9 Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Dari antiseptic sampai pelembab, madu memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Jangan heran madu sudah digunakan sebagai perawatan kecantikan sejak ribuan tahun yang lalu. Contohnya istri kaisar Nero memakai madu untuk facial lotion nya. Sementara Cleopatra memakai madu untuk campuran mandi susunya. So, jangan heran saat ini madu menjadi andalan berbagai macam produk kesehatan dan kecantikan. Banyak sekali produk kecantikan seperti shampo, conditioner maupun masker rambut yang didalamnya terdapat campuran madu.

Pada dasarnya, madu cocok sekali untuk semua jenis kulit. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Yuk, mari simak penjelasannya dengan seksama.

 

Madu sebagai Antiseptic

Menjaga Imun
myintegratedhealthclinic.ca

Madu mempunyai sifat antimicroba dan anti bakteri. Oleh karena itu, madu mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan luka serta goresan pada kulit. Hal ini karena madu mempunyai enzim hydrogen peroxide. Jadi kalau kamu mengalami luka pada kulit, madu bisa dijadikan untuk mempercepat proses penyembuhan dan menghindari infeksi.

Madu sebagai Obat Luka

salepherpes.blogspot.com
salepherpes.blogspot.com

Madu dapat memperbaiki jaringan kulit yang rusak karena madu mempunyai kemampuan merangsang kulit untuk melakukan regenerasi kulit dengan maksimal. Oleh karena itu, kebanyakan obat luka mengandung madu di dalamnya.

Madu sebagai Obat Infeksi Kulit

958primsn.wordpress.com
958primsn.wordpress.com

Selain sebagai anti bakteri, madu juga mempunyai sifat anti jamur sehingga sangat efektif untuk mengobati gangguan kulit yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur seperti kadas, kurap dan panu.

Madu sebagai Suplemen Anti Penuaan Dini

sayangi.com
sayangi.com

Madu bisa menjadi suplemen anti penuaan dini. Penyebabnya karena madu mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Salah satu manfaatnya adalah bisa sebagai antioksidan penuaan dini. So, jika ingin awet muda, maka sering-seringlah mengonsumsi madu.

Nutrisi untuk Kulit

Nutrisi Makanan
yourvascularhealth.com

Madu juga bermanfaat untuk memberi asupan nutrisi kulit kita. Caranya, campur 2 sendok teh madu dengan 2 sendok teh minyak sayur dan 1/2 sendok sari lemon. Selanjutnya usapkan pada kulit kamu yang mengalami kekeringan. Diamkan kurang lebih 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Madu dapat Menghaluskan Kulit Kaki yang Kering dan Pecah-pecah

salepherpes.blogspot.com
salepherpes.blogspot.com

Banyak orang yang belum mengetahui ternyata madu dapat menghaluskan kulit kaki yang kering pecah-pecah loh. Caranya, campurkan 1 gelas madu dengan 2 gelas susu hangat ke dalam baskom. Selanjutnya, masukkan kedua kaki ke dalam baskom tersebut. Tunggu selama 20 menit sambil diurut-urutkan. Nah, cara ini juga dapat dipakai dalam perawatan kulit tangan, siku dan bagian tubuh yang lainnya.

Manfaat Madu sebagai Pelembab Alami Bibir

cara.co.id
cara.co.id

Ternyata madu juga bisa loh dijadikan pelembab alami bibir sehingga menjadikan bibir lebih halus dan anti keriput. Caranya mudah sekali. Kamu tinggal mengolesi bibir dengan madu. Kemudian diamkan beberapa saat. Bibir kamu pun akhirnya semakin lembab dan halus.

Madu sebagai Pengelupasan Sel Kulit Mati

beautyappetite.com
beautyappetite.com

Madu bemanfaat juga sebagai pengelupasan sel kulit mati. Caranya campur 2 sendok makan madu dengan 1 sendok teh air lemon dan 4 sendok makan oat meal kering. Kemudian pijat ringan pada kulit wajah kamu kurang lebih selama 10 menit. Selanjutnya bilas dengan air dingin. Perlu kamu ketahui, madu cocok untuk berbagai jenis kulit walaupun dengan kulit sensitif sekalipun.

Madu dapat Membersihkan Kulit Kepala, Kulit Tubuh dan Rambut

fastnewsindonesia.com
fastnewsindonesia.com

Manfaat ini dapat kamu dapatkan dengan cara melarutkan segelas madu di dalam air mandi. Kemudian gunakan air mandi ini untuk membilas kepala, tubuh dan rambut kamu setiap mandi.

Demikian manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Semoga bermanfaat ya. Terima kasih.

Tinggalkan komentar