicin. Allicin sendiri sangat bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah dan menurunkan kolesterol di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, allicin dapat menghilangkan bakteri serta jamur dalan saluran usus.

Mencegah Sembelit

Kucai yang kaya akan serat maka sangat bermanfaat untuk membantu memperlancar pencernaan karena fiber di dalamnya dapat menghilangkan sembelit.

Mencegah Kanker

Flavonoid dan sulfur yang terdapat dalam kucai dapat mencegah beberap jenis kanker. Seperti, kanker usus besar, kanker prostat, kanker payudara, kanker perut, dan kanker paru-paru. Dengan kandungan tersebut kucai dapat melawan radikal bebas dan mencegah perkembangan kanker.

Mencegah Jerawat

Kandungan beta karoten yang terdapat dalam daun bawang kucai dapat berfunsi untuk membersihkan kulit, sehingga kulit dapat terbebas dari jerawat.

Tinggalkan komentar