Mengenal Tanaman Brotowali, Si Pahit yang Kaya Manfaat

Brotowali atau bisa juga disebut bratawali, merupakan tanaman herbal yang di kenal dengan rasa pahitnya. Tapi jangan salah, karena pahitnya itu pun banyak orang yang mengkonsumsi nya. Dengan rasa yang super pahit, tapi Brotowali super juga dengan manfaatnya, terutama bagi kesehatan. Dari karakteristik tanaman Brotowali ini, merupakan tumbuhan yang merambat tapi memiliki jumlah batang yang cukup lebat, tidak hanya daunnya saja. Bahkan ada beberapa yang tumbuh dengan batang lebih banyak, dan daunnya hanya sedikit, seperti tumbuhan batang saja.

vitanona.com

Tanaman hijau yang tumbuh merambat ini, banyak di konsumsi sebagai jamu. Sehingga banyak penjual jamu yang menyajikannya. Dengan demikian, anda dapat mudah menemukannya untuk di konsumsi sesuai kebutuhan masing-masing.

Manfaat Brotowali Sebagai Tanaman Obat

Manfaat Brotowali sebagai tanaman obat tradisional dapat dirasakan dari ujung akar hingga ujung daun, terutama pada bagian batang, diantaranya:

Manfaat Akar Brotowali

Akar pada Brotowali terdapat zat yang bernama pikroretin, zat pahit yang terdapat pada batang juga. Zat ini berfungsi sebagai perangsang kinerja urat saraf pada saluran pernafasan.

Manfaat Batang Brotowali

Batang tanaman Brotowali ini direbus, lalu bisa dioleskan saja maupun diminum, sesuai kebutuhan yang akan dicapai, dimana Brotowali bekerja sebagai,

  • Di minum sebagai obat alami untuk penambah nafsu makan, bisa juga di campur dengan daun Brotowali.
    • Di minum sebagai obat Hepatitis, dari batang dan daunnya yang diolah bersama.
    • Di minum untuk mencegah terjadinya hepatitis dan kanker hati, karena adanya senyawa terpan, flavanoid, alkaloid, steroid yang berfungsi sebagai hepatoprotektor atau bisa disebut dengan pelindung hati.
    • Dari batang dan juga daunnya, di campur dengan madu, diminum sebagai obat malaria.
    • Rebusan batang Brotowali dapat disajikan sebagai obat gatal-gatal yang menyerang tubuh. Cukup dengan mengoleskan pada bagian yang gatal.
    • Kulit batang Brotowali mengandung alkaloid yang berfungsi sebagai pelumpuh bakteri pada luka, dengan cara dioleskan pada bagian yang terluka. Jika bakteri dapat dilumpuhkan, maka infeksi pada luka dapat terhindari.

Manfaat Daun Brotowali

Daun Brotowali juga bermanfaat untuk membersihkan luka pada bagian luar, jika tidak tersedia obat kimia untuk pembersih luka, cukup dengan rebusan dari daun Brotowali saja. Tidak hanya itu saja, daun Brotowali yang telah direbus, dapat diminum sebagai obat pencahar untuk melancarkan buang air besar.

Sumber : manfaat.co.id

Tinggalkan komentar