8 Manfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Madu sudah sering digunakan untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan. Dari zaman dahulu kala, pemanfaatan madu sudah sangat banyak, terutama untuk menjaga kesehatan. Bahkan, di dalam Al-Qur’an terdapat ayat yang membicarakan tentang madu.

“Dan Tuhanmu mewahyukan (mengilhamkan) kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia (peternakan lebah). Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (QS. An-Nahl: 68-69)

Nah, mendingan langsung aja yuk kita lihat beberapa manfaat madu.

 

Menghaluskan Kulit

bambinaku.com
bambinaku.com

Di dalam madu terdapat seuatu senyawa bernama asam glukonat dan asam organik ringan lainnya. Senyawa-senyawa tersebut dapat melonggarkan ikatan dari sel kulit yang sudah mati, sehingga akan mempercepat regenerasi.

Dampak dari lebih cepatnya regenerasi sel, keriput dan garis penuaan pada kulit akan berkurang. Selain itu, madu juga dapat menyeimbangkan minyak dan meningkatkan elastisitas kulit. Madu juga mengandung gula dan juga asam amino yang dapat mempertahankan kelembaban kulit.

Meringankan Penyakit Pernafasan

Nafas segar
ladyamericanaindonesia.wordpress.com

Jika kamu mempunyai masalah dengan pernafasan, konsumsilah madu. Ada sebuah penelitian yang dilakukan di Bulgaria yang melibatkan hampir 18.000 pasien. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa madu ternyata mampu membantu mengatasi penyakit bronkitis kronis, rinitis kronis, bronkitis asma, sinusitis dan asma.

Nah, di masyarakat, madu juga dipercaya dapat mengatasi sakit flu, pilek dan infeksi pernafasan. Jadi, kalau kamu mempunyai masalah pernafasan, nggak ada salahnya tuh minum madu setiap hari.

Menurunkan Kadar Glukosa dan Kolesterol Darah

magraemergente.com
magraemergente.com

Semua orang tau kalau madu itu manis, ya walaupun ada jugasih yang rasanya pahit. Meskipun madu itu rasanya manis, ternyata indeks glikemik-nya lebih rendah dari pada gula lho. Jadi penyerapannya di dalam tubuh lebih lama, secara bertahap gitu.

Nah, untuk kamu yang menderita diabetes, bisa mengganti pemanisnya dengan menggunakan madu. Karena dengan indeks glikemik yang rendah, madu tidak akan mendorong lonjakan glukosa dalam darah secara tiba-tiba. Tapi harus diingat, madunya harus asli karena sekarang banyak banget tuh produk palsu yang beredar di pasaran.

Selain itu, madu juga merupakan pemanis yang paling aman dibandingkan dengan gula atau pemanis sintetis. Madu mengandung beberapa beberapa mineral dan vitamin yang dapat membantu menurunkan kadar LDL atau biasa dikenal kolesterol jahat di dalam tubuh.

Merangsang Pertumbuhan Jaringan

Cute
boredpanda.com

Enzim, propolis, vitamin dan juga mineral yang terdapat di dalam madu dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru. Madu dapat digunakan untuk mengobati luka bakar, madu akan mempercepat pertumbuhan dan mengurangi jumlah jaringan parut.

Kaya Antioksidan

iamfoodeater.blogspot.com
iamfoodeater.blogspot.com

Di dalam madu terdapat antioksidan yang sangat tinggi, dapat menjaga tubuh kamu dari serangan radikal bebas. Bahkan ada satu antioksidan yang hanya ada di madu, namanya pinocembrin.

Jadi, kalau kamu ingin terlihat awet muda, memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari penyakit, konsumsilah madu.

Obat Luka

Mengobati Luka Bakar dengan Daun Binahong
barstoolsports.com

Ternyata, madu sudah lama digunakan untuk perawatan luka dan borok. Di dalam madu terdapat glukosa dan enzim, pada kondisi yang tepat enzim tersebut dapat memecah glukosa madu menjadi hidrogen perksida. Hidrogen peroksida ini merupakan senyawa yang bersifat antiseptik kuat.

Atasi Batuk

Rokok elektrik mengakibatkan batuk
topgreekgyms.g

Kalau kamu memiliki masalah sering batuk atau sedang sakit batuk, cobalah konsumsi madu dicampur dengan air hangat. Madu yang dicampur dengan air hangat dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan dan juga mengeluarkan dahak yang menyebabkan kamu menjadi batuk.

Baik untuk Pencernaan

huffingtonpost.com
huffingtonpost.com

Di dalam madu terdapat enzim yang dapat membantu sistem pencernaan kamu. Kalau kamu sering sembelit atau memiliki masalah pencernaan yang lain, cobalah minum madu yang dicampur dengan air hangat setelah makan.

Tinggalkan komentar