Ciri-Ciri Bunga Siantan dan 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Tanaman siantan yang memiliki nama latin Ixoca chinensis merupakan tanaman yang termasuk ke dalam familia Rubiaceae (suku kopi-kopian). Tanaman atau bunga siantan sendiri memiliki nama panjang Siantanandiflora dan biasa disingkat dengan nama siantan.

Bunga yang memiliki tampilan yang cantik dan indah ini memiliki banyak manfaat terutama untuk mengobati beberapa penyakit. Tapi, sebelum itu kita akan membahas beberapa ciri dari bunga yang memiliki nama latin lain yaitu Ixoca stricta.

Pertama dari daun, siantan memiliki daun yang berwarna hijau tua. Daun siantan memiliki lebar 3 hingga 4 centimeter dan panjang 6 hingga 13 centimeter. Selain itu tangkai daun siantan sangat pendek serta daunnya berbentuk bulat telur sampai lonjong dengan tepian rata.

 

Bunga siantan merupakan bunga majemuk dan memiliki warna yang khas yaitu oranye dan tumbuh di ujung tangkai. Untuk buah siantan sendiri berbentuk bulat dan berukuran kecil dengan ukuran 7 hingga 8 milimieter. Warna buah siantan yaitu merah keunguan.

Untuk batang berwarna coklat kehitaman, memiliki cabang yang banyak, dan cabang yang masih muda berwarna coklat kemerah-merahan.

Tanaman siantan memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa kandungan tersebut adalah kandungan minyak aromatik, asam lemak, dan komposisi tannin yang terdapat dalam akar siantan. Lalu, kandungan asam fenolik, asam ferulik, dan quercetin yang terdapat dalam daun siantan. Dan terakhir kandungan flaconboids dan cyanidin yang terdapat dalam bunga siantan.

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat dari siantan.

  • Mengobati TBC.
  • Mengobati batuk darah.
  • Mengobati haid yang tidak teratur.
  • Mengobati bekas luka (koreng).

Tinggalkan komentar