9 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Tahukah kamu bahwa ketika kita berpuasa tidak hanya mendapatkan pahala dari allah SWT. Namun juga banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan ketika berpuasa. Hal ini berkaitan dengan adanya proses detoktifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh. Apalagi jika kamu berpuasa selama satu bulan penuh dan dapat membuat tubuh kamu lebih sehat.

 

Meningkatkan Kemampuan Otak

Think
http://www.roommateharmony.com/

Ketika berpuasa nuetropik di dalam otak dapat meningkat dari otak, hal ini sangat membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak. Pada akhirnya dapat meningkatkan fungsi otak secara maksimal. Jumlah penurunan hormon kortisol pada saat berpuasa yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal dapat membuat seseorang tingkat stressnya menurun.

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Kesehatan Jantung
www.iran-daily.com

Sakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling mematikan. Pada saat kamu berpuasa hal ini memiliki dampak sangat baik untuk kesehatan jantung. Puasa juga dapat membantu melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL yang baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Menurunkan Kolesterol

Sit up
http://www.returnofkings.com/

Ketika berpuasa dapat membantu penurunan berat badan. Sebuah penelitian di Uni Emirat Arab menyimpulkan bahwa ketika seorang berpuasa terjadi pengurangan kadar kolesterol di dalam darah. Kadar kolesterol yang rendah dapat meningkatkan kesehatan jantung, sehingga mengurangi terjadi risiko terserang penyakit jantung dan stroke. Apalagi jika ditambah mengikuti program diet secara intensif, tingkat kolesterol pun dapat diturunkan dengan mudah.

Dapat Membuat Pikiran Lebih Kreatif

Colorful
http://www.thinkpilgrim.com/

Puasa akan membuat pikiran kamu lebih tenang dan melambat, menurut sebuah penelitian menyebutkan bahwa pikirian yang melambat dapat membantu bekerja lebih tajam. Rasa lapar pada saat berpuasa merupaka sebuah masalah yang wajar dan memacu untuk berfikir lebih tajam dan kreatif.

Menyehatkan Ginjal

Ginjal
www.youtube.com

Tahukah kamu bahwa ginjal berfungsi sebagai saringan zat berbahaya dari apa yang kita makan dan minum. Fungsi ginjal ini akan berkerja secara maksimal apabila kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1.000 hinga 12.000 ml osmosis/kg air. Berkurangnya asupan air pada saat menjalan ibadah puasa, target kekuatan osmosis dalam urin dapat tercapai sehingga akan berdampak baik untuk kesehatan ginjal.

Detoksifikasi Alami

Air
asih-kd.blogspot.com

Puasa juga bermanfaat sebagai pengeluaran racun di dalam tubuh yang menumpuk atau mendetoktifikasi. Selama berpuasa, kamu dapat mendetoksifikasi racun yang ada di dalam sistem pencernaan dalam satu bulan. Pada saat tubuh mekanan cadangan lemak untuk mendapatkan energi, disitulah cadangan lemak akan membar setiap racun yang berbahaya di dalam tubuh.

Mencegah Diabetes

Diabetes
http://www.lchdhealthcare.org/

Tahukah kamu bahwa diabetes disebabkan oleh tingginya kadar gula dan kolesterol yang berada di dalam tubuh. Dengan berpuasa konsumsi gula dan makanan yang berlemak akan dapat di kontrol secara baik sehingga pada akhirnya dapat mencegah terjadinya diabetes dan penyakit-penyakit lainnya.

Menyerap Nutrisi

Nutrition
http://norwichwellbeing.com/

Pada saat berpuasa metabolisme tubuh akan menjadi lebih efisien. Matabolisme yang efesien adalah jumlah nutrisi yang diserap dari makanan menjadi semakin besar. Hal ini dikarenakan terjadinya peningkatan hormon adiponectin yang diproduksi oleh kombinasi antara puasa dengan sahur, sehingga tubuh akan menyerap lebih banyak nutrisi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bersin
http://vitalitynutrition.com/

Menurut beberapa orang ketika berpuasa tubuh akan menjadi lemas dan mudah sakit. Hal itu ternyata salah. Kebenarannya adalah ketika berpuasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat kita berpuasa terjadi peningkatan Limfosit bahkan sampai 10 kali lipat dalm tubuh, hal ini berdampak sangat baik terhadap sistem kekebalan tubuh, sehingga puasa dapat menghindarkan dari berbagai virus.

Tinggalkan komentar