11 Manfaat Madu yang Menakjubkan untuk Ibu Hamil

Buat kamu para ibu hamil, pastilah akan menjaga diri sebaik mungkin. Asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh pun dijaga betul biar bagus untuk bayi. Nah, salah satu yang perlu dikonsumsi ibu hamil adalah madu. Sebab madu memiliki banyak kandungan yang bagus untuk ibu dan janin, seperti asam amino, fruktosa, vitamin, magnesium, dan kandungan lainnya.

Kalau kamu mungkin pernah mendengar bahwa sebaiknya madu tidak dikonsumsi ibu hamil, maksudnya itu untuk madu yang belum diproses. Artinya, madu tersebut tidak melewati proses pasteurisasi untuk membunuh bakteri yang mungkin masih bersembunyi dalam madu. Kalau kebanyakan madu yang dijual di pasaran, biasanya sudah melewati proses pasteurisasi ini. Jadi madu tersebut aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Nah, lalu apa sajakah manfaat madu untuk ibu hamil? Yuk simak langsung kegunaan madu bagi ibu hamil dan janinnya.

 

Menjaga Kondisi Fisik Ibu Hamil

miafauzia.com
miafauzia.com

Memang tidak mudah buat ibu yang sedang hamil. Makan dan minum harus benar-benar dijaga. Kondisi fisikpun jangan sampa nge-drop. Kalau kebetulan sedang sakit, juga tak bisa sembarangan makan obat. Nah, kamu bisa minum madu untuk menjaga kondisi fisikmu biar tidak mudah sakit. Kalau pun sedang sakit, semoga saja bisa lekas sembuh setelah minum madu.

Menjaga Nafsu Makan

www.leesamantha.com
www.leesamantha.com

Terkadang ada ibu hamil yang kehilangan selera makan. Tentu saja ini berbahaya. Karena bisa berpengaruh pada kesehatan janin yang dikandungnya. Untuk itulah agar itu tak sampai terjadi, bisa kamu konsumsi madu. Biar selera makan itu kembali datang.

Obat Radang Tenggorokan

sukawera.com
sukawera.com

Saat ibu hamil alami sakit, tak boleh makan sembarang obat. Begitupun ketika misalnya mengalami sakit radang tenggorokan. Untuk bahan alami yang bisa kamu coba untuk menyembuhkannya adalah dengan minum madu. Cara ini aman agar tidak sampai membahayakan kandungan.

Anti Masuk Angin

riamirandadiary.com
riamirandadiary.com

Demikian juga misalnya kalau kondisi ibu hamil sedang masuk angin, bisa coba atasi dengan minum madu. Sambil tentu dengan beristirahat yang cukup. Agar masuk angin itu cepat minggat dan kondisi badan pun kembali sehat.

Mengatasi Mual

Cuka Madu.
istanamadu-shop.com

Memang umumnya ibu hamil akan mengalami mual. Hal ini wajar, tapi jika dibiarkan terus-menerus bisa memicu stres. Oleh karenanya, bisa coba kamu minum madu. Biar rasa mual itu tidak terlalu terasa, khususnya di waktu pagi hari.

Membuat Kulit Ibu Jadi Bersih

herbcraft.org
herbcraft.org

Berkat kandungan vitamin C dalam madu, kulit ibu hamil bisa kian bersih dan sehat. Bukan itu saja, efeknya bisa pula dirasakan oleh bayi dalam kandungan.

Mencegah Hepatitis B pada Janin

zbrushcentral.com
zbrushcentral.com

Ibu hamil yang suka mengkonsumsi madu dapat mengurangi resiko bayi terkena penyakit hepatitis B.

Membantu Pembentukan Janin

tangisan-bayi-baru-lahir.jpg
mutiarabijaksana.com

Di awal masa kehamilan, madu baik dikonsumsi. Sebab di dalamnya terdapat asam folat yang bakal membantu pembentukan tubuh janin. Sehingga diharapkan janin bisa tumbuh dengan organ yang sempurna.

Mengatasi Mulas

tanjungherbal.com
tanjungherbal.com

Mulas sering dialami oleh ibu hamil. Penyebabnya karena terjadi perubahan hormonal dalam tubuh. Kejadian ini bisa diatasi dengan minum sesendok madu yang dicampur susu. Minum ketika rasa mulas itu mulai menyerang.

Mencegah Keputihan

woombie.com
woombie.com

Terkadang ada ibu hamil yang mengalami masalah keputihan. Timbulnya keputihan bisa karena jamur maupun bakteri. Hal itu bisa dicegah dengan minum madu.

Memperlancar Persalinan

riamirandadiary.com
riamirandadiary.com

Di dalam madu terdapat zat prostagelandine yang fungsinya dapat mempercepat kontraksi. Sehingga leher rahim pun mudah untuk cepat melebar. Kalau sudah demikian, diharapkan proses persalinan pun bisa lebih cepat dan lancar.

Tinggalkan komentar