Ketahui 7 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur Malam bagi Kesehatan Tubuh

Kamu suka minum susu? Bagi penyuka minuman bergizi yang satu ini, tentu tahu susu mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Oleh sebab itu, banyak sekali penggemar susu dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga sampai orang tua.

Tetapi, mereka biasanya hanya mengonsumsi susu di waktu pagi hari, padahal minum susu pada malam hari juga mempunyai banyak manfaat yang sangat banyak. Banyak sekali manfaat dari minum susu sebelum tidur yang dapat kamu dapatkan, yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini

Tidur Terasa Nyenyak

veggieful.com
veggieful.com

Tahukah kamu bahwa di dalam susu ada kandungan zat yang bernama triptofan, yaitu zat yang dapat berubah menjadi hormon melatonin yang bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak pada malam hari.

Nah bagi kamu yang sering mengalami susah tidur di malam hari ataupun insomnia, maka minum susu dapat menjadi solusi untuk mengatasinya.

Meminum segelas susu hangat sebelum tidur bisa membuat tidur lebih nyenyak. Mengapa demikian? Karena di dalam susu ada zat triptofan, yang bisa mengubah hormone melatonin yang bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak pada malam hari.

Bagi yang sering mengalami insomnia atau susah tidur, cobalah meminum segelas susu supaya tidur kamu lebih rileks dan nyenyak.

Penunda Rasa Lapar

flathatnews.com
flathatnews.com

Kamu pernah menyadari ketika kamu tidur maupun sebelum tidur perut terasa lapar dan mengakibatkan kamu menjadi lemas pada waktu akan bangun tidur. Ketika bangun tidur tubuh kamu akan menjadi lemas karena pada waktu kamu tidur tubuh mengalami proses pembakaran lemak menjadi energi.

Saat kamu tidak memiliki apapun yang bisa dimakan sebelum tidur maka tubuh kamu akan kehilangan sumber energi akibat tidak adanya proses pembakaran lemak dalam tubuh. Hal inilah yang mengakibatkan tubuh kamu menjadi lemas ketika akan bangun tidur.

Meminum susu merupakan salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan sebelum tidur. Untuk kamu yang malas makan saat malam hari atau sedang menjalankan program diet, dapat memilih susu sebagai alternatif untuk menunda lapar.

Selain itu, susu juga tersedia dengan berbagai rasa yang variatif sehingga kamu tidak perlu merasa bosan dengan rasanya

Memperlancar Saluran Pembuangan

guardianlv.com
guardianlv.com

Ternyata minum susu bisa memperlancar saluran pencernaan loh, oleh karena itu bagi kamu yang mengalami susah buang air besar (BAB) maka selain mengkonsumsi buah pepaya, minum susu sebelum tidur juga dapat menjadi alternatif terbaik untuk memperlancar saluran pembuangan.

Mencegah Kanker Usus

hostimag.es
hostimag.es

Kalsium yang ada dalam susu sudah terbukti mampu menghambat perkembangan adenoma atau sejenis tumor ganas yang biasa menimpa usus besar (kolon). Bila kamu rutin minum susu sebelum tidur maka perkembangan adenoma akan terhambat sehingga bisa mencegah terjadinya kanker usus di dalam tubuh kamu.

Menggantikan Cairan yang Hilang

i.huffpost.com
i.huffpost.com

Kekurangan cairan atau yang biasa disebut dehidrasi bisa mengakbatkan kamu menjadi lemah dan susah beraktivitas dengan maksimal.

Dengan meminum susu rutin setiap hari tubuh kamu akan bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang dan sekaligus menyuplai mineral dan vitamin pada tubuh ketika kamu melakukan aktivitas yang cukup padat.

Mencegah Osteoporosis

i.huffpost.com
i.huffpost.com

Mengkonsumsi susu pada saat malam hari atau sebelum tidur bisa berkhasiat untuk memudahkan tubuh untuk melakukan penyerapan kalsium, sehingga pertumbuhan tubuh kamu akan berjalan maksimal serta memperkuat tulang supaya tidak mudah mengalami keropos tulang atau osteoprosis.

Mengurangi Efek PMS (Pre Menstrual Syndrome)

milk_spray_stream_orange_background_hd-wallpaper-75211
hdwyn.com

Dr.Jacobs merupakan seorang ahli kelenjar dari St. Luke’s-Rosevelt Hospital Center, ia melakukan penelitian yaitu pemberian kalsium dalam jumlah antara 1000 – 1200 mg kepada 500 wanita secara acak yang bisa  mengurangi efek PMS (Pre Menstrual Syndrome) sampai 48%.

Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa mengkonsumsi sumber kalsium seperti susu sangat bermanfaat untuk meringankan gelaja PMS.

Tinggalkan komentar