7 Manfaat Luar Biasa Madu untuk Kesehatan

Madu yang dihasilkan oleh lebah dengan memiliki banyak manfaat untuk berbagai masalah kesehatan. Madu dipercaya sejak sejak zaman dahulu untuk digunakan dalam dunia kesehatan dan pengobatan secara tradisional maupun modern. Selain bermanfaat untuk kecantikan, madu juga masih menyimpan banyak manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh.

Manfaat madu bagi kesehatan sangatlah banyak dan sangat beragam. Salah satu manfaat madu adalah dapat menambah stamina kamu. Tidak heran bahwa jika meminum madu sedikit saja maka rasa capek akan hilang dengan sendirinya.

 

Antioksidan yang Kuat

http://wp.streetwise.co/
http://wp.streetwise.co/

Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat menjaga tubuh kamu dari berbagai serangan radikal bebas. Bahkan ada sebuah zat yang disebut “pinocembrin” zat itu hanya ditemukan dalam madu. Zat ini dapat membuat tubuh kamu lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit serta terlihat lebih awet muda.

Menurunkan Glukosa dan Kolesterol Darah

Pendarahan Pada Saat Kehamilan
nccdn.net

Meskipun madu lebih manis dari gula, madu memiliki indeks glikemik sangat rendah karena diserap ke dalam alian darah secara bertahap. Kamu yang memiliki diabetes sebaiknya mengurangi makanan berindeks glisemik tinggi karena akan mendorong lonjakan glukosa darah.

Salah satu alternatif yang sangat aman adalah madu, dibanding dengan gula atau gula sintetis. Ada beberapa penelitian yang bahkan menduga madu dapat menurunkan glukosa darah. Hal ini menjadikan madu sebagai obat yang sangat bagus untuk kesehatan di dalam tubuh.

Antibiotik

http://www.gardenoflife.com/
http://www.gardenoflife.com/

Setelah ribuan tahun digunakan, telah ditemukan bahwa khasiat madu dapat mengobati luka dan hal ini terungkap secara ilmiah. Madu bekerja sebagai antibiotik yang dapat mengalahkan bakteri mematikan. Madu memiliki kandungan asam yang tidak cocok untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. Madu juga dapat menghasilkan hidrogen peroksida yang merupakan antiseptik bagi tubuh kamu.

Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Gejala kanker
espanol.rfi.fr

Penyakit seperti kanker dan penyakit jantung ternyata dapat dicegah loh, dengan cara mengonsumsi madu secara teratur. Hal ini disebabkan karena di dalam madu terdapat zat flavonoid, antioksidan. Kedua zat inilah yang membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

Sumber Nutrisi

http://www.whitezebra.com/
http://www.whitezebra.com/

Madu juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh termasuk niacin, riboflavin, asam pantotenat, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium dan seng. Jika kamu mengonsumsi madu secara rutin maka kamu dapat memberikan manfaat yang sangat signifikan terhadap tubuh kamu.

Ampuh Menghilangkan Luka

Mengobati Luka Bakar dengan Daun Binahong
barstoolsports.com

Pada sebuah studi yang dilakukan, 59 pasien yang menderita luka dan borok kaki. 80% dari mereka telah gagal untuk sembuh dengan menggunakan pengobatan konvensional, lalu diobati degan madu yang belum diproses. Semua dari mereka menunjukkan peningkatan yang luar biasa setelah diobati dengan madu. Sebelumnya luka mereka diolesi madu dan menjadi steril, luka yang steril tadi tetap steril hingga sembuh, sedangkan luka yang terinfeksi borok menjadi steril hanya dalam waktu satu minggu setelah diolesi dengan madu.

Kamu dapat menerapkan pengobatan ini dengan cara, oleskan madu jika kamu memiliki luka bakar setelah satu hari baru bisa kamu oleskan lagi. Setelah dioleskan setiap satu hari dan ditutup dengan kasa steril atau perban.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Produk susu yang mengandung kalsium dapat meningkatkan metabolisme tubuh
wiejce.pl

Madu sangat dipercaya sebagai salah satu sumber makanan yang amat penting untuk menjaga metabolisme pada tubuh. Jelas saja hal ini dikarenakan madu memiliki kandungan yang sangat lengkap dan kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral dan berbagai gizi lainnya.

Tinggalkan komentar